Guide Final Fantasy XII: The Zodiac Age – Kombinasi Job Terbaik untuk Para Karakter!

Setiap karakter pada Final Fantasy XII: The Zodiac Age bisa memiliki dua buah job yang berbeda. Kira-kira kombinasi job terbaik apa ya yang cocok digunakan?

Guide Final Fantasy XII: The Zodiac Age – Kombinasi Job Terbaik untuk Para Karakter!

Guide Final Fantasy XII: The Zodiac Age – Kombinasi Job Terbaik untuk Para Karakter!

Setiap karakter pada Final Fantasy XII: The Zodiac Age bisa memiliki dua buah job yang berbeda. Kira-kira kombinasi job terbaik apa ya yang cocok digunakan?

Zodiac Job System menjadi satu fitur baru dalam Final Fantasy XII: The Zodiac Age yang membedakan game ini dengan game originalnya. Nah, jika pada kesempatan sebelumnya saya telah membahas berbagai macam job terbaik untuk para karakter dalam Final Fantasy XII: The Zodiac Age, maka pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang kombinasi job terbaik untuk para karakter tersebut.

[read_more id="321715"]

Bagi kamu yang belum tahu, ada 12 job yang tersedia di dalam The Zodiac Age. Ketika memainkan game ini, kamu akan diberi 6 karakter untuk mengakses job tersebut. Job pertama bisa kamu dapatkan begitu karakter yang kamu temui menjadi party. Lalu, job kedua pun bisa kamu dapatkan setelah kalian mengalahkan Belias di Tomb of King Raithwall. Dengan kata lain, setiap karakter akan memiliki 2 job yang berbeda. Masalahnya, Zodiac Job System ini cukup rumit dan kamu tidak bisa mengganti job begitu sudah memilih.

[duniaku_baca_juga]

Lantas, kombinasi job apa yang paling cocok untuk setiap karakter? Sebelum kita membahas tentang kombinasi job terbaik tersebut (yang mana cukup kompleks), ada baiknya kamu mengingat-ingat dulu hal penting di bawah ini (kamu bisa langsung skip ke halaman 2 untuk mengetahui kombinasi job terbaik):

Disarankan untuk Memilih 2 Job yang Saling Melengkapi

Tidak ada job yang sempurna, setiap job memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pada umumnya, kamu bakalan memilih dua job yang saling berkesinambungan untuk memaksimalkan potensi karakter yang ada, seperti: Knight dan Monk. Hal ini bukanlah hal yang salah, tetapi disarankan kamu memilih dua job yang saling menutupi kelemahan masing-masing. Contohnya saja seperti White Mage dan Monk, maka kamu akan mendapatkan seorang healer dengan HP yang cukup tebal.

Item > Job

Peran high-end item seperti Genji Glove dan Danjuro relatif sangat penting jika kamu ingin mengalahkan berbagai boss di bagian akhir game—terutama untuk mengalahkan Elite Mark. Nah, bisa diaksesnya high-end item ini juga tergantung pada job yang dipilih. Jadi, kamu mungkin ingin mempertimbangkan beberapa job kepada karakter karena item-item seperti yang disebutkan di atas.

Break’ adalah Penyelamat Tim!

Dalam setiap seri Final Fantasy, rasanya ‘Break’ adalah salah satu skill paling berguna untuk keberlangsungan hidup tim. Dengan Break, kamu bisa melemahkan atau men-debuff serangan atau pertahanan musuh. Dalam The Zodiac Age sendiri, ada empat macam Break: Addle, Expose, Shear dan Wither. Disarankan kamu memilih job yang bisa mengakses kemampuan ini karena kamu pasti bakalan membutuhkannya untuk mengalahkan musuh-musuh superkuat nantinya.

Kamu Tidak Harus Memiliki Semua Job yang Ada

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu akan memiliki enam karakter yang masing-masing bisa mengakses 2 job. Dengan kata lain, kamu akan bisa memiliki semua job yang ada. Nah, dalam game ini, saya menyarankan bagimu untuk tidak melakukannya. Hal ini karena beberapa job bahkan tidak begitu penting untuk beberapa jenis tim yang ingin kamu bangun.

[duniaku_adsense]

Tidak Perlu Takut untuk Bereksperimen!

Tidak ada job yang benar-benar sempurna. Setiap karakter bisa menjadi kuat dengan setting yang tepat. Meskipun begitu, tidak ada pula istilah ‘salah’ dalam pemilihan job. Jadi, meskipun artikel ini bisa dijadikan acuan, kamu tetap bisa bebas berkesperimen untuk memilih job yang ada.

Setiap Karakter Memiliki Stats yang Unik

Ya, setiap karakter memiliki stats yang unik. Hal ini menyebabkan mereka memiliki potensi yang bagus jika diberikan job tertentu. Kamu bisa membaca artikel kami sebelumnya tentang job terbaik untuk setiap karakter melalui link ini.

[read_more id="321762"]

Oke, setelah mengetahui hal-hal di atas, yuk sekarang kita membahas kombinasi job terbaik yang ada di dalam game. Kamu bisa membaca kombinasi job terbaik di halaman 2!


Kombinasi Job Terbaik – Physical Damage


Guide Final Fantasy XII: The Zodiac Age – Kombinasi Job Terbaik untuk Para Karakter!

Foebreaker + Shikari = The Fast Breaker

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Break adalah salah satu kemampuan yang cukup penting untuk melemahkan musuh. Kamu bisa mengakses 4 Break yang berbeda dengan kombinasi job ini. Selain itu, Shikari adalah job yang akan memberimu damage yang besar (hanya kalah dari Bushi dan [mungkin] Knight) dan speed terbaik. Kombinasi ini bisa memberimu DPS yang bisa melemahkan musuh dengan cepat.

Bushi + Knight = The Holy Knight

Kombinasi job ini saling melengkapi satu sama lain. Knight meski mampu memberikan physical damage yang lumayan besar, tetapi memiliki magick power dan resist yang rendah meski bisa mengakses beberapa White Magic. Bushi sendiri adalah job yang bergantung pada statistik magic meskipun merupakan job yang memberikan physical damage terbesar. Kombinasi dari keduanya akan memberimu karakter yang seimbang baik dalam fisik maupun magic.

Bushi + Monk = The Last Samurai

Sebelumnya, saya sebutkan bahwa Bushi merupakan job yang mampu memberikan physical damage terbesar. Hal ini dikarenakan senjata utama Bushi, Katana, memiliki damage modifier yang sangat brutal. Meskipun begitu, Bushi cukup lemah untuk meningkatkan strength karakter. Nah, kelemahan ini bisa kamu tutupi dengan Monk yang memiliki strength terbaik. Dengan kombinasi keduanya, bisa jadi ini merupakan kombinasi job terbaik untuk memberikan damage terbesar dalam Final Fantasy XII: The Zodiac Age.

Shikari + Bushi = The Elite Hunter

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Shikari adalah job yang akan memberimu speed yang besar. Nah, kombinasikan job ini dengan Bushi, maka kamu akan memiliki seorang DPS yang luar biasa. Kombinasi job ini berguna untuk melawan boss dan superboss (elite mark) yang memiliki HP tebal.

[duniaku_baca_juga]

[duniaku_adsense]


Kombinasi Job Terbaik – Magical Damage


Guide Final Fantasy XII: The Zodiac Age – Kombinasi Job Terbaik untuk Para Karakter!

Black Mage + Red Battlemage = The Elemental Master

Jika membicarakan tentang Magical Damage, tentu Black Mage adalah yang utama. Dengan menjadi Black Mage, kamu akan mendapatkan akses menuju weapon dan armor terbaik untuk seorang Mage. Red Battlemage sendiri memiliki banyak sekali tipe magic yang bisa dipakai. Belum lagi, job ini memiliki akses menuju serangan magick terkuat di dalam game seperti Ardor. Kombinasikan kedua job ini, maka kamu akan mendapatkan seorang party yang mampu mengakses hampir semua magic dan memberikan magical damage yang luar biasa.

Black Mage + Monk = The Tank Wizard

Black Mage dikenal sebagai job dengan HP yang rendah dalam seri Final Fantasy. Kelemahan ini bisa kamu tutupi dengan memberikan Monk sebagai job ke-2 karakter. Selain itu, Monk juga mampu mengakses beberapa White Magic. Jadi, jika kamu kombinasikan dua job ini, maka kamu akan mendapatkan Mage yang lumayan tanky dan bisa berperan sebagai healer. Oh, meski begitu, kekuranga dari kombinasi job ini adalah memiliki magick yang lebih kecil ketimbang kombinasi Black Mage + Red Battlemage.

Lanjut ke halaman 3 untuk kombinasi job terbaik sebagai healer dan support!


Kombinasi Job Terbaik – Healer


Guide Final Fantasy XII: The Zodiac Age – Kombinasi Job Terbaik untuk Para Karakter!

White Mage + Shikari = The Surviving Healer

Jika magical damage identik dengan White Mage, maka healer identik dengan White Mage. Sayangnya, White Mage memiliki kelemahan berupa HP yang sangat rendah—bahkan lebih rendah daripada Black Mage. Supaya bisa bertahan lama di pertarungan, maka kamu bisa mengkombinasikan White Mage dengan Shikari. Shikari akan memberimu HP dan evasion yang cukup tinggi. Dengan kata lain, healer-mu bisa bertahan lebih lama dalam pertarungan sambil melakukan healing dan bisa memberikan damage kepada musuh.

Machinist + White Mage = The Healing Gunner

Machinist memiliki range yang cukup jauh berkat Guns sebagai senjata utama mereka. Nah, jika kamu ingin menjauhkan White Mage milikmu dari musuh, maka kombinasikanlah dengan Machinist. Selain berguna untuk memberi jarak antara musuh dan White Mage, Machinist juga akan memberikan akses menuju penambahan kecepatan/swiftness serta beberapa time magick yang sangat berguna: Hastega.

White Mage + Time Battlemage  = The Fulltime Healer

Jika kamu ingin mendedikasikan karaktermu sebagai fulltime healer, maka kombinasi yang paling cocok adalah White Mage dan Time Battlemage. Kedua job ini memiliki semua akses menuju white magick dan time magick. Kamu bisa melakukan healing sambil mem-buff party-mu dengan time magick seperti Hastega, dan di lain sisi, kamu bisa men-debuff musuh dengan time magick seperti Slowga. Kelemahan dari kombinasi ini adalah kakrater yang memiliki kedua job ini tidak memiliki kekuatan untuk memberi damage dan juga kemampuan bertahan hidup yang bisa dipertanyakan.

[duniaku_baca_juga]


Kombinasi Job Terbaik – Support


Guide Final Fantasy XII: The Zodiac Age – Kombinasi Job Terbaik untuk Para Karakter!

Knight + Time Battlemage = The Commander of Battlefield

Knight adalah job yang memiliki HP tinggi dengan strength yang lumayan besar, plus kemampuan untuk healing. Dengan mengkombinasikan Knight dengan Time Battlemage, kamu akan memiliki seorang Knight yang memiliki kecepatan lumayan tinggi dan akses menuju Crossbow untuk melawan musuh terbang. Oh, dan kamu mendapatkan boost untuk magick power sehingga Knight-mu bisa melakukan healing dengan lebih baik. Ditambah lagi, kamu mendapatkan kemampuan untuk buff dari Time Battlemage seperti Hastega.

Uhlan + Time Battlemage = The Supporting Damage

Kombinasi yang satu ini hampir mirip dengan kombinasi sebelumnya. Bedanya, Uhlan mampu memberikan damage lebih besar daripada Knight tetapi tidak dapat melakukan healing. Seperti sebelumnya, kamu bisa mendapatkan buff dan debuff yang berguna dengan Time Battlemage pada kombinasi yang satu ini.

Uhlan + Archer = The All-Round Ranger

Butuh karakter yang mampu menyerang dari berbagai jarak? Kombinasikan saja Uhlan dan Archer. Uhlan akan berkontribusi dalam memberikan damage output, sementara Archer akan memberimu akses menuju senjata jarak jauh berupa bow. Menariknya, kedua job ini masing-masing memiliki kecepatan yang tinggi. Dengan kombinasi keduanya, kamu akan memiliki seorang karakter yang bisa menyerang dari berbagai jarak dengan kecepatan luar biasa.

[duniaku_adsense]

Itulah tadi beberapa kombinasi job terbaik dalam Final Fantasy XII: The Zodiac Age. Tentu Perlu diingat bahwa kombinasi ini masih dasar, kamu mungkin bisa menemukan kombinasi lain yang lebih baik di dalam game. Tidak ada kata salah dari setiap kombinasi yang kamu pilih untuk setiap karaktermu. Jadi bebaslah dalam bereksperimen! Bagaimana kamu men-setting party-mu dalam Final Fantasy XII: The Zodiac Age? Suarakan pendapatmu di kolom komentar ya!

Final Fantasy XII: The Zodiac Age bisa kamu mainkan melalui konsol PlayStation 4. Kamu bisa membaca review kami mengenai Final Fantasy XII: The Zodiac Age melalui link ini.

[read_more id="321762"]


Pameran komunitas game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017. Info >>> http://www.gameprime.asia/pameran

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU