5 Film India yang Dianggap Menjiplak Film-Film Hollywood

Deretan film India ini dianggap menjiplak film-film Hollywood. Apa kamu bisa menebak film mana sajakah itu?

Baca Juga

India terkenal sebagai negara di Asia yang cukup produktif melahirkan film-film terbaik. Bahkan beberapa di antaranya sukses menggebrak pasar internasional dan meraih penghargaan tertinggi di ajang Academy Awards.

Sayangnya, tak semua film India berhasil mendapat pujian. Terdapat beberapa film yang dianggap copycat dari film Hollywood lalu sedikit memodifikasi dengan menambahkan unsur India di dalamnya.

Contohya seperti deretan film India plagiat berikut ini.

1

Titanic = Mausam

film india jiplak


Film arahan sutradara James Cameron ini menjadi salah satu film terbaik yang pernah dibuat oleh umat manusia. Terbukti ketika film Titanic sukses besar dengan mendapatkan 14 nominasi dan memenangkan 11 penghargaan Academy Awards, termasuk penghargaan untuk Film Terbaik 1998.

Film yang mengisahkan tentang tragedi kapal Titanic ini ternyata turut menginspirasi sineas India membuat film serupa berjudul Mausam. Sebenarnya bukan jalan ceritanya yang mirip, tetapi poster film tersebut yang dirasa menjiplak pose poster film Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet.

2

The Great Gatsby = The Xpose

Lagi-lagi film Leonardo DiCaprio yang dijadikan inspirasi oleh sineas India dalam membuat film. The Great Gatsby merupakan film yang dirilis tahun 2013 dan disutradarai Baz Luhrmann. Selain Leonardo DiCaprio, kehadiran Tobey Maguire juga turut membuat film yang diadaptasi dari novel dengan judul sama ini menjadi salah satu film yang mencuri perhatian di tahun 2013. The Great Gatsby memperoleh penghargaan Desain Kostum Terbaik dalam ajang Academy Awards.

Kesuksesan itu turut membuat film India berjudul The Xpose dianggap plagiat. Lihat saja poster yang ditunjukkan oleh film The Xpose, sangat mirip dengan poster yang ditampilkan oleh film The Great Gatsby.

3

When Harry Met Sally = Jab Harry Met Sejal

Film India yang dibintangi oleh Shah Rukh Khan ini dianggap plagiat film Hollywood berjudul When Harry Met Sally. Meskipun sempat dibantah langsung oleh Shah Rukh Khan, namun banyak penggemar film yang sedikit kecewa karena film tersebut dianggap mirip dengan film When Harry Met Sally.

Film When Harry Met Sally mengisahkan pertemuan tak sengaja Sally Albright (Meg Ryan) yang membutuhkan tumpangan mobil Harry Burns (Billy Crystal) untuk pergi ke New York. Momen tersebut menjadi awal dari benih-benih cinta keduanya. Banyak kejadian menarik yang ditampilkan oleh keduanya selama durasi 96 menit.

4

My Best Friend's Wedding = Mere Yaar Ki Shaadi

Film India yang diaggap plagiat selanjutnya adalah Mere Yaar Ki Shaadi. Film besutan Sanjay Gadhvi tersebut punya premis cerita yang cukup indentik dengan film Hollywood My Best Fiends Wedding yang dirilis tahun 1997.

Keduanya mengisahkan tentang seorang perempuan yang punya misi untuk menghancurkan pernikahan sahabatannya. Sayangnya, dalam menjalankan misi tersebut banyak kejadian konyol yang harus dihadapi.

5

I Know What You Did Last Summer = Kucch To Hai

Kucch To Hai merupakan film India hasil remake film I Know What You Did Last Summer karya sutradara Jim Gillespie dan Kevin Williamson. Sayangnya film India ini tak mampu mengulangi kesuksesan yang dibuat oleh I Know What You Did Last Summer. Kucch To Hai hanya meraih rating 4,3 di situs IMDb dan menjadi salah satu film India terburuk.

Kira-kira film India mana lagi yang dianggap plagiat film Hollywood?

Rambo Versi India Dibuat, Bagaimana Tanggapan Sylvester Stallone?

Apakah Rambo versi India ini bakal mengikuti kesuksesan Rambo original yang diperankan oleh aktor legendaris Sylvester Stallone?
Baca Juga

Diedit oleh Fachrul Razi


Konferensi komunitas Game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017. Info >>> http://www.gameprime.asia/pameran


SHARE
Previous articleKarakter Resident Evil Asal Indonesia Ini Namanya Kocak Banget!
Next articleReview Animasi Castlevania Netflix: Manusia Tidak Selalu Baik
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca