5 Film yang Diadaptasi dari Buku Ini Gagal Memenuhi Ekspektasi

Mengangkat novel best seller menjadi film layar lebar bukan lagi hal aneh di era perfilman modern. Dengan harapan mengulang keberhasilan novelnya, para sineas tertarik mengadaptasi kata-kata menjadi visual memukau.

Namun tak selamanya film yang diadaptasi dari buku best seller akan otomatis sukses. Beberapa film ini membuktikan jika film adapatasi novel tak selalu berjaya seperti Harry Potter atau Hunger Games. Apa saja film-film itu?

1

The Da Vinci Code

Contoh film yang diadaptasi dari buku namun gagal sukses ya The Da Vinci Code. Jika berbicara novelnya, mungkin semuanya setuju jika The Da Vinci Code merupakan karya masterpiece dari seorang Dan Brown. Terlepas dari beragam fakta di dalam cerita yang masih menimbulkan banyak perdebatan, namun The Da Vinci Code sukses menyihir para penggemar novel lewat teori-teori konspirasi.

Sayangnya, hal tersebut kurang begitu terlihat dalam adaptasi filmnya. Dikerjakan oleh sutradara Ron Howard dan dibintangi Tom Hanks, film yang dirilis tahun 2006 ini gagal memenuhi ekspektasi penggemar novelnya. Bahkan beberapa kritikus film tak segan memberikan nilai rendah kepada film The Da Vinci Code.

2

Eragon

Digadang-gadang sebagai saingan film maha keren Lord of the Rings, film Eragon yang modalnya mahal ini justru membuat seluruh penggemar novelnya kecewa.

Diadaptasi dari novel dengan judul sama karya Christopher Paolini, film Eragon banyak meninggalkan kritikan tajam dari pengamat film. Salah satu faktor yang membuat film ini memiliki kualitas jauh ketimbang novelnya adalah banyaknya karakter atau adegan penting yang terdapat dalam buku, dihilangkan di filmnya.

3

The Host

The Host merupakan novel fiksi ilmiah karya Stephenie Meyer. Buku ini mengisahkan pertarungan mahkluk asing yang bernama Jiwa, yang ingin menguasai bumi. Pertarungan Jiwa dan bangsa manusia pun menjadi premis menarik yang akan membuat pembaca betah mengikuti alur ceritanya.

Dirilis pada tahun 2008, novel ini berhasil terjual lebih dari 750 ribu eksemplar dan telah diterjemahkan ke berbagai bahasa.

Kesuksesan novelnya membuat sutradara Andrew Niccol tertarik mengadaptasinya ke layar lebar. Dengan sederet binang seperti Saoirse Ronan, Max Irons, Jake Abel, William Hurt, dan Diane Kruger, film The Host diharapkan mampu mengulai kesuksesan novelnya.

Memakan dana mencapai 40 juta dollar Amerika, The Host hanya mampu meraup 48.227.201 dollar saat turun di kancah box office. Berbagai komentar negatif seputar perbedaan cerita yang terjadi di novel dan filmnya pun membuat The Host disebut sebagai film yang diadaptasi dari buku namun gagal bersinar.


Film adaptasi dari buku mana lagi yang dicap gagal? Cek di halaman selanjutnya!

1
2

SHARE
Previous articleDaftar 6 Tokoh Penjahat WWE Paling Kejam Sepanjang Masa
Next articleSelain Demian, Inilah 6 Pesulap Terbaik Indonesia yang Pantas Jadi Idola
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca