Inilah Tips Rahasia dari Indomie tentang Marketing Game! (Bagian 1)

marketing game indomie

Ternyata Indomie memiliki banyak tips rahasia yang bisa diterapkan untuk marketing game. Apa saja?

Baca Juga

Kelezatan Indomie memang tercermin dari data Business Insider di atas, yang menjelaskan kalau Indomie masuk menjadi 10 brand yang paling banyak dibeli tahun 2016 lalu. Begitu pula developer game yang menginginkan produknya diunduh oleh banyak orang dengan retensi yang tinggi pula. Sepanjang cerita mesra bersama Indomie, sebagai developer game Tebak Gambar Saya pun terilhami beberapa hal untuk menulis artikel berikut ini.

If you can’t make it good, at least make it look good – Bill Gates

Itulah perkataan mantan CEO Microsoft yang kadang dilupakan oleh kebanyakan developer yang juga tercermin dari bungkus Indomie dibawah ini.

marketing game indomie

Bayangkan, jika bungkus tersebut tidak ada gambar telur dan sayuran? Apa masih menarik? Bahkan ekstrimnya lagi, kalau gambar telur diganti dengan gambar batu kerikil. Namun kenyataannya, masih banyak developer game yang menganggap screenshot dan video trailer hanyalah formalitas semata. Melalui bungkus Indomie kita belajar tentang pentingnya sebuah “bungkus” untuk produk kita.

Bahkan saking pentingnya menurut mereka, wording-nya pun sangat dijaga. Lebih besar, lebih nikmat. Lengkap dengan bawang goreng dan saus cabe. Saya belum pernah merasakan perbedaan Mi Goreng Jumbo dengan yang biasa, selain porsinya yang lebih besar.

marketing game indomie

Kemudian penjelasan “lengkap dengan bawang goreng dan saus cabe. Saya rasa itu hal yang wajar, karena hampir setiap produk mie instan juga begitu. Tidak bisa disalahkan, tapi inilah wording yang baik sehingga mempengaruhi keputusan seseorang dalam memilih produk. Begitu juga screenshot dan video trailer pada produk kita jangan hanya dianggap angin lalu dan membuatnya menjadi tidak cantik, karena ada jutaan aplikasi diluar sana selain aplikasi yang kita rilis.

Yang terakhir untuk bahasan bungkus Indomie, adalah gunakan bahasa dan gambar yang akrab dengan customer yang kamu targetkan. Seperti bungkus Indomie untuk negara Jepang dengan gambar seperti berikut ini.

marketing game indomie

Pada bungkus ini tidak terlihat telur mata sapi dan sayuran-sayuran seperti bungkus Indomie untuk Indonesia. Namun dengan adanya udang, jamur, telur puyuh dan sumpit menggambarkan adanya pendekatan psikologis melalui gambar bungkus Indomie ini. Selanjutnya dari tulisannya pun sangat akrab dengan customer yang disasar, yaitu menggunakan huruf kanji dan bahasa Inggris.

Terkadang developer game juga lupa dengan hal ini. Alih-alih agar terlihat keren, malahan target customer-nya yang di Indonesia tidak dipikirkan sehingga gambar dan deskripsinya menggunakan bahasa Inggris semua. Padahal tidak semua orang Indonesia fasih berbahasa Inggris loh.

Game yang Viral vs Fans. Mana yang Lebih Penting bagi Developer agar Bisnisnya Berkelanjutan?

Mana sih yang lebih penting? Eldwin Viriya, Founder dan CEO dari Own Games menjawabnya di sini!
Baca Juga

Bagian bungkus ini adalah bagian pertama dari lima bagian yang dapat membantu kita dalam mencari inspirasi untuk mendesain “bungkus” dari produk kita. Nantikan penjelasan selanjutnya di bagian kedua ya!

Kalau kamu ada tambahan, silakan sampaikan di kolom komentar!

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari


Konferensi komunitas Game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017. Info >>> http://www.gameprime.asia