BEKRAF: Industri Game Masuk dalam Sektor Prioritas

Konferensi Pers BEKRAF GAMe Prime 2017 1

Diadakan pada 21 Juli 2017, konferensi pers BEKRAF Game Prime dihadiri oleh 60 awak media nasional. Apa saja hal menarik yang bisa dipetik dari acara ini?

Baca Juga

Pada konferensi pers BEKRAF Game Prime tersebut, hadir empat narasumber, yaitu Robi Baskoro (Koordinator Umum BEKRAF Game Prime), Narenda Wicaksono (founder Dicoding), Hari Santosa Sungkari (Deputi Infrastruktur BEKRAF), dan Fadjar Hutomo (Deputi Akses Permodalan).

Pada konferensi pers ini dijelaskan bahwa BEKRAF Game Prime 2017 akan diselenggarakan dalam dua format. Pertama adalah format B2B yang disebut Business Day, berupa acara seminar dan networking yang akan diadakan pada 27 Juli 2017 di Ayana Hotel. Format kedua yang diadakan pada 29-30 Juli 2017 di Balai Kartini merupakan acara B2C (Public Day) yang berbentuk pameran.

Pada pameran tersebut akan hadir berbagai elemen dari komunitas game Indonesia, mulai dari VR, Board Game, Toys, Artist Alley, serta berbagai kompetisi eSport yang bisa diikuti. Hingga saat ini, sudah terdaftar sekitar 100 booth yang akan meramaikan Public Day BEKRAF Game Prime. Booth yang tersedia pun sudah penuh ter-booking!

Konferensi Pers BEKRAF GAMe Prime 2017 1

Ada beberapa hal menarik yang disampaikan di konferensi pers BEKRAF Game Prime. Hari Sungkari mengatakan bahwa (menurut data Newzoo) pertumbuhan pasar game di Indonesia pada tahun 2016 telah mencapai angka USD600 juta (sekitar Rp8 triliun). Angka ini berkembang sangat pesat dari data tahun 2015 yang mencapai USD321 juta (sekitar Rp4,3 triliun).

Sayangnya, ujar Hari, industri game lokal hanya mencicipi 1 persen dari total angka tersebut. Hal inilah yang menjadi alasan BEKRAF menetapkan sektor aplikasi dan game sebagai salah satu sektor prioritas. Contoh upaya yang BEKRAF lakukan tentunya adalah dengan mengadakan dan mendukung BEKRAF Game Prime. Diharapkan dengan adanya BEKRAF Game Prime ini, bisa memberikan efek percepatan atas perkembangan industri game Indonesia.

Fadjar Hutomo selaku Deputi Akses Permodalan pada kesempatan tersebut menyampaikan pengumuman mengenai diadakannya akses permodalan bagi developer. Ia menyampaikan bahwa tersedia dana maksimal Rp200 juta untuk para developer game, dengan syarat dan ketentuan yang bisa dilihat di bekraf.go.id.

Konferensi Pers BEKRAF GAMe Prime 2017 1

Robi Baskoro sendiri selaku Koordinator Umum BEKRAF Game Prime 2017 berharap acara ini dapat membantu menyatukan potongan-potongan puzzle yang diperlukan ekosistem industri game Indonesia. Dengan memiliki dua format yaitu Business Day dan Public Day, diharapkan akan terjadi pertemuan antara industri game, konsumen, dan pihak-pihak lainnya.

“Harapan kami, BEKRAF Game Prime dapat menjadi wadah temu-apresiasi bagi semua pelaku industri game di Indonesia untuk saling mengenal, berbagi, dan memajukan inovasi game karya anak bangsa,” ucap Narenda Wicaksono, Presiden dari Asosiasi Game Indonesia (AGI).

Nah, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan memainkan game karya anak bangsa terbaru, turnamen esport, cosplay, game AR & VR, pameran komikus, dan acara seru lainnya, jangan lupa untuk datang ke BEKRAF Game Prime 2017 pada tanggal 27 Juli 2017 (Business Day) dan 29-30 Juli 2017 (Public Day)!

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai BEKRAF Game Prime 2017? Kunjungi tautan yang berisi berbagai informasi terkait acara tersebut di sini, atau bisa langsung kunjungi situs resminya di gameprime.asia/pameran.

Bekraf Game Prime 2017 Umumkan Kerja Sama dengan Indie Prize

Acara Bekraf Game Prime 2017 akan bekerja sama dengan pihak Indie Prize. Dengan begini, game terbaik di Game Prime pun berpotensi dibawa ke Cascon 2018, yang akan diselenggarakan di Hong Kong!
Baca Juga

Pameran komunitas Game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017. Info >>> http://www.gameprime.asia/pameran