Bagaimana Jika Itachi Tidak Membantai Klan Uchiha?

Pembantaian klan Uchiha menjadi salah satu kejadian penting terbentuknya timeline cerita Naruto. Tapi, bagaimana jadinya jika Itachi tidak membantai klan Uchiha? #WhatIf

Bagaimana Jika Itachi Tidak Membantai Klan Uchiha?

Bagaimana Jika Itachi Tidak Membantai Klan Uchiha?

Pembantaian klan Uchiha menjadi salah satu kejadian penting terbentuknya timeline cerita Naruto. Tapi, bagaimana jadinya jika Itachi tidak membantai klan Uchiha?

Skenario "what-if" atau "bagaimana jika..." menjadi suatu topik yang menarik untuk dibahas dalam berbagai cerita fiksi. Hal ini dikarenakan jika ada perubahan sedikit saja pada suatu plot, maka kita akan menemukan kemungkinan-kemungkinan yang menarik dan seru untuk kita ikuti—seperti misalnya dalam One Piece: Bagaimana jadinya jika Sabo datang menyelamatkan Ace dan Luffy saat perang Marineford?

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas "Bagaimana Jadinya Jika Itachi Tidak Membantai klan Uchiha?" Skenario ini saya angkat karena saya rasa cukup menarik untuk kita bahas.

Jadi begini, seperti yang kita tahu, Runtuhnya klan Uchiha (Uchiha Downfall) menjadi salah satu kejadian yang sangat penting dalam cerita Naruto. Karena kejadian ini, klan Uchiha di Konoha hanya tersisa Sasuke seorang, dan segala tindakan Sasuke pun terpengaruh karena insiden ini. Selain itu, sifat Sasuke yang terbentuk ini juga mempengaruhi sekitarnya, terutama rival terdekatnya: Naruto. Belum lagi, Konoha dan berbagai penghuninya juga terus hidup sampai sekarang karena adanya kejadian ini.

Nah, bagaimana jadinya jika Itachi tidak menetapkan hati untuk membunuh semua keluarganya dalam klan karena tidak tega? Kamu bisa melihat gambar di bawah ini:

Bagaimana Jika Itachi Tidak Membantai Klan Uchiha?

[duniaku_adsense]

Setidaknya, saya telah memikirkan tiga skenario yang sangat mungkin terjadi dari banyaknya kemungkinan. Jika Itachi tidak membantai klan Uchiha, maka tiga kemungkinan tersebut adalah: Konoha hancur akibat perang sipil, Uchiha menguasai Konoha, atau klan Uchiha benar-benar musnah di Konoha. Nah, pertama-tama, mari kita tengok skenario di mana Konoha hancur karena perang sipil.

Skenario Konoha Hancur (Imbang)

Bagaimana Jika Itachi Tidak Membantai Klan Uchiha?

Ini adalah salah satu skenario yang paling mungkin terjadi jika Itachi tidak membantai klan Uchiha. Ya, Fugaku Uchiha, ayah Itachi dan pemimpin klan Uchiha, dan anggota klan Uchiha lainnya pasti akan tetap menjalankan rencana mereka untuk meruntuhkan pemerintahan Konoha yang sekarang. Lalu, perang sipil atau civil war, pun terjadi.

Rasanya, lumayan sulit menakar mana yang lebih kuat antara pihak Uchiha dan juga Konoha. Keduanya sama-sama memiliki ninja yang berbakat, misalnya seperti: Kakashi atau Might Guy di pihak Konoha; dan, yah, sebut saja Itachi sendiri di pihak klan Uchiha. Jadi, dalam skenario ini kita asumsikan kedua belah pihak memiliki kekuatan yang seimbang.

Nah, karena kedua pihak memiliki kekuatan yang setara, maka desa Konoha pun hancur akibat perang. Pun kalau perang berkepanjangan terjadi, desa lain akan melihat hal ini sebagai kesempatan emas untuk menyerang Konoha. Jadi, tak ada yang tersisa setelah perang dan tokoh-tokoh yang ada akan menjadi berbeda dengan yang kita kenal saat ini—atau bahkan mungkin tidak ada karena mati dalam medan perang.

[duniaku_baca_juga]

Naruto mungkin masih hidup di antara reruntuhan desa Konoha. Perkembangannya, mungkin bakalan mirip dengan Yahiko, Nagato, dan Konan yang merupakan anak kecil yatim piatu akibat peperangan.

Bagaimana jika klan Uchiha menang dalam perang sipil? Lanjut ke halaman 2!

Skenario Uchiha Menang Perang Sipil

Bagaimana Jika Itachi Tidak Membantai Klan Uchiha?

Dalam skenario ini, kita asumsikan bahwa perang sipil terjadi dan Uchiha memenangkan peperangan. Nah, ada dari skenario ini, ada dua hal menarik yang mungkin terjadi, antara: Uchiha menguasai Konoha, atau malah Konoha dikuasai Akatsuki.

[page_break no="1" title="Skenario Konoha Dikuasai Uchiha"]

Setelah meruntuhkan pemerintahan Konoha, Uchiha pun menguasai Konoha. Ada tiga poin penting yang terjadi jika Konoha dikuasai oleh klan Uchiha:

Itachi Menjadi Hokage

Bagaimana Jika Itachi Tidak Membantai Klan Uchiha?

Dengan menangnya Uchiha dalam peperangan, tentunya Hokage ke-3 akan turun dari jabatannya. Yang paling mungkin menggantikan posisi Hokage di sini tentunya adalah Fugaku Uchiha (dengan asumsi dia tidak gugur dalam perang sipil). Kenapa Fugaku? Karena sebelum Minato diangkat sebagai Hokage ke-4, Fugaku adalah salah satu ninja yang dicalonkan menjadi seorang Hokage.

Nah, Fugaku sebagai Hokage pun tentunya tidak akan berlangsung selamanya. Jabatan ini bakalan diteruskan menuju Itachi karena Itachi tentu saja dianggap paling berjasa dalam peperangan setelah sebelumnya menjadi agen ganda bagi klan Uchiha dan juga Konoha. Belum lagi, dia adalah ninja jenius yang bahkan memiliki potensi untuk melebih Madara.

Oh, dan karena Itachi tidak membantai klan Uchiha, tentu saja Izumi Uchiha—perempuan yang menaruh hati pada Itachi—masih hidup. Layaknya Naruto dan Hinata, kemungkinan besar mereka berdua bakalan menikah.

[duniaku_adsense]

Sasuke Tidak Pernah Meninggalkan Desa

Nah, yang satu ini cukup drastis. Karena Itachi tidak membunuh klan Uchiha, pastinya Sasuke tidak akan pernah membenci Itachi. Dan karena ini, Sasuke kemungkinan menjadi pribadi yang lebih ceria dan bersemangat—tidak seperti sosok emo miliknya seperti yang kita ketahui saat ini. Selain itu, dia juga tidak akan meninggalkan desa untuk mencari kekuatan dari Orochimaru dan menjadi buron.

Dan jangan lupa kalau Itachi juga menderita sebuah penyakit. Jadi, cepat atau lambat dia bakalan meninggal dan besar kemungkinan bahwa Sasuke yang akan menggantikan Itachi sebagai Hokage.

Naruto Menjadi Jahat

Bagaimana Jika Itachi Tidak Membantai Klan Uchiha?

Jika kita ingat-ingat kembali, Naruto bisa bertahan hidup karena dia mendapatkan perlindungan dari Hokage ke-3 meskipun seluruh desa membencinya, dan bahkan mungkin ingin membunuh Naruto. Naruto juga tumbuh menjadi Naruto yang kita kenal saat ini karena mendapatkan perhatian dan dukungan dari orang-orang sekitarnya, misalnya saja seperti Iruka.

Jika Uchiha memenangkan peperangan, maka Hokage ke-3 pun diturunkan dari jabatan. Karena itu, Naruto pun kehilangan sosok pelindung. Selain itu, akan banyak karakter yang mati atau tertangkap dan dipenjara, termasuk Iruka yang sudah jelas bakalan berpihak pada Konoha.

Saya rasa, jika Naruto kehilangan sosok-sosok penting dalam perkembangannya, dia bakalan menjadi jahat. Ambil contoh kasus dari Gaara: Dia kehilangan sosok orang-orang yang mendukungnya, seperti Yashamaru. Lalu, dia pun dikekang oleh Kazekage dan orang-orang sekitarnya sehingga menjadi pribadi yang jahat (di awal kisah Naruto).

Naruto juga begitu. Rasanya, dia bakalan dikekang oleh Fugaku yang menjabat sebagai Hokage jika Uchiha menang perang sipil. Naruto bakalan terus diawasi, dibenci warga desa, dan ditekan sehingga menjadi jahat seperti Gaara.

Kalau ini terjadi, cukup menarik rasanya jika Naruto sebagai tokoh utama adalah seorang karakter jahat. Ceritanya pasti bakalan berubah drastis. Bukankah begitu?

[page_break no="2" title="Skenario Konoha Dikuasai Akatsuki"]

Bagaimana Jika Itachi Tidak Membantai Klan Uchiha?

Ini salah satu skenario yang menarik. Karena perang sipil, Akatsuki bakalan menguasai Konoha. Kenapa? Seperti yang kita tahu, sebelum Itachi membantai klannya, dia sempat bertemu dengan Tobi yang saat itu menyamar sebagai Madara Uchiha. Dengan kata lain, Tobi dari Akatsuki selalu mengintai Konoha untuk menghancurkan desa tersebut.

Nah, melihat terjadinya perang sipil, tentu hal ini menjadi kesempatan emas bagi Tobi dan Akatsuki untuk ikut menyerang Konoha. Dengan interferensi ninja-ninja berbahaya dari Akatsuki, bukan tidak mungkin mereka membantu klan Uchiha menang dalam perang sipil dan akhirnya menusuk klan Uchiha dari belakang. Dengan begitu, mereka bisa menguasai Konoha dari balik layar—seperti kasus Mizukage ke-4 dan Kirigakure.

[duniaku_adsense]

Naruto Mati

Bagaimana Jika Itachi Tidak Membantai Klan Uchiha?

Dengan berkuasanya Akatsuki di Konoha, tentunya cepat atau lambat mereka bakalan mengambil Kyuubi dari dalam tubuh Naruto untuk melancarkan rencana terbesar mereka (atau lebih tepatnya rencana terbesar Madara Uchiha). Jika hal ini terjadi, maka bisa dipastikan bahwa Naruto akan mati pada titik ini. Dan mungkin serial ini tidak lagi berjudul Naruto. Haha.

 

Bagaimana jika Uchiha kalah dalam perang sipil? Lanjut ke halaman 3!

Skenario Uchiha Kalah Perang Sipil

Bagaimana Jika Itachi Tidak Membantai Klan Uchiha?

Jika Itachi tidak membantai klan Uchiha, maka perang pun terjadi. Nah, meski memiliki banyak ninja kuat, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa Uchiha bakalan kalah dalam perang sipil. Ada 4 poin penting yang terjadi dalam skenario ini, antara lain:

Clan Uchiha Tetap Musnah

Karena perang ini, klan Uchiha pun semakin dianggap sebagai sesuatu ancaman yang berbahaya. Bukannya tidak mungkin kalau Konoha akhirnya memutuskan untuk memusnahkan mereka semua selama perang. Dan dalam skenario Konoha memenangkan perang sipil, Uchiha pun pada akhirnya tetap hancur. TAPI, ada beberapa perbedaan dengan kehancuran mereka jika dibantai oleh Itachi...

[duniaku_adsense]

Reputasi klan Uchiha Hancur

Perbedaan pertama adalah, klan Uchiha akan memiliki reputasi yang buruk. Alih-alih dianggap sebagai klan yang malang karena dibantai anggota klan mereka sendiri, klan Uchiha akan dicap sebagai klan pengkhianat. Klan ini akan memiliki reputasi yang sangat buruk di dalam sejarah dunia Naruto dan setiap anggota Uchiha yang selamat dari perang tidak akan dipercaya oleh siapapun dan dicap sebagai pengkhianat

Sasuke Mati

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, Sasuke akan mati jika klan Uchiha musnah. Tidak seperti Itachi yang membelaskasihani Sasuke ketika Itachi membantai klan Uchiha, Konoha akan memusnahkan anggota klan Uchiha secara keseluruhan dan termasuk Sasuke.

Rival Naruto Berganti Jadi Rock Lee

Bagaimana Jika Itachi Tidak Membantai Klan Uchiha?

Karena Sasuke mati, maka dia tidak akan menjadi rival Naruto layaknya dalam serial Naruto yang kita ketahui sekarang. Lalu siapa rival Naruto? Menurut saya sih, Rock Lee bakalan menjadi rival utama Naruto. Alasannya sih sederhana, karena keduanya sama-sama suka Sakura! Haha.

[duniaku_adsense]

Itulah tadi beberapa skenario yang mungkin terjadi jika Itachi tidak membantai klan Uchiha. Ceritanya akan sangat berbeda drastis dengan Naruto yang kita kenal saat ini—dan mungkin bahkan judulnya bukan lagi Naruto. Haha.

Suka dengan skenario "What If"? Kamu bisa request di kolom komentar untuk skenario "What-If" buatan kami untuk minggu depan, lho! Tidak melulu Naruto, kamu bebas request skenario "What-If" yang akan dibahas minggu depan, seperti One Piece, Dragon Ball dan masih banyak lagi. Skenario "What-If" apa yang ingin kamu baca minggu depan? Suarakan pendapatmu di kolom komentar ya!


Konferensi komunitas Game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017. Info >>> http://www.gameprime.asia/pameran

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU