5 Film yang Diadaptasi dari Buku Ini Gagal Memenuhi Ekspektasi

Tak selamanya film yang diadaptasi dari buku best seller akan otomatis sukses. Ada sejumlah film adaptasi yang justru dicerca kualitasnya. Apa saja film-film itu?

5 Film yang Diadaptasi dari Buku Ini Gagal Memenuhi Ekspektasi

5 Film yang Diadaptasi dari Buku Ini Gagal Memenuhi Ekspektasi

Mengangkat novel best seller menjadi film layar lebar bukan lagi hal aneh di era perfilman modern. Dengan harapan mengulang keberhasilan novelnya, para sineas tertarik mengadaptasi kata-kata menjadi visual memukau.

[duniaku_baca_juga]

Namun tak selamanya film yang diadaptasi dari buku best seller akan otomatis sukses. Beberapa film ini membuktikan jika film adapatasi novel tak selalu berjaya seperti Harry Potter atau Hunger Games. Apa saja film-film itu?

[page_break no="1" title="The Da Vinci Code"]

[duniaku_adsense]

Contoh film yang diadaptasi dari buku namun gagal sukses ya The Da Vinci Code. Jika berbicara novelnya, mungkin semuanya setuju jika The Da Vinci Code merupakan karya masterpiece dari seorang Dan Brown. Terlepas dari beragam fakta di dalam cerita yang masih menimbulkan banyak perdebatan, namun The Da Vinci Code sukses menyihir para penggemar novel lewat teori-teori konspirasi.

Sayangnya, hal tersebut kurang begitu terlihat dalam adaptasi filmnya. Dikerjakan oleh sutradara Ron Howard dan dibintangi Tom Hanks, film yang dirilis tahun 2006 ini gagal memenuhi ekspektasi penggemar novelnya. Bahkan beberapa kritikus film tak segan memberikan nilai rendah kepada film The Da Vinci Code.

[page_break no="2" title="Eragon"]

Digadang-gadang sebagai saingan film maha keren Lord of the Rings, film Eragon yang modalnya mahal ini justru membuat seluruh penggemar novelnya kecewa.

Diadaptasi dari novel dengan judul sama karya Christopher Paolini, film Eragon banyak meninggalkan kritikan tajam dari pengamat film. Salah satu faktor yang membuat film ini memiliki kualitas jauh ketimbang novelnya adalah banyaknya karakter atau adegan penting yang terdapat dalam buku, dihilangkan di filmnya.

[page_break no="3" title="The Host"]

The Host merupakan novel fiksi ilmiah karya Stephenie Meyer. Buku ini mengisahkan pertarungan mahkluk asing yang bernama Jiwa, yang ingin menguasai bumi. Pertarungan Jiwa dan bangsa manusia pun menjadi premis menarik yang akan membuat pembaca betah mengikuti alur ceritanya.

Dirilis pada tahun 2008, novel ini berhasil terjual lebih dari 750 ribu eksemplar dan telah diterjemahkan ke berbagai bahasa.

Kesuksesan novelnya membuat sutradara Andrew Niccol tertarik mengadaptasinya ke layar lebar. Dengan sederet binang seperti Saoirse Ronan, Max Irons, Jake Abel, William Hurt, dan Diane Kruger, film The Host diharapkan mampu mengulai kesuksesan novelnya.

Memakan dana mencapai 40 juta dollar Amerika, The Host hanya mampu meraup 48.227.201 dollar saat turun di kancah box office. Berbagai komentar negatif seputar perbedaan cerita yang terjadi di novel dan filmnya pun membuat The Host disebut sebagai film yang diadaptasi dari buku namun gagal bersinar.


Film adaptasi dari buku mana lagi yang dicap gagal? Cek di halaman selanjutnya!

[page_break no="4" title="New Moon"]

[duniaku_baca_juga]

New Moon merupakan seri kedua dari trilogi Twillight Saga. Dirilis pada tahun 2009, New Moon berhasil mengulang kesuksesan seri pertamanya dan berhasil terjual lebih dari 5,3 eksemplar di seluruh dunia.

Sayangnya, versi film yang disutradarai oleh Chris Weitz tidak terlalu sukses. Kritikus-kritikus yang dikumpulkan Rotten Tomatoes hanya memberikan nilai 28% saja bagi film yang dibintangi oleh Robert Pattinson dan Kristen Stewart ini.

[page_break no="5" title="The Golden Compass"]

[duniaku_adsense]

Dirilis tahun 1995, novel karya Philip Pullman ini menuai banyak penghargaan, salah satunya adalah medali Carnegie. Buku ini mengisahkan petualangan anak bernama Lyra Beacqua yang melakukan perjalanan untuk mencari sahabatnya yang hilang, Roger Parslow, dan teman-temannya yang diculik.

Ketika diangkat ke layar lebar, film The Golden Compass gagal mengulangi keberhasilan yang diraih oleh novelnya. Meski filmnya dibintangi oleh aktor terkenal sekelas Daniel Craig dan Nicole Kidman, namun belum sanggup membuat penggemar film tertarik. Hingga saat ini pun tidak ada kabar kelanjutan filmnya.

[page_break no="6" title="Percy Jackson"]

Menceritakan kombinasi kehidupan modern dengan kisah mitologi ala Yunani dengan memikat membuat novel karya Rick Riordan ini masuk sebagai salah satu novel tersukses di tahun 2005. Dengan torehan penjualan mencapai 2,7 juta ekslempar, novel Percy Jackson digelari Young Adult Lirbrary Service Association.

Namun sayangnya, adaptasi novel Percy Jackson kurang begitu diminati oleh penonton. Kritikus film pun hanya memberika nilai rendah terhadap film yang dibintangi oleh Logan Lerman dan Alexandra Daddario ini.

Buku ini lalu masih memperoleh sekuel. Tapi tampaknya hasilnya malah lebih kacau lagi, sehingga franchise Percy Jackson masih membeku, tak dilanjutkan lagi.

Mungkin saat ada yang mencoba mengadaptasi karyanya, sutradara terpilih akan mencoba menyajikan adaptasi yang lebih setia dengan materi dasarnya. Studio juga sebaiknya memiliki ekspektasi yang wajar terhadap film ini, dan tidak memaksakan mengubah gaya film hanya karena menginginkan karya blockbuster.


 

Kira-kira film yang diadaptasi dari buku mana lagi yang dicap gagal bersinar? Mungkin ada di antara kamu yang merupakan penggemar novel, dan sudah merasakan dikecewakan oleh para studio Hollywood. Coba sebutkan judul-judul film adaptasi novel yang membuatmu sebal di kolom komentar.

[read_more id="289367"]


Pameran komunitas game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017. Info >>> http://www.gameprime.asia/pameran

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU