Guide Final Fantasy XII: The Zodiac Age – Kombinasi Job Terbaik untuk Para Karakter!

kombinasi job terbaik final fantasy xii the zodiac age

Setiap karakter pada Final Fantasy XII: The Zodiac Age bisa memiliki dua buah job yang berbeda. Kira-kira kombinasi job terbaik apa ya yang cocok digunakan?

Zodiac Job System menjadi satu fitur baru dalam Final Fantasy XII: The Zodiac Age yang membedakan game ini dengan game originalnya. Nah, jika pada kesempatan sebelumnya saya telah membahas berbagai macam job terbaik untuk para karakter dalam Final Fantasy XII: The Zodiac Age, maka pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang kombinasi job terbaik untuk para karakter tersebut.

Apa Sih Bedanya Final Fantasy XII: The Zodiac Age dengan Versi Original?

Final Fantasy XII: The Zodiac Age memiliki banyak versi baru dibandingkan versi PlayStation 2-nya. Apa sajakah itu?
Baca Juga

Bagi kamu yang belum tahu, ada 12 job yang tersedia di dalam The Zodiac Age. Ketika memainkan game ini, kamu akan diberi 6 karakter untuk mengakses job tersebut. Job pertama bisa kamu dapatkan begitu karakter yang kamu temui menjadi party. Lalu, job kedua pun bisa kamu dapatkan setelah kalian mengalahkan Belias di Tomb of King Raithwall. Dengan kata lain, setiap karakter akan memiliki 2 job yang berbeda. Masalahnya, Zodiac Job System ini cukup rumit dan kamu tidak bisa mengganti job begitu sudah memilih.

Baca Juga

Lantas, kombinasi job apa yang paling cocok untuk setiap karakter? Sebelum kita membahas tentang kombinasi job terbaik tersebut (yang mana cukup kompleks), ada baiknya kamu mengingat-ingat dulu hal penting di bawah ini (kamu bisa langsung skip ke halaman 2 untuk mengetahui kombinasi job terbaik):

Disarankan untuk Memilih 2 Job yang Saling Melengkapi

Tidak ada job yang sempurna, setiap job memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pada umumnya, kamu bakalan memilih dua job yang saling berkesinambungan untuk memaksimalkan potensi karakter yang ada, seperti: Knight dan Monk. Hal ini bukanlah hal yang salah, tetapi disarankan kamu memilih dua job yang saling menutupi kelemahan masing-masing. Contohnya saja seperti White Mage dan Monk, maka kamu akan mendapatkan seorang healer dengan HP yang cukup tebal.

Item > Job

Peran high-end item seperti Genji Glove dan Danjuro relatif sangat penting jika kamu ingin mengalahkan berbagai boss di bagian akhir game—terutama untuk mengalahkan Elite Mark. Nah, bisa diaksesnya high-end item ini juga tergantung pada job yang dipilih. Jadi, kamu mungkin ingin mempertimbangkan beberapa job kepada karakter karena itemitem seperti yang disebutkan di atas.

Break’ adalah Penyelamat Tim!

Dalam setiap seri Final Fantasy, rasanya ‘Break’ adalah salah satu skill paling berguna untuk keberlangsungan hidup tim. Dengan Break, kamu bisa melemahkan atau men-debuff serangan atau pertahanan musuh. Dalam The Zodiac Age sendiri, ada empat macam Break: Addle, Expose, Shear dan Wither. Disarankan kamu memilih job yang bisa mengakses kemampuan ini karena kamu pasti bakalan membutuhkannya untuk mengalahkan musuh-musuh superkuat nantinya.

Kamu Tidak Harus Memiliki Semua Job yang Ada

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu akan memiliki enam karakter yang masing-masing bisa mengakses 2 job. Dengan kata lain, kamu akan bisa memiliki semua job yang ada. Nah, dalam game ini, saya menyarankan bagimu untuk tidak melakukannya. Hal ini karena beberapa job bahkan tidak begitu penting untuk beberapa jenis tim yang ingin kamu bangun.

Tidak Perlu Takut untuk Bereksperimen!

Tidak ada job yang benar-benar sempurna. Setiap karakter bisa menjadi kuat dengan setting yang tepat. Meskipun begitu, tidak ada pula istilah ‘salah’ dalam pemilihan job. Jadi, meskipun artikel ini bisa dijadikan acuan, kamu tetap bisa bebas berkesperimen untuk memilih job yang ada.

Setiap Karakter Memiliki Stats yang Unik

Ya, setiap karakter memiliki stats yang unik. Hal ini menyebabkan mereka memiliki potensi yang bagus jika diberikan job tertentu. Kamu bisa membaca artikel kami sebelumnya tentang job terbaik untuk setiap karakter melalui link ini.

Guide Final Fantasy XII: The Zodiac Age – Job Terbaik untuk Setiap Karakter!

Dari 12 job yang disediakan dalam Final Fantasy XII: The Zodiac Age, kira-kira job apa yang paling cocok untuk setiap karakter? Inilah Job terbaik untuk setiap karakter FFXII!
Baca Juga

Oke, setelah mengetahui hal-hal di atas, yuk sekarang kita membahas kombinasi job terbaik yang ada di dalam game. Kamu bisa membaca kombinasi job terbaik di halaman 2!

1
2
3

SHARE
Previous articleBEKRAF: Industri Game Masuk dalam Sektor Prioritas
Next articleInilah Daftar Nominasi Game Prime Awards 2017, Penghargaan Puncak Industri Game Indonesia
Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.