Lawas! Inilah 5 Game Arcade Terpopuler dan Terkeren pada Masanya!

arcade

Semua remaja pria era 80 sampai dengan 90-an pasti mengenal sebuah mesin kotak menyala dan bersuara unik yang memberikan jutaan kenikmatan tak terperi di setiap hentakan tombolnya.. Ya mesin ajaib itu bernama dingdong, atau bahasa kerennya arcade.

Saking populernya mesin game bongsor tersebut, hampir seluruh pusat perbelanjaan pada zaman dahulu sampai sekarang pasti memiliki semacam pusat pemainan yang isinya dingdong atau arcade. Dan sudah dipastikan tempat tersebut menjadi sentral keramaian remaja yang pasti sebagian besar berseragam sekolah.

Baca Juga

Sejarah arcade bermula dari tahun 1971, Nolan Bushnell bersama dengan Ted Dabney, membuat game arcade pertama yang bernama Computer Space, game tersebut dibuat berdasarkan game SpaceWar! buatan Steve Russel. Setelah itu seiring berjalan waktu game arcade terus berkembang menjadi idola anak,remaja, sampai orang tua.

Arcade

Dari sekian banyak game atau mesin arcade yang sudah pernah diproduksi, tentu ada deretan yang bisa dibilang terbaik pada eranya, dan inilah dia 5 game arcade terbaik sepanjang masa penurut hemat penulis, check this out!

1

Cadillac and Dinosaurs

Game terbaik pada zamannya, penulis rela antri berjam-jam demi memainkan si keren Mustapha! (Ketauan berapa umur penulis deh…) Game ini dirilis di Jepang dengan nama Cadillacs Kyouryuu Shinseiki (キャディラックス 恐竜新世紀 Kyadirakkusu Kyōryū Shinseki) pada tahun 1993 oleh Capcom. Sebuah game side scrolling hack and slash klasik yang sangat booming pada masanya.

Kamu bisa memilih 4 jagoan yaitu Jack (balanced type), Hannah (skill type), Mustapha (speed type), dan Mess (power type). Game ini bisa dimainkan sampai 3 orang dan dibuat berdasarkan sebuah seri komik berjudul Xenozoic Tales.

2

Captain Commando

Game ini yang menyebabkan penulis mencintai genre beat’em up atau hack and slash kalau istilah modernnya. Captain Commando adalah game arcade buatan Capcom pada tahun 1991 yang judul aslinya bernama キャプテンコマンドー atau Kyaputen Komandō.

Berlatar di Metro City pada tahun 2026, menceritakan kisah Captain Commando (yang wujudnya mirip dengan Soldier76 dari Overwatch), dibantu oleh 3 rekannya bahu-membahu memberantas kejahatan di muka bumi. Honorable mention adalah karakter Hoover yang digambarkan sebagai sosok bayi menaiki robot raksasa yang jujur pada saat itu penulis dan teman-teman menyebut dia “BABY“.

3

Street Fighter II

Capcom memang rajanya arcade kala itu, kembali di nomor 3 adalah game fighting terbaik pada eranya yang sekali lagi besutan Capcom. Street Fighter II : The World Warrior adalah seri Street Fighter pertama yang dimainkan oleh penulis, kala itu penulis sangat mengagumi sosok Ryu Hoshi dengan segala jurusnya (yang pada saat itu tidak bisa penulis lafalkan dengan baik jadi saya menyebut Shinku Hadouken menjadi Abuget! atau haduukit!). Delapan karakter bisa kamu mainkan disini dengan final boss Mr. Bison yang dialih nama menjadi Vega.

Semakin Seram! Digital Happiness Siapkan DreadOut Arcade VR untuk Mobile!

Bosan berburu monster? Saatnya berburu pocong dan kuntilanak langsung di depan mata dengan teknologi VR!
Baca Juga
4

Metal Slug

Kali ini agak lompat jauh, ke tahun 1996, masa di mana game arcade sudah memiliki grafis yang lumayan. Sontak, game yang dibesut oleh SNK ini saat kedatangan pertama mesinnya di kota penulis langsung menjadi TOP ARCADE MACHINE BEST EVER!!! Selalu penuh, selalu antri dan tidak perlu ditanyakan kenapa… HEAVY MACHINE GUN!!

5

Teenage Mutant Ninja Turtles (1989)

Kali ini game besutan Konami menyeruak. Mengangkat tokoh super hero idola anak-anak pada zamannya, game Teenage Mutan Ninja Turtle ini menjadi salah satu arcade adventure game terbaik di eranya. Penulis sempat memainkan game ini di console.

Namun, pengalaman terbaik ketika menebas habis ninja musuh dan berhadapan dengan Shredder tetap hanya bisa didapatkan di depan arcade, di tengah decak kagum dan keluh kesal karena malas antri segerombolan anak SD bau matahari.. priceless!!

Oh iya, di gelaran BEKRAF Game Prime 2017 nanti, akan ada semacam time machine! Ada sebuah alley yang disiapkan berisi game-game retro keren pada zamannya, tertarik hadir?

Diedit oleh Arya W. Wibowo


Konferensi komunitas Game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017. Info >>> http://www.gameprime.asia


SHARE
Previous articleInilah 5 Karakter Wanita Terkuat yang Hadir dalam Manga Shonen Jump. Bisa Tebak Siapa Posisi Pertama?
Next articleGuide Build Item Karrie Mobile Legends: Serang Musuh Bertubi-tubi!
Pria penikmat Nasi Goreng yang mengklaim dirinya sebagai atlit Diablo 3 Profesional, mengidamkan punya SEGA Genesis lagi biar bisa main Bare Knuckle 3.