Fakta Hubungan Jutsu Itachi dan Imperial Regalia Jepang: Ini Bukti Kalau Itachi Ninja Terbaik di Naruto!

Jutsu-jutsu Itachi Uchiha yang menakjubkan ini ternyata mengandung banyak pesan simbolis yang teramat penting bagi pusaka Jepang, Imperial Regalia.

Fakta Hubungan Jutsu Itachi dan Imperial Regalia Jepang: Ini Bukti Kalau Itachi Ninja Terbaik di Naruto!

Fakta Hubungan Jutsu Itachi dan Imperial Regalia Jepang: Ini Bukti Kalau Itachi Ninja Terbaik di Naruto! Sumber: WallpaperCave[/caption]

Jutsu-jutsu Itachi Uchiha yang menakjubkan ini ternyata mengandung banyak pesan simbolis yang teramat penting bagi pusaka Jepang, Imperial Regalia. Apa saja?

[duniaku_baca_juga]

Tak diragukan lagi Itachi Uchiha adalah salah satu shinobi terhebat dalam dunia Naruto. Entah itu karena kemampuan bertarungnya, kasih sayang melimpah terhadap adik dan kampung halamannya, atau mungkin masa lalunya yang super kelam yang berhasil memikat simpati para penggemar. Tak heran banyak yang memfavoritkan Itachi sebagai tokoh kesayangan mereka meski ia bukanlah karakter utama.

Bukti bahwa Itachi adalah shinobi terhebat semakin dipertegas dengan jutsu-jutsu miliknya yang bahkan mampu mengecoh jutsu sekuat Edo Tensei. Keahlian dan kelihaiannya sebagai shinobi memang sudah tampak mencolok sejak ia masih belia. Dirinya bahkan dinobatkan sebagai anggota Anbu termuda dalam sejarah Konoha, meski itu membuat beberapa orang menjadi iri padanya.

[duniaku_adsense]

Bukan rahasia lagi bahwa jutsu-jutsu besar klan Uchiha mengacu pada legenda-legenda para dewa Jepang, seperti Susanoo, Amaterasu, Izanagi, dan Izanami. Jutsu-jutsu mereka pun kental dengan suasana kuno khas Jepang seperti baju zirah ala Jepang, katana, todachi, dan lain sebagainya. Namun, ada hal lain yang membedakan Itachi dari kawan-kawan satu klannya, hal yang membuatnya menonjol dan sangat mungkin sang mangaka sendiri yang ingin menonjolkan karakter favorit satu ini. Itu adalah Imperial Regalia Jepang atau pusaka nasional Jepang.

Apa itu Imperial Regalia Jepang dan hubungannya dengan jutsu-jutsu Itachi? Ayo kita bahas di sini!

Apa itu Imperial Regalia Jepang?

Imperial Regalia Jepang, pusaka kerajaan Jepang atau juga disebut pusaka suci Jepang, adalah tiga pusaka yang dianggap paling penting bagi negeri yang terletak di Asia Timur itu. Karena statusnya sebagai pusaka kerajaan, lokasi di mana mereka disimpan sekarang tak diketahui pasti dan memang tak diungkap ke hadapan publik. Hanya beberapa pendeta tingkat tinggi yang dibolehkan melihatnya, itu pun harus dari garis keturunan kerajaan. Aturan Jepang memang sangat ketat.

Apa saja pusaka-pusaka itu? Yasakani no Magatama, Yata no Kagami, dan Kusanagi no Tsurugi. Para fans berat Naruto pasti tidak asing lagi dengan namanya.

Fakta Hubungan Jutsu Itachi dan Imperial Regalia Jepang: Ini Bukti Kalau Itachi Ninja Terbaik di Naruto! Sumber: Wikipedia[/caption]

Menurut legenda, ketiga pusaka tersebut diturunkan ke bumi oleh Ninigi no Mikoto, keturunan langsung dari dewi matahari Amaterasu. Pusaka-pusaka itu kemudian beralih tangan pada Kaisar Jimmu yang juga adalah keturunan dari dewi Ninigi. Saat itulah kemudian ketiga pusaka menjadi simbol suci kaisar sebagai keturunan dewi Amaterasu.

[read_more link="https://www.duniaku.net/2017/03/18/itachi-uchiha-vs-jiraiya-mode-sage/" title="Ini Bukti Kalau Itachi Bakal Mampu Mengalahkan Jiraiya"]

Sejak tahun 690, pergelaran pusaka-pusaka ini adalah elemen utama yang sangat sakral bagi upacara naik takhta kerajaan oleh kaisar dan beberapa pendeta. Upacara ini bersifat pribadi dan tak ada yang boleh melihatnya, karena itulah tak ada foto atau lukisan yang jelas tentang pusaka-pusaka itu.

Dua dari pusaka itu terakhir kali terlihat dalam upacara kenaikan takhta Kaisar Akihito di tahun 1989 dan 1993, namun itu pun sembari terselubung kelambu. Begitu pentingnya ketiga Imperial Regalia ini, hingga pada tanggal 25 dan 31 Juli 1945 di akhir Perang Dunia 2, Kaisar Hirohito memerintahkan Koichi Kido, penjaga utama segel rahasia Jepang, untuk menjaganya dari tangan asing bagaimanapun caranya walau taruhannya nyawa.


Lalu bagaimana pusaka-pusaka tersebut berhubungan dengan jutsu Itachi Uchiha? Mari kita bahas di halaman berikutnya!

Yasakani no Magatama

Fakta Hubungan Jutsu Itachi dan Imperial Regalia Jepang: Ini Bukti Kalau Itachi Ninja Terbaik di Naruto!Yasakani no Magatama atau giok Yasakani adalah jutsu Itachi Uchiha yang dapat dipakainya saat menggunakan Susanoo. Yasakani no Magatama berupa beberapa giok raksasa yang menyerupai shuriken dan dapat dimanipulasi sesuai kehendak pengguna.

Jutsu ini bisa dilempar layaknya shuriken atau dipasang melingkari Susanoo pengguna dan akhirnya melepaskan diri sebagai tembakan sendiri-sendiri dan meledak saat mengenai target. Itachi mengakui bahwa ini adalah serangan jarak jauh terbaik miliknya.

[duniaku_baca_juga]

Dalam legenda, Yasakani no Magatama digunakan untuk membujuk dewi Amaterasu untuk keluar dari persembunyiannya di dalam gua sebagai tanda protes atas kekacauan yang dibuat saudaranya Susanoo.

Fakta Hubungan Jutsu Itachi dan Imperial Regalia Jepang: Ini Bukti Kalau Itachi Ninja Terbaik di Naruto! Sumber: Wikipedia[/caption]

Para dewa dari langit harus berusaha sekuat tenaga untuk membujuknya agar matahari, yang dikontrol oleh dewi Amaterasu sendiri, dapat bersinar kembali dan menyelamatkan Jepang. Yasakani no Magatama merepresentasikan kebajikan dan menyimbolkan Bulan.

Banyak yang percaya bahwa hanya tinggal giok Yasakani yang masih utuh hingga sekarang, dan pusaka lainnya hanya tiruan atau sudah rusak. Namun hal ini tak bisa dikonfirmasi dan kebenarannya diragukan. Giok Yasakani disebutkan berada di Kashiko-dokoro, kuil pusat dari tiga kuil utama penjaga Imperial Regalia, di mana upacara kenaikan tahta kaisar dilaksanakan.

Yata no Kagami

Fakta Hubungan Jutsu Itachi dan Imperial Regalia Jepang: Ini Bukti Kalau Itachi Ninja Terbaik di Naruto!

Yata no Kagami atau cermin Yata merupakan tameng energi milik Itachi saat dia menggunakan Susanoo. Tameng itu bisa menyerap semua serangan bahkan berganti-ganti elemen mengikuti serangan yang mengenainya, baik serangan fisik maupun serangan magis.

Tameng itu teramat kuat bahkan Zetsu hitam sendiri mengatakan bahwa Itachi tak terkalahkan saat memakai Yata no Kagami dan Totsuka no Tsurugi.

[duniaku_adsense]

Dalam legenda sendiri Yata no Kagami digunakan untuk memancing Amaterasu no Okami untuk keluar dari persembunyiannya bersama dengan Yasakani no Magatama. Saat melihat pantulan dalam cermin Yata, Amaterasu begitu terkejut hingga memberi waktu para dewa untuk mengeluarkannya dari persembunyian. Yata no Kagami merepresentasikan kebijaksanaan dan menyimbolkan matahari.

Fakta Hubungan Jutsu Itachi dan Imperial Regalia Jepang: Ini Bukti Kalau Itachi Ninja Terbaik di Naruto! Sumber: Wikipedia[/caption]

Yata no Kagami dirumorkan berada di Kuil dalam Ise, yang didedikasikan pada dewi Amaterasu dan dikatakan berasal dari tahun 4 Sebelum Masehi. Ini adalah salah satu tempat tersuci di Jepang. Kuil dalam tertutup bagi umum dan dikelilingi pagar tinggi hingga hanya atapnya yang bisa terlihat. Cermin ini sangat dilindungi hingga para Tetua pendeta di kuil hanya berasal dari keluarga kerajaan.


Untuk pembahasan pusaka Kusanagi, klik halaman selanjutnya ya!

Kusanagi/Totsuka no Tsurugi

Fakta Hubungan Jutsu Itachi dan Imperial Regalia Jepang: Ini Bukti Kalau Itachi Ninja Terbaik di Naruto! Sekali tebas, si severus snape, eh, Orochimaru aja langsung kelonjotan.[/caption]

Kusanagi no Tsurugi atau pedang Kusanagi adalah pedang legenda milik Susanoo no Okami. Dalam Naruto, Itachi Uchiha memiliki Totsuka no Tsurugi yang merupakan varian dari pedang Kusanagi dan muncul dari guci kecil yang dipegang Susasoo-nya.

Pedang itu sangat kuat hingga dapat meratakan gunung sekali tebas dan menyegel Orochimaru yang muncul dari segel kutukan Sasuke. Dikatakan Orochimaru mencari Totsuka no Tsurugi sepanjang hidupnya dan tak pernah ditemukan. Ternyata senjata itu ada di tangan Itachi.

Fakta Hubungan Jutsu Itachi dan Imperial Regalia Jepang: Ini Bukti Kalau Itachi Ninja Terbaik di Naruto! Sumber: Wikipedia[/caption]

Dalam legendanya, Kusanagi no Tsurugi adalah pedang yang diambil dari mayat ular raksasa berkepala delapan, Yamata no Orochi oleh dewa Susanoo (lihat kesamaannya?) dan dihadiahkan pada Amaterasu sebagai permohonan maaf lantaran telah mengamuk dan merusak dunia.

[duniaku_adsense]

Totsuka no Tsurugi sendiri adalah pedang milik Izanagi no Okami yang digunakannya untuk menebas Kagutsuchi saat dia bersedih dan kalap karena istrinya Izanami no Okami meninggal ketika melahirkan Kagutsuchi. Pedang Totsuka juga yang Susanoo gunakan untuk mengalahkan Orochi. Kusanagi no Tsurugi merepresentasikan keberanian dan menyimbolkan bintang.

Konon, Kusanagi no Tsurugi disimpan di kuil Atsuta di Nagoya, walau tak ada yang tahu persis kebenarannya. Kuil itu dibangun 1900 tahun yang lalu menyerupai kuil besar Ise. Walau pedang pusaka itu bukan untuk pajangan, kuil Atsuta adalah salah satu kuil terpenting di Jepang yang didedikasikan untuk Amaterasu.


Imperial Regalia masing-masing merepresentasikan Dewi Matahari Amaterasu dan adalah salah satu pusaka tertua yang ada di dunia. Ketiga pusaka tersebut adalah bukti bahwa keluarga kerajaan adalah keturunan dari para dewa dan hanya mereka yang pantas dan sanggup memerintah Jepang secara sah.

Fakta Hubungan Jutsu Itachi dan Imperial Regalia Jepang: Ini Bukti Kalau Itachi Ninja Terbaik di Naruto! Sumber: Wikipedia[/caption]

Tetapi yang paling penting dari mereka representasi dewi matahari dan “hak suci” atas keturunan keluarga kerasaan yang telah mengakar di negeri matahari terbit itu selama ribuan tahun, sebuah tanda bahwa mereka adalah salah satu simbol kerajaan yang paling rahasia, misterius, dan paling dihormati di dunia.

Mengikuti logika Imperial Regalia dari legenda, Itachi Uchiha yang memiliki ketiga hal tersebut, Yata no Kagami, Yasakani no Magatama, dan Totsuka no Tsurugi (varian Kusanagi no Tsurugi) memenuhi syarat menjadi keturunan keluarga kerajaan dan pada akhirnya memiliki “hak suci” untuk menjadi Kaisar Jepang yang sah.

Apakah bila takdir menghendaki, sebenarnya Itachi berpotensi menjadi Hokage? Apakah memang itu yang Masashi Kishimoto maksudkan? Kita hanya bisa menebak dan berspekulasi.

Diedit oleh Fachrul Razi


Konferensi komunitas Game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017. Info >>> http://www.gameprime.asia/pameran

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU