Daftar Film yang Terinspirasi Board Game: Bukti Board Game Bisa Jadi Film Keren!

film yang terinspirasi board game

Jangan kira board game tidak bisa diadaptasi menjadi film layar lebar. Malah salah satu film bertema game paling dipuji-puji di Rotten Tomatoes itu dari board game, lho!

Baca Juga

Untuk yang tidak tahu, board game adalah permainan model Monopoli atau Ular Tangga. Sesuai namanya, permainan biasanya akan berpusat pada satu papan. Di papan ini bisa jadi ada drama adu menguasai lahan (Monopoli), adu menguasai pulau (Settlers of Catan), adu hoki mencapai kotak terakhir (Ular Tangga), hingga peperangan para Chaos God yang berlomba menyebarkan kehancuran (Warhammer: Chaos in the Old World).

Mengingat format board game yang seperti itu, mungkin ada di antara kamu yang pesimis media ini tidak bisa diadaptasi menjadi film. Namun film-film yang terinspirasi board game ini membuktikan kalau media ini pun bisa saja diadaptasi dengan bagus oleh sutradara yang tepat. Apa saja contohnya?

1

Clue

film yang terinspirasi board game - clue

Cluedo rasanya adalah salah satu board game paling populer di dunia. Termasuk Indonesia. Walau kamu tidak pernah main, kalau kamu pernah ke Kidz Station atau Toys Kingdom penulis rasa kamu pasti pernah melihat kotaknya dijual.

Cluedo adalah board game detektif. Di sini kamu akan bertindak sebagai penyelidik yang mencoba memecahkan misteri pembunuhan. Kamu harus bisa menebak siapa si pelaku dan senjata apa yang dia gunakan.

Nah, Clue adalah film yang terinspirasi dari board game Cluedo. Film ini disutradarai oleh Jonathan Lynn dan dibintangi beberapa aktor legendaris, di antaranya adalah Christoper Lloyd dan Tim Curry.

Keunikan utama film ini adalah multiple ending. Yap, film Clue memiliki tiga ending berbeda. Pada penayangannya, satu bioskop bisa memperoleh ending yang berbeda dari bioskop lainnya. Sayang inovasi ini tidak dipertahankan. Film adaptasi video game, salah satunya, bisa menggunakan format ini di layar lebar. (Bukan hanya sebagai tambahan di Blu-ray).

Waktu rilis dulu, Clue kurang sukses. Namun unsur komedi yang mantap dan penampilan keren dari para aktor membuat film ini justru dinilai bagus di era modern ini.

2

Ouija: Origin of Evil

Mungkin kamu bingung: kok Ouija ada di daftar film yang terinspirasi board game? Ouija kan bukan papan permainan?

Percaya tidak percaya, papan Ouija itu tergolong board game. Medium untuk menghubungi arwah ini bahkan diproduksi oleh Hasbro, yang merupakan produsen mainan. Cek saja situs Hasbro, kalau tidak percaya.

Papan Ouija sering digunakan sebagai alat bantu untuk komunikasi dengan arwah. Karenanya, sudah tentu banyak film yang memunculkan papan ini. Termasuk di antaranya adalah Paranormal Activity. Tapi untuk daftar ini, penulis akan fokus menyorot satu film yang menggunakan judul Ouija.

Ouija: Origin of Evil adalah anomali. Bayangkan saja, saat film pertamanya tayang di tahun 2014, filmnya dicerca kritikus. Di Rotten Tomatoeshanya 7% kritikus yang memberi penilaian lumayan hingga bagus.

Lalu datang Ouija: Origin of Evil. Tak tanggung-tanggung, film ini mendapat peningkatan kualitas yang luar biasa drastis. Filmnya pun memperoleh pujian dari 83% kritikus Rotten Tomatoes. Jumlah penulis review yang dikumpulkan pun sampai 104, jadi jumlah ini memang bukan main-main.

Apakah kamu berani untuk menonton film seram yang satu ini?


 

Tentunya bukan dua itu saja film yang terinspirasi board game. Dua di atas adalah contoh terbaiknya. Untuk yang lain, kamu bisa cek di halaman kedua!

1
2

SHARE
Previous articleDaftar 6 Kesalahan Film Spider-Man yang Pasti Luput dan Tak Pernah Kamu Sadari
Next articleAce Tidak Jadi Mati dalam Manga yang Dibuat oleh Eiichiro Oda Ini!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.