Pembahasan Boruto Episode 16: Upaya Denki untuk Naik Kelas

Boruto episode 16 hanya filler yang memperdalam karakter Denki dan Iwabe. Namun tetap ada yang menarik, seperti penampilan singkat Rock Lee!

Baca Juga

Pembahasan Boruto episode 16 ini jelas akan membahas hal-hal menarik di dalam tayangannya. Jadi kalau kamu tidak mau terkena spoiler, maka melanjutkan membaca ulasan ini berpotensi mengganggu kenikmatanmu menonton. Disarankan kamu menyaksikan episodenya dulu sebelum melanjutkan.

Kalau kamu memang sudah menonton dan ingin memastikan tidak terlewat hal-hal menarik, atau tidak keberatan dengan spoiler, lanjut saja simak pembahasan di bawah ini!

SPOILER ALERT!!!

1

Balada Denki dan Iwabe

Boruto episode 16 menyorot dua sahabat Boruto: Denki dan Iwabe. Ternyata keduanya sama-sama terancam tidak naik kelas, namun karena alasan berbeda.

Pembahasan Boruto Episode 15: Bagaimanakah Nasib Sumire Setelah Misteri Nue Berakhir?

Boruto episode 15 memperlihatkan beberapa hal menarik. Contohnya adalah nasib Sumire, tokoh baru yang mencuri perhatian, dan... ancaman baru mengincar Konoha?
Baca Juga

Iwabe adalah salah satu murid Akademi dengan kemampuan ninjutsu terhebat. Dia mampu menggunakan chakra bagai seorang shinobi senior. Tapi, otaknya tidak mampu menerima ilmu pelajaran.

Lain dengan Denki. Dia adalah salah satu murid tercerdas, namun ninjutsu-nya kurang bisa diandalkan. Dia bahkan tidak bisa menapak di tembok, yang bisa dilakukan Boruto dan kawan-kawan tanpa perlu berpikir.

Kalau kamu belum tahu, era shinobi di Boruto sudah beda dari era Naruto. Shinobi di era ini diwajibkan untuk cerdas otaknya dan juga jago ninjutsu, tidak hanya murni jago ninjutsu. Mungkin karena setelah kemenangan Naruto dari Kaguya, dunia menjadi cukup damai.

Dengan kata lain, kalau Naruto harus belajar di era ini, bisa jadi dia akan tidak naik kelas seperti Iwabe.

2

Penampilan Rock Lee

Boruto episode 16 - Rock Lee

Bukan, orang di atas bukan Might Guy. Itu adalah Rock Lee, ayah dari Metal Lee.

Penampilan Rock Lee di Boruto episode 16 ini adalah untuk menolong Denki, yang hampir terjatuh karena mengikuti latihan Metal untuk memanjat tebing. (Gilanya sih, Metal melakukan ini setiap pagi sebelum berangkat sekolah. Kalau saja dia tidak begitu penggugup, Metal mungkin menjadi salah satu ninja muda terkuat di Konoha saat ini).

Pada akhirnya, Rock Lee tidak bisa membantu Denki untuk menapaki dinding. Tapi ia memberi kata-kata penyemangat, dan bahkan memberi pakaian ketat khas keluarganya. Lihat saja gambar di atas, ayah-anak mengenakan pakaian yang sama.

Kekonyolan ini jelas membuat penulis penasaran siapa sebenarnya ibu Metal dan kenapa dia bisa menolerir gaya kocak suaminya.

Penulis sempat mengira kalau istri Rock Lee akan diungkap juga di Boruto episode 16 ini. Tapi ternyata tidak, kita hanya melihat kekonyolan bapak anak saja.

3

Otot dan Otak Saling Membantu

Boruto, Shikadai, dan yang lain tidak bisa membantu Denki. Sepertinya ninjutsu begitu mengaliri mereka, hingga dari cara mereka memberi tips ke Denki, mereka juga kurang paham bagaimana mereka bisa menggunakan skill seperti melangkah di dinding. Mereka pokoknya bisa melakukannya.

Mitsuki sepertinya lebih paham, tapi penjelasannya terlalu canggih dan hanya berujung membuat Denki bingung.

Dari sisi otak, Boruto juga tidak bisa membantu Iwabe. Pada akhirnya, Iwabe yang jago di otot dan Denki yang jago di otak membutuhkan satu sama lain.

Awalnya Denki sempat segan meminta bantuan ke Iwabe karena tak sengaja menghinanya di awal episode. Namun terungkap kemudian kalau dia tidak tersinggung. Dia justru memahami sakitnya ditinggal teman naik kelas, dan tidak ingin Denki merasakan hal yang sama.

Ternyata keduanya lalu menunjukkan masing-masing memiliki bakat jadi pengajar. Iwabe mampu memberi penjelasan yang sederhana dan mudah dipahami Denki. Di sisi lain, Denki juga mampu membuat Iwabe belajar dengan menyarankan Iwabe membaca sambil mengerahkan chakra.


 

Jadi, apakah Denki dan Iwabe lulus? Ataukah mereka sama-sama tidak naik kelas? Cek lanjutannya di halaman kedua!

1
2

SHARE
Previous articleDemian Kembali Muncul di America’s Got Talent! Yuk, Kita Tonton Aksi Demian yang Lebih Keren Ini!
Next articleBenarkah Street Fighter EX Dilanjutkan? Segera Cek Trailer Ini!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.