Perkembangan 20 Tahun One Piece: Ini Bedanya Luffy Dulu dengan yang Sekarang!

Banyak yang terjadi selama 20 tahun One Piece. Salah satu yang menarik disorot adalah perubahan pada Monkey D. Luffy.

Tak terasa 20 tahun One Piece telah menghibur kita. Kisah petualangan di dunia bajak laut ini telah berkembang dari awal hingga kini. Salah satu perubahan yang menarik adalah perubahan pada karakter utama animanga ini, yaitu Monkey D. Luffy. Apa saja perubahan dari Monkey D. Luffy selama 20 tahun One Piece?

Baca Juga

Tentunya perubahan yang kita bahas tidak hanya mencakup fisik saja, namun juga kekuatan tempur, lingkungan, hingga sahabat-sahabatnya. Perubahan Monkey D. Luffy selama 20 tahun One Piece antara lain adalah:

Bekas Luka

Tidak lupa daging kesukaannya!

Luffy pada masa awal One Piece tidak terlalu banyak berubah dengan penampilan sekarang. Dia adalah pemuda kurus yang awalnya memiliki tubuh tidak kekar. Bekas luka yang terlihat pada tubuh Luffy adalah bekas sayatan pisau di bawah mata Luffy.

Monkey D. Luffy

20 tahun kemudian, Luffy kurang-lebih masih memiliki tubuh yang kurus. Namun kini otot-ototnya lebih menonjol, dan ia memiliki luka berbentuk silang (X) di bagian dada-perut akibat serangan Laksamana Akainu. Uniknya, Luffy jarang mengenakan pakaian yang menutupi bekas lukanya ini. Ia seperti tidak malu terhadap lukanya, dan malah menganggapnya tanda kedewasaannya dalam bersiap menjadi Raja Bajak Laut.

Pakaian

fakta menarik Luffy

Pada masa awal, pakaian Luffy nyaris tidak pernah berganti. Ia selalu mengenakan topi jerami pemberian Shanks, dengan baju rompi berwarna merah, dan celana biru.

fakta menarik Luffy

20 tahun kemudian, pakaian Luffy sesekali berganti, namun pada umumnya, Luffy mengenakan topi jerami, rompi lengan panjang berwarna merah, celana biru, dan kain kuning yang membelit di bagian pinggangnya. Sekilas ini penampilan yang mirip Gol D. Roger pada masa mudanya.

Teman

One Piece

Fan setia One Piece mungkin ingat Luffy memulai petualangan tanpa teman siapa pun. Nakama pertama yang ia rekrut adalah Zorro sang Pemburu Bajak Laut. Kemudian berkembang merekrut nakama seperti Nami, Usopp, dan Sanji. Tidak seperti bajak laut pada umumnya, Luffy lebih sering menolong masalah di pulau tempat ia berlabuh, dan menjalin persahabaan hingga aliansi.

20 tahun kemudian, Luffy memiliki armada besar dengan kekuatan tempur 5640 orang, 8 armada utama. Luffy juga menjalin aliansi dengan Law, perwakilan samurai, perwakilan ninja, dan suku Minks untuk menghadapi Yonkou Kaidou. Ini belum terhitung kota, pulau, negara, kerajaan, yang diselamatkan Luffy dalam tiap petualangannya.

Kekuatan dan Jurus

fakta menarik Luffy

Pada awalnya, Luffy bergantung pada kekuatan buah setannya, yang berasal dari Gomu Gomu no Mi. Daya tahan tubuh Luffy terlatih oleh kakeknya, Monkey D. Garp, dan Curly Dadan.

Paramecia

20 tahun kemudian, Luffy menguasai Haki -walaupun belum sempurna- di bawah didikan Rayleigh. Ia bertarung dengan kombinasi kekuatan Gomu Gomu no Mi dan Haki. Sayangnya hingga kini, kekuatannya belum mampu menggoyahkan seorang Yonko seperti Big Mom.

Untuk bisa bersaing dengan Yonko, Luffy tampaknya harus mengembangkan lagi kekuatannya hingga membangkitkan Awakening dari Gomu Gomu no Mi atau tembus sampai Gear 5.

Kapal

Seorang bajak laut tentu membutuhkan kapal untuk bertualang. Awalnya Luffy tidak punya kapal sama sekali. Kapal Going Merry pemberian Kaya menjadi kapal Luffy untuk beberapa waktu, dan menemaninya melewati berbagai momen heboh hingga mengharukan. Siapa sih yang tidak menangis saat kapal ini akhirnya hancur?

manga one piece


20 tahun kemudian, Luffy dan kawan-kawan mengandalkan kekuatan Thousand Sunny, kapal yang menggantikan peran Going Merry yang karam di Water 7. Walaupun kapal ini lebih besar, beberapa spesifikasi Thousand Sunny difokuskan untuk melarikan diri -dan tentu menjadi rumah bagi Straw Hat Pirate.


 

Apalagi nih perubahan Luffy setelah 20 tahun? Cek lanjutannya di halaman kedua!

1
2

SHARE
Previous articleWawancara Spesial: Tips Cosplay untuk Pemula dari Desy Narita
Next articleAttack on Titan The Last Stand: Rasakan Ketegangan Melawan Titan Bersama Jagoan Favoritmu
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.