Wawancara Spesial: Tips Cosplay untuk Pemula dari Desy Narita

Sumber : Narita Cosplay

Banyak orang yang masih takut-takut untuk memulai ber-cosplay. Faktor fisik, kepercayaan diri dan budget sering dijadikan sebagai alasan untuk menunda memulai hobi satu ini. Bagaimana cara mengatasi semua halangan itu? Ikuti wawancara Duniaku.net dengan Desy Narita berikut ini!

Baca Juga

Pada hari Rabu tanggal 12 Juli 2017, Duniaku.net diberi kesempatan untuk mewawancarai Desy Narita, seorang cosplayer yang namanya tengah naik daun. Gadis yang mengawali debut cosplay sejak tahun 2007 dan menekuninya secara intensif dari tahun 2014 ini sudah menyabet berbagai prestasi baik di tingkat lokal sampai internasional.

Pada sesi wawancara kali ini, Desy Narita akan membagikan tips-tips tentang ber-cosplay yang baik untuk para pemula. Buat kamu yang butuh suntikan motivasi untuk cosplay, simak wawancara Duniaku.net dengan Desy Narita di bawah ini!

Q : Bisa ceritakan sedikit tentang perjalanan Desy di dunia cosplay dari awal sampai sekarang?

Desy Narita : Pertama kali coba cosplay tahun 2007 karena diajak temen Ragnarok Online: Lyto Game Festival jadi Soullinker. Tapi aku serius jalanin cosplay-nya sejak AFAID 2014. Jadi setelah Lyto Game Festival aku ga cosplay lagi sampai 2014. Setelah AFAID aku ikut lomba-lomba. Ada banyak yah, aku nggak inget semuanya, lokal, nasional, internasional. Kalau juara di mana aja ada di album achievement-ku nyahaha.

Q : Menurut Desy, motivasi seperti apa sih dibutuhkan pemula untuk memulai ber-cosplay?

Desy Narita : Motivasi, yah? Kalau motivasi berarti yang memicu seseorang untuk mulai cosplay yah? Kalau itu sih macam-macam ya. Tergantung orangnya, ada yang karena nonton anime, main game, atau sering lihat cosplayer waktu ke event jejepangan

Q : Jadi dorongan hati adalah faktor utamanya begitu?

Desy Narita : Kalau aku sendiri awalnya aku suka dan ada teman yg cosplay dan aku diajak. Jadi dua-duanya.

cosplay
Sumber : Narita Cosplay

Q : Terus apa saja hal yang harus dilakukan cosplayer pemula sebelum memulai cosplay? Seperti riset dan semacamnya?

Desy Narita : Kalau menurutku ambil karakter yang disukai. Karena biasanya chara yg disukai itu kita sedikit banyak sudah paham seperti apa karakternya dan tentunya riset tentang sifat, kepribadian, mimik, verak gerik dan latar belakang char tersebut dan yang utama detail kostumnya.

Q : Banyak orang-orang takut cosplay karena tidak percaya diri dengan bentuk badannya sendiri, entah karena terlalu gemuk atau kulit yang tak seputih karakter yang ingin di-cosplay. Lalu menurut pandangan Mbak Desy sendiri, apakah benar faktor bentuk tubuh fisik menentukan kecocokan antara cosplayer dengan karakter yang diperankan?

Desy Narita : Hal yg utama kalau untuk cosplay adalah have fun dan merasa nyaman dalam ber-cosplay. Jadi kalau tidak sesuai fisik, sah-sah aja tetapi ada resiko kalau kita cosplay dan maju ke publik pasti ada yg memuji dan ada pula yg menjatuhkan. Cosplayer dalam hal ini harus kuat mental untuk menyikapinya.

Yang bagus banget cosplay-nya dan sudah mendunia saja pasti ada kritik negatif jadi hal itu kita yg harus memilah mana usulan positif yg bs diambil, mana yg jelek harus dibuang. Yang penting semangat untuk improve agar lebih baik ke depannya

Q : Ada saran cosplay tipe chara seperti apa yang paling cocok untuk cosplayer pemula yang mengalami kendala di budget?

Desy Narita : Menurutku bahan kain seperti seifuku, asalkan karakternya suka dulu. Dari situ cosplayer lebih mendapat fun karena menjadi karakter idola. Kalau masalah budget bisa menabung dan mencicil sedikit-sedikit bagian-bagian kostumnya.

Q : Itu juga berlaku buat cosplayer karakter cowok?

Desy Narita : Iya

 


Masih penasaran dengan kelanjutan interviewnya? Klik halaman selanjutnya!

1
2

SHARE
Previous articleLihat Kerennya Roy Mustang dan Karakter Lain dalam Poster Fullmetal Alchemist Live Action!
Next articlePerkembangan 20 Tahun One Piece: Ini Bedanya Luffy Dulu dengan yang Sekarang!
Guess what?