Inilah 5 Tokusatsu di Luar Jepang, Siapa Saja Pahlawan Selain Bima Satria Garuda?

Tokusatsu di luar Jepang

Tokusatsu adalah salah satu ciri khas negara Jepang, namun adakah Tokusatsu di luar Jepang yang dibuat oleh negara lain selain Bima Satria Garuda?

Tokusatsu adalah kata yang digunakan di Jepang untuk film atau serial televisi yang menggunakan spesial efek khusus. Banyak Tokusatsu dari Jepang, namun yang paling terkenal hingga ke mancangera tentu adalah serial-serial dari Kamen Rider, Super Sentai, Ultraman maupun Metal Hero seperti Space Sheriff Gavan.

Namun, adakah serial Tokusatsu yang dibuat di luar Jepang? Kepopuleran Tokusatsu telah menyebar ke seluruh Dunia. Armor para pahlawan dan cerita pertarungan yang menegangkan membuat serial ini disukai oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Karena hal itu juga, negara lain pun mencoba membuat Tokusatsu dengan gaya mereka sendiri. Berikut adalah list-nya, tetapi penulis tidak memasukan beberapa Tokusatsu di luar Jepang yang digubah dari serial Jepang seperti Power Rangers, Saban Masked Rider/Masked Rider Dragon Knight (Amerika), dan Power Rangers Dino Force Brave (Korea).

1

Sport Ranger

Tokusatsu di luar Jepang

Kita lihat Tokusatsu dari negara tetangga, yaitu Thailand. Negari gajah putih ini memiliki Tokusatsu buatan mereka sendiri yang bertemakan Super Sentai/Power Rangers yaitu Sport Ranger.

Sport Ranger adalah pasukan pembasmi kejahatan yang tentu seperti namanya, memiliki motif yang diambil dari cabang olahraga. Menceritakan tentang Bumi yang diserang oleh alien Starhunter, dan Sport Ranger akan melindunginya. Terdengar klise? Tunggu sampai kalian melihat bagaimana Ranger Merah, Kuning, dan Hijau mati di akhir episode.

Masing-masing dari lima anggota Sport Ranger memiliki motif olahraga tersendiri, yaitu Tinju (Merah), Sepak Bola (Kuning), Tenis (Hijau), Renang (Biru), dan Senam (Pink). Masing-masing dari mereka juga memiliki robot raksasa dan bisa disatukan menjadi robot yang lebih kuat. Serial ini pertama kali tayang tahun 2006 di Channel 3 Thailand.

2

Armor Hero

Tokusatsu di luar Jepang

Kita beralih ke China. Negeri tirai bambu ini, bisa dibilang cukup serius dalam menggarap Tokusatsu buatan mereka, salah satunya Armor Hero. Mungkin kalian sudah lupa, namun serial ini pernah tayang di salah satu televisi swasta di Indonesia, lho.

Armor Hero menceritakan tentang 5 orang yang berasal dari 5 desa berbeda yaitu Desa Api, Desa Air, Desa Kayu, Desa Emas, dan Desa Bumi. Masing-masing dari mereka memiliki kekuatan dari Guang Ying Shi yaitu batu cahaya dan kegelapan. Dengan kekuatan ini, mereka bisa berubah dan mengenakan armor serta senjata peninggalan masa lalu.

Kostum yang dibuat memang menyerupai beberapa Kamen Rider atau Metal Hero di Jepang, tetapi mereka tetap memiliki kesan originalitasnya sendiri. Cerita dari serial ini bisa dibilang cukup “gelap” dan sulit untuk dicerna oleh anak-anak.

Tokusatsu dari Korea dan Amerika? Seperti apa? Cek halaman selanjutnya!

1
2

SHARE
Previous articleHajar! Kelengahan Kelompok Yonkou Big Mom Terungkap di Whole Cake Island Arc!
Next articleLama Ditinggal Shinichi, Pria-Pria Ini Cocok Menjadi Pasangan Buat Ran Mouri!
Panggilannya Dim, bukan Mas. Penggemar cerita-cerita Slice of Life, tapi juga suka robot-robotan dan superhero Amerika maupun Jepang. Lagi asik mengumpulkan mainan dengan uang pinjaman.