Sebenarnya dari Mana Pemasukan Stark Industries Selama ini?

Pemasukan Stark Industries

Bagaimana bisa pemasukan Stark Industries mendanai aktivitas Tony Stark dan Avengers? Apa saja sebenarnya usaha industri internasional ini?

Baca Juga

Tony Stark bisa dibilang menjadi pilar kesuksesan Stark Industries di era ini. Tony menjadi seorang miliuner berkat perusahaan yang diteruskan dari sang ayah, Howard Stark. Memangnya apa sih Stark Industries itu?

Stark Industries awalnya adalah perusahaan yang membuat berbagai macam senjata. Perusahaan ini dikembangkan oleh Howard Stark pada akhir abad ke-20. Perusahaan ini juga yang membantu Amerika dengan berbagai macam penemuan-penemuan senjata baru yang sangat canggih.

Bahkan Super Soldier Serum yang digunakan ke Captain America juga melalui campur tangan Stark Industries pada saat itu. Setelah sukses membuat berbagai macam senjata yang unik nan canggih, Howard bersama dengan partnernya, Anton Vanko, membuat sebuah energi baru yang bernama Arc Reactor.

Pemasukan Stark Industries

Sayangnya, Howard Stark harus menemui ajalnya pada tahun 1991. Dia mati di tangan Winter Soldier yang saat itu masih dikendalikan sepenuhnya oleh HYDRA. Sejak kematiannya, perusahaan ini memiliki pemilik baru, yaitu putranya sendiri, Tony Stark.

Di film Iron Man pertama, Tony diculik oleh teroris di Afghanistan. Dia berhasil kabur menggunakan Arc Reactor sederhana yang ia buat di dalam gua. Arc Reactor ini bisa membantu dirinya selamat dari kematian.

Tony Stark melihat bagaimana senjata buatannya dipakai untuk kegiatan terorisme, bahkan digunakan untuk menyakiti dirinya sendiri. Di film pertamanya, dia menghancurkan beberapa senjata-senjatanya yang berada di tangan teroris maupun pemberontok, terutama di wilayah-wilayah timur tengah.

Di akhir film, dia memastikan bahwa Stark Industries tidak akan lagi membuat dan menjual senjata. Alasan utamanya, selain karena senjata-senjata buatannya digunakan untuk tujuan kriminal, dia juga menemukan banyak senjatanya yang dijual di pasar gelap.

Pemasukan utama Stark Industries adalah penjualan senjata. Lalu jika Tony menghentikan produksi senjata, dari mana uang masuk ke tabungan Tony? Dari mana Tony membuat berbagai macam armor dan perlengkapan untuk anggota Avengers yang lain?

Sumber Pemasukan Stark Industries yang Baru

Pemasukan Stark Industries

Jawabannya adalah energi yang bersih. Tony melanjutkan keinginan ayahnya untuk membuat energi bersih untuk seluruh dunia menggunakan Arc Reactor. Untuk memuluskan rencananya, Tony merancang Arc Reactor terbaru untuk energi bersih bagi Stark Tower.

Dia memulai dari “rumah”-nya sendiri. Setelah Arc Reactor baru untuk energi sebuah bangunan itu selesai dibuat, dia mendemonstrasikannya kepada dunia. Stark Tower menjadi bangunan pertama yang menggunakan Arc Reactor dengan energi bersih, tidak menggunakan tenaga listrik negara.

Stark Industries menjual energi bersih pada dunia, memanfaatkan Arc Reactor yang digunakan oleh Tony Stark dan Iron Man. Energi bersih ini tidak menggunakan fosil, nuklir, atau sejenisnya. Keuntungan Arc Reactor sebagai energi bersih tentu karena sedikitnya bahan baku yang dibutuhkan.

Tidak hanya itu, Tony juga membiayai rancangan dan penemuan anak-anak berbakat, sehingga hal itu bisa menjadi investasi baginya kelak di masa depan.

Itulah sumber pemasukan Stark Industries di masa lalu dan di masa sekarang. Sekarang paham kan, kenapa Iron Man selalu memiliki armor terbaru, dan Tony seakan tidak pernah kehabisan uang?

Diedit oleh Fachrul Razi


Pameran komunitas Game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017. Info >>> http://www.gameprime.asia/pameran