Jepang Punya Ai-chan, Indonesia Punya OL-chan: Office Lady yang Luar Biasa

Office Lady yang satu ini membuat heboh jagat ilustrator Indonesia. Ia punya pesona yang mampu bersaing dengan Ai-chan dari Getsuyoubi no Tawawa. Siapakah ia? Namanya adalah OL-chan!

Jepang Punya Ai-chan, Indonesia Punya OL-chan: Office Lady yang Luar Biasa

Jepang Punya Ai-chan, Indonesia Punya OL-chan: Office Lady yang Luar Biasa Ai-Chan dari Getsuyoubi no Tawawa[/caption]

Pada Senin pagi yang sibuk, ada seorang siswi SMA berdiri di sudut Commuter Line penuh sesak di Jepang. Di saat yang sama, ada seorang Office Lady yang sedang naik Busway menuju kantornya.

[duniaku_baca_juga]

Ai-Chan di Hari Senin

Ai-Chan adalah seorang siswi SMA yang menarik perhatian netizen berkat kemunculannya di Getsuyoubi no Tawawa, komik bisu buatan Himura Kiseki yang juga dianimasikan. Gaya rambut yang unik dan postur tubuhnya yang luar biasa sukses mendapat lirikan dari berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Tak bisa dipungkiri bahwa Ai-Chan dan Getsuyoubi no Tawawa berhasil menjadi sebuah fenomena di kalangan penggemar pop culture, terutama bagi mereka para fans animanga.

Jepang Punya Ai-chan, Indonesia Punya OL-chan: Office Lady yang Luar Biasa Sumber: Twitter Himura Kiseki[/caption]

Ai-Chan sendiri sempat menjadi trendsetter di jagat medsos. Bagi kalian yang aktif di twitter dan Instagram mungkin pernah familiar dengan #TawawaChallenge, dimana para perempuan Jepang ditantang untuk (Hati-hati link tidak aman) menaruh smartphone mereka di atas dada dan tidak jatuh seperti ini.

Dan sampai sekarang Ai-chan masih populer di kalangan netizen dengan terus berlanjutnya Getsuyoubi no Tawawa.

[duniaku_adsense]

Adakah Perempuan Yang Mampu Bersaing dengan Ai-Chan?

Kontributor Duniaku.net menemukan seorang Office Lady yang memiliki pesona tidak kalah hebatnya dan mampu bersaing dengan Ai-chan.

Jepang Punya Ai-chan, Indonesia Punya OL-chan: Office Lady yang Luar Biasa OL-Chan, courtesy of Maggot666[/caption]

Kenalkan OL-Chan, personifikasi sosok wanita kantoran yang dibuat seorang ilustrator dengan pen name Maggot666. Akhir-akhir ini OL-Chan menjadi fenomena hangat di media sosial, terutama di lingkar ilustrator Indonesia. Bahkan ilustrator sekaliber Karisma Jati terpengaruh fenomena OL-chan ini.

Jepang Punya Ai-chan, Indonesia Punya OL-chan: Office Lady yang Luar Biasa Sumber: Instagram Karisma Jati, dengan sedikit penyuntingan[/caption]

Bagi kalian penggemar pop culture Jepang pasti tidak asing dengan Hews dengan gambar-gambarnya yang berani. Hews pun ikut kena demam akibat pesona OL-Chan.

Jepang Punya Ai-chan, Indonesia Punya OL-chan: Office Lady yang Luar Biasa Sumber: Hews, dengan sedikit penyuntingan[/caption]

Berbekal rasa penasaran dan keinginan untuk mengetahui lebih jauh tentang OL-chan yang membuat para ilustrator Indonesia kena demam, kontributor Duniaku.net menemui rekan kerjailustrator OL-Chan untuk diwawancarai.


 

Ingin tahu hasil wawancara Duniaku.net dengan Maggot666 tentang OL-chan? Lihat halaman selanjutnya!

Kami Menemui Bapak dari OL-chan

Sabtu (15/7) pagi adalah kesempatan Kontributor Duniaku.net untuk wawancara dengan Ilustrator sekaligus "bapak" dari OL-chan, Maggot666. Berikut ini adalah hasil wawancara Kontributor dengan beliau dan tanggapannya mengenai fenomena yang dibuat oleh OL-chan.

[duniaku_adsense]

TLM: Kontributor Duniaku.net

MGT: Maggot666

Jepang Punya Ai-chan, Indonesia Punya OL-chan: Office Lady yang Luar Biasa Sumber: Maggot666[/caption]

[duniaku_baca_juga]

TLM: Selamat pagi mas Maggot, senang sekali saya dapat kesempatan buat wawancara sama mas.

MGT: Selamat pagi. Senang bisa ikut dalam wawancara

TLM: Kita mulai dari perkenalan dulu kali ya, biar pembaca kenal juga sama masnya hehehe.

MGT: Hehe boleh mas. Saya biasa dipanggil Norman... pen name Maggot666 kalau di dunia maya, mungkin ada yang tahu ada yang enggak. Kalau kerja sih nggak ada hubungannya sama gambar, toh aslinya IT Developer, hahaha.

TLM: Oh, jadi mas bukan ilustrator ya?

MGT: Dari kecil suka corat-coret, jadi hobi, tapi baru diseriusin circa 2014. So tetep jadi hobi tapi hobi yang serius.

TLM: Wah begitu toh. Ngomong-ngomong kenapa pakai nama Maggot666? Saya kira masnya ini pemain band metal kalo lihat namanya hehehe.

MGT: Oh, simpel aja, karena sejak SMP paling suka band Slipknot dan maggot is how they call their fan. Kebawa jadi penname. Selain itu juga agar tetap aware dan selalu mawas diri.

TLM: Dasyat sekali mas. Oke deh, langsung aja ke topik utamanya ya. Mas kan dikenal karena gambaran OL-Chan nih, jadi saya tanya beberapa hal soal mba OL ya.

MGT: Lets hear it.

TLM: Kita udah tau ya kalau OL-Chan yang mas buat akhir-akhir ini mulai trending di medsos. Reaksi mas pas tahu mbak OL ini jadi fenomena gimana?

MGT: Surprised, udah pasti. Soalnya kukira nggak banyak yang suka mbak-mbak kantoran, ternyata lumayan juga.

Jepang Punya Ai-chan, Indonesia Punya OL-chan: Office Lady yang Luar Biasa Sumber: Maggot666[/caption]

TLM: Kalau boleh tahu OL-Chan ini kapan lahirnya? Maksud saya sih pertama kali bikin karakternya. Tapi kalau mau bocorin tanggal lahirnya juga boleh kok, hehehe.

MGT: TTL-nya ndak boleh dulu~

MGT: Tapi sebentar, kalau nggak salah saya cek tepat kemarin 1 tahun lalu... berawal dari doodle-an biasa. Saya sendiri baru sadar.

TLM: Oh jadi awalnya iseng gitu ya mas?

MGT: Sketching doodle biasa, gitu. Terus saya suka, jadi saya gambar terus.

TLM: Ada inspirasi tertentu yang bikin mas jadi ngegambar OL-chan?

MGT: Iya. Satu karena saya liat office lady dresses are gorgeous. Skirt yang ketat ditambah baju kemeja dan blazer itu kelihatan elegan. Kedua I’m a big fan of short hairs. Setelah nge-doodle desain doi pertama kali, I was like... "Eh lucu juga!” Lalu saya tertarik buat meneruskan, bikin ceritanya, komiknya dan lain-lain. She got her own story in the end.

TLM: Ngomong-ngomong, ada beberapa netizen yang berpendapat OL-Chan itu mirip-mirip sama Ai-chan yang di Getsuyoubi no Tawawa. Gimana pendapat mas soal hal itu?

MGT: Haha dari pada yang Ai-chan, lebih ke yang mbak kantoran itu. Ya I don’t mind at all, karena jujur I'm a really big fan of Himura's works. Dia tahu cara membuat cerita pendek dengan satu halaman nggak pake dialog. So I drag some ideas from it, making my own universe.

TLM: Oh, oke-oke. Ngomong-ngomong, namanya karakter cewek, kadang-kadang... *ehem* suka ada aja gambar yang macam-macam. Mas rela nggak kalau mba OL-Chan digambar sama orang lain? Apalagi digambar yang seperti *ehem* begitu.

MGT: Kalau saya tipe orang yang chill. Maksudnya, saya nggak ngelarang delusi imajinasi dan idenya orang lain. Dari sekian banyak fanart yang saya terima, malah saya sangat berterima kasih. Saya suka semuanya.

TLM: Wah luar biasa mas, fanart juga sebagai bentuk apresiasi juga terhadap OL-chan ya. Ngomong-ngomong OL-Chan ini punya nama? Jadi penasaran juga nih hehe.

MGT: Oh iya tentu aja ada. Tapi ga saya reveal dulu, rencana nanti via komik/gambarnya aja. Hahaha.

Jepang Punya Ai-chan, Indonesia Punya OL-chan: Office Lady yang Luar Biasa Sumber: Maggot666[/caption]

TLM: Jadi rencana ke depannya buat OL-Chan ini bakal dikomikin? Apa jangan-jangan bakal difilmkan?

MGT: Komik stripnya kan sudah jalan. Kehidupan dia di kantor beserta kolega2nya. Belum banyak memang, but its ongoing. Kalau film mah… kejauhan, mas. Hahaha.

TLM: Hehehe, kan siapa tau gitu mas. Kalau misalnya beneran jadi film, kira-kira yang paling cocok dan paling mirip buat jadi OL-chan siapa nih?

MGT: OK that’s a tough question… Beneran ga kepikiran, haha. I have no one in mind, hahaha.

TLM: Yang tipe-tipe OL-chan memang langka sih ya, jadi susah juga. Tapi kalau misalnya OL-chan jadi tren di dunia Cosplay Indonesia gimana tuh mas?

MGT: Masalahnya saya ngga terlalu hapal aktris indonesia, walau sempat kepikiran satu orang sih hahaha. Kalau di-cosplaykan, ini OL-chan sebenernya gampang banget. Toh setelan office lady pada umumnya. Cuma rambut dan warna matanya yg kudu sama, hahaha.

TLM: Satu orang? Siapa tuh kalau boleh tahu?

MGT: Kalau sering nonton iklan, itu mbak Tara Basro rambutnya agak mirip. >:)

Jepang Punya Ai-chan, Indonesia Punya OL-chan: Office Lady yang Luar Biasa Sumber: Maggot666[/caption]

TLM: Waduh nanti jadi salah fokus dong hehehehe. Buat penutup nih mas, kalau nanti mau kepoin info soal OL-chan nanti harus ke mana yah?

MGT: Kepoin si mbak kantoran bisa cek page Facebook saya di Maggot666, atau Instagram saya @normanpratama

TLM: Kalau kepoin masnya boleh nggak?

MGT: Boleh aja mas tapi tidak janji menarik bahaha.

TLM: Waduh mas bisa aja. Hehehehe. Berhubung pertanyaannya udah habis kayaknya saya tutup wawancaranya. Makasih banyak atas waktunya ya mas. Sukses selalu dan salam dasyat!

MGT: Salam dasyat dan salam metal ! \m/


Bagi yang penasaran dengan OL-chan maupun Maggot666, dapat mengikuti tautan berikut.

(PERINGATAN: Gambar sugestif dan Not Safe For Work/tidak aman)

Instagram: @normanpratama

Diedit oleh Fachrul Razi


 

Konferensi komunitas Game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017. Info: http://www.gameprime.asia

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU