Peringkat Film Spider-Man 15 Tahun Terakhir, Versi Manakah yang Terbaik?

peringkat film spider-man
Sumber: comicbook.com

Spider-Man: Homecoming berhasil mengambil hati para kritikus sekaligus fan. Namun, jika dibandingkan dengan berbagai film Spider-Man yang telah rilis dihitung dari tahun 2002 (15 tahun lalu), di manakah posisi film Spidey yang diperankan oleh Tom Holland ini?

Baca Juga

Dalam 15 tahun terakhir, para fan superhero telah disajikan tiga versi Spider-Man yang memiliki pemerannya sendiri-sendiri. Trilogi pertama Spider-Man hadir pada tahun 2002-2007 dengan judul Spider-Man yang diperankan oleh Tobey Maguire.

Reboot selanjutnya menghadirkan Andrew Garfield sebagai si manusia laba-laba, dengan judul The Amazing Spider-Man yang menelurkan dua film pada tahun 2012 dan 2014. Yang terakhir adalah Spider-Man: Homecoming yang baru saja rilis pada bulan ini (2017).

Review Spider-Man: Homecoming: Film Menghibur dengan Penjahat Luar Biasa

Baca review Spider-Man: Homecoming ini untuk mengetahui apakah filmnya sesuai dengan harapan, dan pantas disandingkan dengan Spider-Man 2002!
Baca Juga

Nah, di antara ketiga versi tersebut, manakah film yang terbaik? Yuk kita simak versi Duniaku.net berikut!

6

The Amazing Spider-Man 2

The Amazing Spider-Man 2 menurut penulis adalah film Spider-Man terburuk sejauh ini. Tim produksi dari film ini sepertinya tidak belajar dari Spider-Man 3. Penokohan yang dangkal, terutama dari kedua penjahat utamanya (Electro dan Green Goblin), membuat konflik film ini terasa dipaksakan.

Film ini malah memfokuskan ceritanya pada hubungan Peter dan Gwen. Di sini Peter malah lebih terasa seperti penjahatnya, akibat sifat egoisnya terhadap Gwen yang mengakibatkan kisah mereka berakhir tragis.

Tak seperti Spider-Man: Homecoming atau trilogi Spider-Man pertama yang memperlihatkan Peter belajar dari kesalahannya, The Amazing Spider-Man 2 malah membuat Peter seperti seorang pahlawan arogan yang merasa “tak tersentuh” oleh keputusan-keputusan egoisnya, hingga jadinya berakhir tragis.

5

Spider-Man 3

film Spider-Man 3 Tobey Maguire

Bagi penulis yang waktu itu masih berumur belia, sejujurnya film ini merupakan yang terkeren dari trilogi Spider-Man versi Sam Raimi. Bagaimana tidak, Spider-Man 3 memiliki dua villain sekaligus (atau bisa dibilang tiga), lalu diakhiri dengan kerja sama epik antara dua sahabat.

Akan tetapi, jika ditonton kembali, film ini memang memiliki berbagai kelemahan yang mirip dengan The Amazing Spider-Man 2 walaupun tidak seburuk itu. Ditambah lagi adegan “emo Parker” yang sukses menjadi meme. Nggak deh.


4

Spider-Man

film spider-man
Salah satu villain yang tak perlu memakai topeng untuk menjadi menakutkan.

Kemunculan pertama film Spider-Man di milenium baru ini membawa hype tersendiri bagi film-film bergenre superhero, bersama X-Men waktu itu. Spider-Man menghadirkan nuansa kocak di berbagai adegan, terutama di bagian awal Peter menemukan kekuatannya dan interaksinya dengan Jonah Jameson yang diperankan sangat apik oleh J.K. Simmons.

Flim ini juga mampu membuat standar yang tinggi bagi film superhero di masa itu dan memberi pondasi yang baik bagi dua film Spider-Man setelahnya. Film ini bagus dan sangat berkenang, akan tetapi peringkat tiga besar memiliki level yang berbeda.

Daftar 6 Kesalahan Film Spider-Man yang Pasti Luput dan Tak Pernah Kamu Sadari

Nah kalau kamu menonton ulang film Spider-Man, mungkin kamu akan menyadari deretan kesalahan film Spider-Man berikut ini.
Baca Juga

Siapa yang menjadi urutan pertama di peringkat film Spider-Man? Simak selengkapnya di halaman kedua!