Benarkah Street Fighter EX Dilanjutkan? Segera Cek Trailer Ini!

Street Fighter adalah salah satu game fighting yang berpengaruh di jagat video game. Street Fighter EX adalah usaha pertama Capcom untuk mewujudkan Street Fighter dalam format tiga dimensi. Benarkah judul ini kembali?


Dalam dunia video game, kesamaan genre adalah hal yang tak bisa dihindari. Street Fighter buatan Capcom yang waktu itu jadi primadona harus bersaing dengan judul lain seperti King of Fighters buatan SNK dan Guilty Gear dari Arc System Works yang tidak kalah keren.

Menuju akhir tahun 90-an, kemunculan konsol yang mendukung grafis tiga dimensi seperti PlayStation dan Nintendo 64, membuat game fighting ikut evolusi. Virtua Fighter buatan SEGA dan Tekken buatan Namco membuat terobosan dengan grafik 3D, hal yang keren, baru, dan mencuri perhatian para penikmat kelahi bohongan.

Street Fighter EX Promotional Poster
Poster Street Fighter EX

Untuk menjawab tantangan Namco dan SEGA, Capcom bekerja sama dengan Arika membuat Street Fighter EX, yang dikemas dalam format 3D, namun tetap mempertahankan akar gameplay yang 2D seperti Street Fighter II dan Street Fighter Alpha.

Ada tiga judul yang dibuat. Street Fighter EX pada tahun 1996 untuk mesin arcade dan dilepas untuk PlayStation dengan judul Street Fighter EX Plus Alpha. Dilanjutkan dengan Street Fighter EX2 pada tahun 1999 yang juga dirilis untuk PlayStation. Setelah muncul PlayStation 2, Street Fighter EX dilanjutkan dengan judul Street Fighter EX3 pada tahun 2000, khusus untuk konsol tersebut.

Street Fighter EX2 Plus Promotional Artwork
Poster Street Fighter EX2 Plus

Street Fighter EX beda dengan pendahulunya. Game hasil kerjasama dengan Arika ini mempunyai cerita yang berbeda dan tidak dianggap canon alias sampingan saja. Karena daftar petarungnya adalah setengah karakter Street Fighter dan setengahnya lagi adalah karakter orisinal Arika. Tidak ada karakter seperti Cammy, Birdie, apalagi Charlie.

Namun tak bisa dipungkiri, meski bukan bagian dari cerita utama, karakter orisinal buatan Arika tetap memberikan kesan di hati para penggemar Street Fighter.

 

Skullomania Street Fighter EX Street Fighter EX Darun Mister Street Fighter EX Garuda

Di antaranya adalah Skullomania si pembela kebenaran, pegulat India Darun Mister, dan Garuda si Samurai Setan.

Jadi ketika Street Fighter EX terhenti, hal yang paling disayangkan adalah juga menghilangnya tokoh-tokoh unik ini dari jagad game fighting.


Bagaimana kelanjutan Street Fighter EX? Seperti apa trailer barunya? Cek halaman berikutnya!

1
2

SHARE
Previous articlePembahasan Boruto Episode 16: Upaya Denki untuk Naik Kelas
Next articleKamu Bisa Seperti Saitama: Mengupas Program Latihan One Punch Man
Kontributor yang menekuni dan menikmati bidang media dan karya kreatif. Minat utama adalah Mecha, Media, dan Meme.