4 Alasan Vulture Merupakan Salah Satu Penjahat Marvel Terbaik Sejauh Ini

penjahat marvel terbaik: Vulture

Salah satu kesimpulan review Spider-Man: Homecoming adalah Vulture merupakan salah satu penjahat Marvel terbaik sejauh ini. Ini penjelasan lebih lengkapnya!

Baca Juga

Yap, kalau kamu membaca review Spider-Man: Homecoming, kekuatan peran Vulture memang yang menjadi sorotan. Jarang-jarang film layar lebar Marvel memperoleh penjahat dengan kualitas dan pendalaman seperti dia. Karakter seperti Vulture ini jenis yang biasanya hanya tampil di Marvel Netflix.

Pingin tahu lebih rinci lagi kenapa Vulture merupakan salah satu penjahat Marvel terbaik sejauh ini? Mungkin selevel pula dengan Loki dari Thor 1? Kalau begitu, silakan baca pembahasannya di bawah.

Review Spider-Man: Homecoming: Film Menghibur dengan Penjahat Luar Biasa

Baca review Spider-Man: Homecoming ini untuk mengetahui apakah filmnya sesuai dengan harapan, dan pantas disandingkan dengan Spider-Man 2002!
Baca Juga

Tapi hati-hati untuk kamu yang belum nonton. Jelas pembahasan ini akan penuh spoiler. Kalau kamu keberatan, tidak dianjurkan untuk lanjut baca melewati peringatan besar-besar di bawah ini.

SPOILER ALERT!!!

review Spider-Man: homecoming


Oke, mari kita mulai.

1

Bekerja dengan Cerdik

Kebanyakan musuh di Marvel punya motivasi yang pada akhirnya adalah kehancuran besar untuk memenuhi hasrat mereka. Kaecillius dari Doctor Strange memiliki motivasi seperti itu. Ultron juga begitu. Demikian pula dengan Loki di The Avengers dan Ronan dari Guardians of the Galaxy 1.

Tidak demikian halnya dengan Vulture. Sebenarnya, kalau dia ingin, bisa saja dia memiliki motivasi sejenis dengan penjahat film-film Iron Man, yakni mengembangkan senjata dan kekuatan untuk mencoba menyerang Tony. Tapi apa yang ia lakukan? Memang target utamanya adalah departemen milik Tony, tapi ia tak pernah – dan tidak berminat – menyerang Tony secara langsung.

Seperti Zemo di Civil War, Vulture menyadari kelemahannya. Karenanya ia selalu bergerak dengan cerdik. Pakaian tempurnya bisa digunakan untuk bertempur dengan sangat baik (lihat duel-duelnya dengan Spidey, juga menghadapi agen FBI di kapal). Tapi ia lebih memilih untuk bergerak hati-hati.

Akibatnya? Hingga Spidey menyampaikan ke Tony soal Vulture, tidak ada yang tahu ada pengguna teknologi alien beraksi di New York. Taktik Vulture terbukti mampu membantunya bertahan hingga 8 tahun melakukan aksi yang sama.

2

Penjahat yang Kompleks

Sifat Vulture memang sangat kompleks dan manusiawi. Jangan salah, dia memang penjahat tulen. Penjualan senjatanya kemungkinan menyebabkan kriminal biasa kini memiliki senjata alien, yang dapat menjatuhkan banyak korban jiwa. Dia juga tak pernah ragu membunuh bila memang musuhnya memaksanya.

Tapi, pada akhirnya dia tidak pernah membiarkan dendam menguasainya. Spider-Man mengganggu operasinya? Dia berminat memberi Peter kesempatan untuk lanjut kencan dengan Liz, sebagai ucapan terima kasih karena telah menyelamatkan anaknya di Washington. (Walau dia tetap mengutus Shocker untuk mengamati Peter).

Iron Man membuat dia kehilangan pekerjaan? Dia lebih memilih mencari untung dengan mencuri dari departemen milik Tony ketimbang menyerang Tony langsung.

Ada anak buah yang membuat masalah? Pria ini lebih memilih untuk memecat anak buahnya itu, selayaknya seorang mandor dan bukannya pimpinan geng. Baru setelah si Shocker I mengintimidasinya dia memutuskan untuk membunuh.

Vulture juga memiliki kehidupan keluarga yang sehat (walau istrinya mengkritik dia sering pergi-pergi) dengan anak yang mencintainya.

Sifat pragmatis dan pendalaman karakter selevel ini hanya penulis lihat dari Loki di Thor 1 (yang benar-benar tragis, kalau kamu amati) dan juga penjahat Netflix seperti Cottonmouth dan Kingpin.

Pada akhirnya, Vulture tidak pernah benar-benar berniat menguasai dunia atau menciptakan Utopia. Dia hanya ingin membantu keluarganya dan keluarga anak buahnya hidup sejahtera. Dan malah pendekatan membumi itu bisa membuat penonton lebih memahaminya ketimbang penjahat bombastis Marvel biasanya.

Di akhir, Vulture bahkan merasa cukup berutang budi pada Spidey hingga ia tak membocorkan identitasnya ke MacGargan.

Itu juga alasan kenapa Vulture layak disebut sebagai salah satu penjahat Marvel terbaik. (Baik dalam definisi “paling hebat” maupun definisi “bersifat baik.”)


 

Apa itu saja alasan Vulture merupakan salah satu penjahat Marvel terbaik? Tentu saja tidak. Cek halaman kedua untuk membaca pembahasan lanjutannya!

1
2

SHARE
Previous articleKejutan! Lama Tak Terlihat, Artis Marvel Ini Kembali di Spider-Man: Homecoming!
Next articleDaftar 6 Kesalahan Film Spider-Man yang Pasti Luput dan Tak Pernah Kamu Sadari
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.