Sebetulnya 1 Belly One Piece Berapa Rupiah Sih? Ini Pembahasannya!

Belly One Piece berapa rupiah

Belly adalah mata uang di One Piece. Penasaran sebetulnya 1 Belly One Piece berapa rupiah? Inilah pembahasannya, berdasarkan informasi dari manganya!

Baca Juga

Eiichiro Oda sejauh ini tidak pernah memberi penjelasan berapa nilai tukar 1 Belly One Piece dengan mata uang dunia nyata. Jadi untuk spekulasi yang satu ini, penulis akan mengacu kepada nilai tukar Belly di anime dan manga dengan obyek sehari-hari. Dalam hal ini, yang menjadi acuan adalah harga kubis di One Piece.

Pembahasan One Piece 872: Runtuhnya Kastel Big Mom

Misi awal Luffy memang hanya menyelamatkan Sanji. Namun One Piece 872 menunjukkan ia sempat mempermalukan sang Yonko. Seperti apa?
Baca Juga

Ya, kubis. Di satu bagian anime dan manganya, Sanji membeli sayuran di pasar dengan harga 150 Belly. Informasi yang satu ini dicatat pula di wiki One Piece. Ada juga barang lain di dunia nyata yang harganya tercantum di sana, yakni takoyaki. Tapi makanan yang satu itu harganya bisa beda antara satu penjual dengan penjual lain.

Lalu kita harus pertimbangkan kalau Eiichiro Oda menetapkan harga tersebut dari sudut pandang orang Jepang. Berarti yang ada di kepalanya saat menuliskan harga 150 Belly untuk harga kubis adalah harga sayuran di Jepang.

nilai bounty one piece

Ada beberapa situs yang menyediakan harga sayuran di Jepang. Salah satunya adalah Tanutech. Di sana satu kubis berharga 138 Yen. Itu berarti, dengan kurs saat artikel ini ditulis, satu kubis di Jepang berharga sekitar Rp16.240.

Bila Rp16.240 sama dengan 150 Belly, maka 1 Belly adalah sekitar Rp108. (Dari 16.240/150, lalu hasil komanya tidak dihitung).

Nah, karena dengan hitung-hitungan iseng ini kita bisa mendapat gambaran berapa kira-kira 1 Belly dengan mata uang kita, mari kita lihat harga-harga menarik di dunia One Piece.

Harga dan Bounty

pedang terkutuk one piece

Harga Sandai Kitetsu: 1.000.000 Belly. Dengan hitung-hitungan di atas, harganya adalah Rp108.000.000. Harga ini juga sudah sangat murah karena Sandai Kitetsu adalah pedang terkutuk.

Harga Wado Ichimonji: 20.000.000 Belly. Dengan hitung-hitungan di atas, harga pedang favorit Zoro ini adalah Rp2.160.000.000. Harga yang sangat fantastis, bukan? Kebetulan kepala Zoro juga dihargai segini saat pertama kali mendapat bounty.

Nilai buruan Chopper: yang pertama 50 Belly, yang kedua 100 Belly. Berarti yang pertama adalah Rp5.400 dan yang kedua adalah Rp10.800. Rasanya sekarang kamu akan lebih paham kenapa Chopper begitu tersinggung dengan harga bounty-nya. Bahkan kubis saja dihargai lebih mahal.

Di Jakarta, kisaran Rp5000 hingga Rp10.000 juga bisa habis dalam sekali kunjungan ke Warteg. Jadi… ya… menangkap Chopper tampaknya terlalu buang-buang tenaga. Apalagi kekuatan sang dokter jauh melampaui nilai bounty-nya.

Nilai buruan Luffy: nilai terakhir Luffy adalah 500.000.000 Belly. Jadi… Rp54.000.000.000. Jumlah yang sangat besar, tapi kalau dikurskan begini jadi bisa dibayangkan kalau Angkatan Laut masih bisa membayarnya.

Tapi Apakah Benar?

Jadi, benarkah 1 Belly adalah Rp108? Tentu saja, ini bukan hasil hitung resmi. Untuk urusan seperti ini hasil yang paling benar adalah pengumuman dari pengarangnya langsung, yakni Eiichiro Oda.

Namun berdasarkan perbandingan harga kubis Jepang dan di dalam manga One Piece, kalkulasinya terasa menarik. Rasanya hitung-hitungan ini bisa iseng kamu gunakan sebagai gambaran nilai tukar Belly, hingga Eiichiro Oda mengumumkan nilai tukar resminya suatu saat nanti.

Apakah kamu punya teori yang lebih konkret soal nilai tukar Belly One Piece berapa rupiah? Sampaikan saja di kolom komentar!


 

Konferensi komunitas Game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017. Info >>> http://www.gameprime.asia/pameran


SHARE
Previous article5 Fighter Mobile Legends Terkuat yang Bisa Menjadi Ujung Tombak Tim
Next articleLihat Kerennya Roy Mustang dan Karakter Lain dalam Poster Fullmetal Alchemist Live Action!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.