11 Fakta Christopher Nolan, Sutradara Film yang Tidak Punya Email!

Nah bagi kamu yang menyukai karya-karya dari sutradara satu ini, simak lebih jauh deretan fakta Christopher Nolan berikut.

11 Fakta Christopher Nolan, Sutradara Film yang Tidak Punya Email!

Ngaku pecinta film yang disutradarai Christopher Nolan? Jangan sampai gak tahu deretan fakta Christopher Nolan berikut ini.

Christopher Nolan dikenal sebagai sutaradara yang selalu sukses menelurkan karya-karya luar biasa. Lewat premis cerita yang menarik, ditambah plot twist yang khas, membuat film-film Nolan selalu menjadi favorit para penggemar film.

Sebut saja seperti trilogi Batman, Inception, Interstellar, Dunkirk dan yang bakal dirilis yakni Oppenheimer. Nah bagi kamu yang menyukai karya-karya dari sutradara berusia 52 tahun ini, ada baiknya ketahui lebih jauh deretan fakta Christopher Nolan berikut ini!

1. Christopher Nolan tidak memiliki e-Mail

11 Fakta Christopher Nolan, Sutradara Film yang Tidak Punya Email!dok. Rotten Tomatoes

Meski filmnya kerap menampilkan hal-hal canggih dan futuristis, namun Christopher Nolan nampaknya kurang begitu tertarik mengikuti perkembangan teknologi yang melajut pesat belakangan ini. Bahkan Nolan sendiri tidak memiliki telepon seluler maupun e-mail. "Oke, saya tidak pernah menggunakan e-mail karena saya merasa itu tidak membantu pekerjaan saya. Saya tidak bisa diganggu dengan hal seperti itu," ungkap Nolan seperti dilansir dari The Hollywood Reporter. Melihat fakta di atas, menghubungi sutradara yang satu ini tampaknya akan sulit.

2. Memakai pakaian yang sama

11 Fakta Christopher Nolan, Sutradara Film yang Tidak Punya Email!dok. Esquire

Christopher Nolan memiliki kesamaan dengan orang-orang yang sukses di dunia digital seperti Steve Jobs atau Mark Zuckenberg: sutradara kelahiran 30 Juli 1970 ini terlihat kerap memakai pakaian yang sama. Ketika memasuki periode dengan cuaca hangat, Nolan biasanya mengenakan busana jas hitam kombinasi kemeja berwarna biru.

Pada musim dingin, ia memadukannya dengan rompi herringbone. Nolan punya alasan sederhana mengapa ia selalu memakai pakaian yang itu-itu saja. "Sungguh melelahkan untuk memilih pakaian yang akan dipakai setiap hari," ujarnya kepada Times Magazine.

3. Nolan tidak menyukai penggunaan teknologi CGI

11 Fakta Christopher Nolan, Sutradara Film yang Tidak Punya Email!dok. Vulture

Fakta Christopher Nolan selanjutnya berhubungan dengan karya-karya yang telah dihasilkan. Nolan dikenal lewat film-film dengan efek luar biasa dan twist yang membuat penonton terperangah. Dari semua film suksesnya, Nolan sangat jarang menggunakan efek CGI. Bahkan Nolan tidak menyukai jika filmnya banyak mendapat bantuan teknologi yang sudah lumrah di dunia perfilman itu. Ia lebih memilih syuting langsung ditempat aslinya ketimbang menggunakan CGI.

Contoh terakhirnya adalah film Dunkirk. Dunkirk merupakan sebuah kota kecil di Prancis yang menjadi saksi dari peristiwa kelam evakuasi terhadap lebih dari 300.000 tentara gabungan dari Belgia, Inggris, Kanada, dan Prancis yang terjebak saat tentara Jerman menyerbu pada Perang Dunia II. Demi menjaga keaslian dari sejarah tersebut, Nolan pun syuting di Dunkirk langsung. Padahal, biaya aktor serta ongkos memboyong kru dan peralatan syuting dari Amerika ke Dunkirk tidak mungkin murah. Karenanya untuk urusan seperti ini sutradara film biasanya antara syuting di lokasi mirip-mirip namun lebih mudah dijangkau atau sekalian di studio.

4. Pesan tersembunyi di Film Inception

11 Fakta Christopher Nolan, Sutradara Film yang Tidak Punya Email!dok. IndieWire

Nolan kerap menyisipkan pesan-pesan tersembunyi di dalam filmnya. Salah satu contohnya ada dalam film Inception. Jika kamu perhatikan, ada enam karakter utama dalam film tersebut yaitu Dom Cobb, Robert Fischer, Eames, Arthur, Mal, Saito. Lalu, jika kamu ambil huruf pertama dari setiap karakter akan membentuk kata "DREAMS".

Ya, Inception merupakan film Christopher Nolan yang mengisahkan seputar perjalanan dari satu mimpi ke mimpi yang lain. Bahkan nama karakternya pun dibentuk untuk menciptakan kata mimpi.

5. Pendapatan Film

11 Fakta Christopher Nolan, Sutradara Film yang Tidak Punya Email!dok. The Independent

Christopher Nolan merupakan sutradara kedua setelah James Cameron yang mampu menorehkan rekor membuat dua film laris dengan pendapatan melebihi 1 miliar dolar AS (The Dark Knight dan The Dark Knight Rises). Namun Nolan menjadi yang pertama karena kedua filmnya tersebut berformat 2D, berbeda dengan film karya James Cameron yang menggunakan format 3D (Avatar dan Titanic).

6. Christopher Nolan belum pernah memenangkan Oscar

11 Fakta Christopher Nolan, Sutradara Film yang Tidak Punya Email!dok. Syfy

Fakta Christopher Nolan selanjutnya mungkin sedikit mengejutkan. Pasalnya, meski disebut-sebut sebagai sutradara terbaik hingga saat ini, namun pria yang memulai debut sutradara pada tahun 1998 ini belum pernah memenangkan penghargaan Piala Oscar dalam kategori Sutradara Terbaik. Nolan baru sebatas masuk sebagai nominasi di ajang Academy Award lewat film Memento dan Inception.

7. Buta Warna dan Bertangan Kidal

11 Fakta Christopher Nolan, Sutradara Film yang Tidak Punya Email!dok. YM Cinema

Fakta Christopher Nolan ini mungkin banyak yang belum tahu. Selain bertangan kidal, Nolan merupakan penderita buta warna, sehingga ia sulit membedakan warna merah dengan warna hijau. Namun kondisi teresebut tak membuat Nolan berkecil hati. Buktinya ia mampu membuktikan diri sebagai sutradara terbaik Hollywood yang berhasil menciptakan film-film berkualitas. Malah Nolan juga menjadi inspirasi bagi orang-orang yang menderita penyakit buta warna untuk terus berkarya.

8. Tidak memiliki Smartphone

11 Fakta Christopher Nolan, Sutradara Film yang Tidak Punya Email!dok. Variety

Christopher Nolan bahkan tidak pernah menggunakan smartphone dalam aktivitasnya sehari-hari. Hal ini terjadi karena Nolan tidak ingin mendapatkan banyak distraksi saat ia mengerjakan film-filmnya. Ia mempercayakan email nya kepada asistennya.

9. Menulis skrip Film di komputer tanpa Internet

11 Fakta Christopher Nolan, Sutradara Film yang Tidak Punya Email!dok. IndieWire

Christopher Nolan juga menulis skrip filmnya melalui komputer yang tidak memiliki koneksi internet. Ia juga menganggap hal ini dapat menjadi distraksi baginya, layaknya smartphone.

10. Terbang ke Irlandia untuk mengantar skrip Oppenheimer langsung ke Cillian Murphy

11 Fakta Christopher Nolan, Sutradara Film yang Tidak Punya Email!dok. Syncopy Inc/Oppenheimer

Christopher Nolan memang lebih memilih menggunakan cara old school ketimbang cara modern. Bahkan, ia terbang langsung ke Irlandia untuk mengantar skrip film Oppenheimer kepada Cillian Murphy. Tidak hanya itu, dia bahkan menunggu Cillian Murphy selesai membaca skrip tersebut.

11. Selalu menggunakan kamera IMAX 70mm

11 Fakta Christopher Nolan, Sutradara Film yang Tidak Punya Email!dok. IMAX

Christopher Nolan juga menggunakan kamera yang sama di film-filmnya. Ia mulai menggunakan kamera IMAX 70mm sejak film Batman: The Dark Knight.

Secara keseluruhan, sepertinya Christoper Nolan adalah sutradara yang gaya berpikirnya kuno (kamu bisa lihat dari fakta ia tidak mau memiliki e-mail dan tidak suka menggunakan CGI).

Tapi keeksentrikan itu sama sekali tak menghambatnya untuk berkarya. Apa kamu tahu fakta Christopher Nolan lainnya? Jangan sungkan untuk utarakan pendapatmu di kolom komentar yaa!

Baca Juga: 11 Film Christopher Nolan Terbaik, Ada Batman!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU