Review Final Fantasy XII The Zodiac Age: Klasik dengan Berbagai Upgrade, Lebih Baik daripada Final Fantasy Modern!

final fantasy xii the zodiac age review indonesia playstation 4
Final Fantasy XII The Zodiac Age

Final Fantasy XII menjadi Final Fantasy terbaru yang mendapatkan remaster di PlayStation 4. Seperti apakah game Final Fantasy XII The Zodiac Age? Simak saja review-nya di sini!

Sebagai seorang yang sudah memainkan game seri Final Fantasy semenjak era PlayStation pertama, saya bisa bilang bahwa Final Fantasy XII adalah salah satu game Final Fantasy favorit saya. Meski tidak memiliki adegan se-memorable adegan dalam Final Fantasy VII atau X, tetapi Final Fantasy XII memiliki banyak sekali hal-hal menarik yang saya rasa cukup anti-mainstream untuk sebuah game Final Fantasy dan RPG kebanyakan—dan hal itulah yang membuat XII menjadi game yang saya sukai.

Baca Juga

Nah, Final Fantasy XII, yang sebelumnya dirilis pada tahun 2006 untuk PlayStation 2, kini mendapatkan versi remaster untuk PlayStation 4 yang berjudul Final Fantasy XII The Zodiac Age yang tentunya mendapatkan banyak sekali peningkatan. Seperti apakah game-nya? Berikut ini adalah review untuk Final Fantasy XII The Zodiac Age!

Story

Konflik antara dua kerajaan—Dalmasca dan Archadia—menjadi plot utama dalam game ini. Diceritakan bahwa Archadia adalah kerajaan yang ambisius dan ingin menguasai area Dalmasca. Setelah konflik politik dan peperangan yang alot, akhirnya Dalmasca pun jatuh ke tangan Archadia. Para karakter dalam Final Fantasy XII pun berusaha untuk membebaskan kembali Dalmasca dari Archadia.

Tidak Ada Karakter Utama

Untuk karakternya sendiri, Final Fantasy XII The Zodiac Age sebenarnya tidak memiliki karakter utama karena menurut developer, game ini bukan hanya tentang seorang karakter. Ada Vaan, seorang anak yatim piatu yang hidup di jalanan, dan temannya, Penelo. Keduanya sebenarnya tidak memiliki alasan yang cukup kuat untuk ikut serta dalam party dan menghentikan perang. Kalian bisa mengeluarkan mereka dalam cerita dan hal tersebut tidak berpengaruh banyak pada cerita.

Lalu ada Balthier “The Leading Man”, seorang Sky Pirate dan karakter paling menarik dalam game ini, bersama dengan partner-nya, Fran, seorang Viera. Terakhir, ada Ashelia B’nargin Dalmasca atau dikenal dengan Ashe, seorang putri Dalmasca yang berusaha sebisa mungkin untuk mengembalikan kerajaannya yang telah hancur, dan juga Basch, seorang knight yang dicap sebagai pengkhianat.

Guide Final Fantasy XII: The Zodiac Age – Kombinasi Job Terbaik untuk Para Karakter!

Setiap karakter pada Final Fantasy XII: The Zodiac Age bisa memiliki dua buah job yang berbeda. Kira-kira kombinasi job terbaik apa ya yang cocok digunakan?
Baca Juga

Karakter-karakter yang unik dan menarik kecuali Vaan dan Penelo akan membuatmu betah mengikuti story dari Final Fantasy XII The Zodiac Age. Oh, dan satu lagi, kualitas dialog di dalam Final Fantasy XII The Zodiac Age bisa dibilang sangat bagus. Beberapa kalimat mungkin cukup klise, tetapi pengemasannya sangat bagus sehingga tidak membuat kalian geli mendengarkannya.

Lalu, bagaiman dengan gameplay-nya? Lanjut ke halaman 2!

1
2
3
REVIEW OVERVIEW
Final Fantasy XII The Zodiac Age
95 %

SHARE
Previous articleSebenarnya dari Mana Pemasukan Stark Industries Selama ini?
Next articleInilah Kisah Hidup Gatotkaca, Sang Hero Baru Mobile Legend
Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.