Hal “Sepele” Inilah yang Membuat Orang Nyaman dan Suka Membaca Manga Dragon Ball!

manga dragon ball

Psst, banyak yang nggak sadar kalau hal “sepele” seperti ini membuat kita suka dan nyaman ketika membaca manga Dragon Ball, lho!

Banyak alasan kenapa manga Dragon Ball karya Akira Toriyama begitu populer hingga saat ini. Mulai dari cerita yang sederhana, karakter-karakter yang unik, hingga pertarungan-pertarungan yang seru, unik dan kocak. Akan tetapi, ada hal “sepele” yang hampir selalu tidak kita sadari dari manga Dragon Ball yang membuat kita nyaman dan suka membaca manga ini—dan itu tidak terlepas dari kejeniusan Akira Toriyama. Hal apakah itu?

Baca Juga

Alasannya adalah alur panel dalam manga yang sederhana tetapi mengalir. Sebuah website Nikaidorenji menganalisa secara mendalam alur panel dalam manga Dragon Ball. Perlu diingat, meskipun tidak hanya Dragon Ball yang menampilkan alur panel yang mengalir dengan rapi, tetapi hal ini cukup menarik untuk kita ketahui.

Sebelumnya, bagi kamu yang belum familiar dengan manga original di Jepang, manga tersebut dibaca dari kanan ke kiri—bukan kiri ke kanan seperti manga hasil translasi yang diterbitkan di Indonesia. Nah, sekarang mari kita mulai dengan contohnya di salah satu halaman pada manga Dragon Ball di bawah ini:

manga Dragon Ball analisa

Pada halaman di atas, diperlihatkan bagaimana Goku menjatuhkan King Chappa dengan efek suara “ぱしっ”. Lalu, King Chappa jatuh dengan efek suara lainnya “どでっ”. Lalu, Goku meletakkan kakinya ke atas tanah dan—lagi-lagi diberi efek suara—“とん”. Lalu, Goku pun berkata, “Kaki kirimu terbuka lebar!”. Nah, coba perhatikan gambar di bawah ini:

analisa manga dragon ball

Nikaidorenji memberikan tanda pada aliran visual halaman di atas. Saat membaca halaman di atas, maka matamu akan mengikuti aliran visual tersebut. Terlihat sangat sederhana dan sepele serta sering tidak kita sadari, tetapi hal ini sangat membuat kita nyaman ketika membaca manga Dragon Ball. Kalau gambar pada panel terakhir dipisah menjadi dua, maka hasilnya akan seperti ini:

manga dragon ball analisa mendalam indonesia

Saat kita membaca halaman di atas, maka alurnya akan terasa kacau karena kejadian di bawah dibagi menjadi dua sehingga tidak terasa menyatu—menjadi dua adegan yang benar-benar terpisah. Lalu, mari kita coba jika panelnya kita satukan, tetapi urutannya kita ubah.

manga dragon ball

Alirannya terasa tidak sehalus yang asli. Mata kita akan melihat efek suara Goku mendarat, lalu kalimat yang diucapkan Goku setelah itu King Chappa terjatuh. Logikanya, King Chappa terjatuh dulu, Goku mendarat dan mengucapkan kalimatnya—seperti ada halaman aslinya.

Selain itu, Toriyama juga menciptakan jarak antar adegan dalam satu panel sehingga mata jadi lebih mudah fokus dan nyaman ketika membaca.

analisa manga dragon ball

Yah, sekali lagi, mungkin hal ini terlihat sederhana dan sering tidak kita sadari, tetapi sangat berpengaruh pada kenyamanan kita ketika membaca manga. Apakah kamu suka membaca manga Dragon Ball? Apakah yang paling kamu sukai dari manga karya Akira Toriyama ini? Suarakan pendapatmu di kolom komentar ya!

Credits: Nikaidorenji | Gambar: Kakashiasa


Konferensi komunitas Game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017. Info >>> http://www.gameprime.asia


SHARE
Previous articleDaftar 10 Friends Paling Menarik dari Anime Kemono Friends
Next articleInilah Daftar Film-film Indonesia yang Dirilis di Bulan Juli. Adakah Film Favoritmu?
Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.