Pembahasan Attack on Titan 95: Identitas Titan Legendaris Kesembilan Terungkap!

Image credit: Comicbook.com

Setelah lama membuat penasaran, Titan kesembilan mulai disebut-sebut di Attack on Titan 95. Siapa pemiliknya dan apa kekuatannya?

Baca Juga

Sebelum melanjutkan membaca pembahasan Attack on Titan 95 ini, ada peringatan: jangankan Titan kesembilan, identitas Beast Titan saja belum diungkap sepenuhnya di versi anime Attack on Titan. Jadi kalau kamu belum mengikuti alur manga hingga bab terbaru, hati-hati, karena pembahasan ini jelas akan mengandung spoiler.

Kalau kamu memang sudah mengikuti, penasaran, atau memang tidak keberatan membaca bocoran, silakan lanjutkan.

SPOILER ALERT!!!

9 titan legendaris

1

Gabi Mencurigai Reiner


Di Attack on Titan 94, Reiner kelepasan bicara dan mengungkap kalau Eldia di Paradis bukanlah monster. Mereka hanya manusia biasa, yang terkena nasib sama pahitnya dengan Eldia di luar pulau: terjebak di dalam tembok dan senantiasa di bawah ancaman makhluk yang lebih kuat.

Bedanya, bila Eldia di luar Paradis senantiasa diancam kaum Marley dan penduduk bumi lain, Eldia di Paradis sempat diancam para Titan. Baru setelah kegagalan serangan Beast Titan masalah Titan di Paradis teratasi.

Masalahnya, di meja makan ada orang-orang yang termakan propaganda dan juga orang seperti ibu Reiner, yang tidak mempermasalahkan apakah propaganda itu benar atau tidak. Jelas ini membuatnya dicurigai. Di bab ini pun Gabi mulai menyuarakan kecurigaannya.

Pembahasan Manga Attack on Titan 94: Kisah Sedih di Balik Armored Titan

Manga Attack on Titan 94 menyorot lebih dalam sosok di balik Armored Titan. Siapa sangka makhluk ini menyimpan banyak tragedi?
Baca Juga

Penulis menduga Reiner mungkin tidak akan kembali ke Paradis. Bisa saja Gabi akan mengkhianati dan melaporkannya, sama seperti dulu Zeke mengkhianati ayah dan ibu kandungnya sendiri. Tapi kemudian Gabi harus berurusan dengan dilema dan memori Reiner, karena dia meneruskan kutukan seorang Armored Titan.

2

Eldia, Ras Paling Dibenci di Bumi

Mengesampingkan berbagai masalah serius yang mereka hadapi, mungkin para Eldia di pulau Paradis hidup lebih enak dari kaum Eldia di luar.

Zeke memilih kata-katanya dengan hati-hati di adegan Attack on Titan 95 ini. (Dia menyadari ruangan tempatnya berkumpul telah disadap). Tapi dia menjelaskan kalau kaum Eldia justru semakin dibenci karena Marley menggunakan kekuatan mereka untuk mengalahkan negara-negara lain.

Setidaknya, sekarang para Eldia di luar Paradis masih dijaga oleh Marley. Potensi mereka untuk menjadi Titan merupakan senjata yang tidak bisa diabaikan. Namun, dengan berkembangnya persenjataan seperti meriam anti-Titan, para Titan pun sebentar lagi tidak berguna.

Bila itu terjadi, negara-negara yang lebih sadis mungkin akan memutuskan untuk sekalian melakukan genosida ke kaum Eldia.

Dihadapkan dalam situasi tragis begini, penulis semakin merasa kalau pilihan para Titan terpilih sebenarnya hanya satu: bekerja sama dengan pulau Paradis. Apapun yang terjadi, mereka akan tetap dimanfaatkan oleh Marley dan pihak-pihak luar. Jadi yang terbaik jelas adalah sekalian saja memerangi seluruh dunia bersama Colossal Titan dan Assault Titan yang kini menguasai Paradis.


 

Lalu, siapa sih Titan kesembilan? Lanjut baca ke halaman kedua untuk melihat pembahasannya!

1
2

SHARE
Previous articlePembahasan One Piece 871: Luffy Tak Berdaya Menghadapi Big Mom?
Next article16 Lawak Terlucu di Komik Spider-Man yang Bikin Kamu Ngakak!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.