Wah, Restoran Baratie One Piece Ternyata Ada di Dunia Nyata, lho!

baratie di dunia nyata one piece

Restoran Baratie dalam manga One Piece ternyata beneran ada di dunia nyata, lho! Dan Eiichiro Oda dulu pernah bekerja di sana, mirip sekali dengan Luffy!

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Eiichiro Oda, selaku kreator dari One Piece, banyak mengambil referensi dari dunia nyata untuk manganya tersebut—dan salah satunya adalah Baratie. Restoran yang terapung di tengah laut ini pertama kali muncul di manga chapter 43 dan menjadi titik awal di mana Luffy bertemu dengan calon koki Bajak Laut Topi Jerami, Sanji. Nah, tahukah kamu kalau ternyata Baratie ini benar-benar ada di dunia nyata?

Baca Juga

Hal ini diceritakan dalam sebuah manga khusus yang dibuat sebagai bentuk penghormatan terhadap Baratie. Tentu saja, bukan restoran Baratei yang terapung di tengah laut seperti One Piece, tetapi sebuah restoran normal yang terletak di prefektur Kumamoto Jepang.

Dalam manga tersebut, diceritakan bahwa Naito dan beberapa editor dari Shounen Jump lainnya mendatangi restoran utama Baratei karena mereka ingin mengetahui restoran tempat Oda dulu bekerja paruh waktu ketika SMA dulu. Ya, Oda pernah bekerja paruh waktu di Baratie! Sayangnya, restoran tempat Oda dulu bekerja ternyata adalah restoran cabang—dan sudah lama tutup. Meskipun begitu, para editor ini masih sempat bertemu dengan salah satu koki di sana dan bercakap-cakap.

baratie one piece di dunia nyata
Kanan bawah: Tasaki-san

Diceritakan bahwa Tasaki, seorang koki di sana, selalu memarahi Oda saat Oda bekerja di sana dulu. Oda juga bisa dibilang seorang yang kikuk saat bekerja paruh waktu, dia sering memecahkan piring tanpa sengaja, dan bahkan dia sering “mencuri” makanan di sana tanpa mengerjakan pekerjaannya (mencuci piring). Oh, dan Oda juga pernah secara tak sengaja membuang banyak sekali sup. Uniknya, Tasaki yang sering memarahi Oda sama sekali tidak tahu kalau Oda ingin menjadi seorang mangaka.

Jika kita mendengarkan cerita tersebut, tentu kita teringat akan Luffy yang secara tak sengaja menghancurkan sebagian atap Baratie. Setelahnya, untuk meminta maaf pada sang pemilik restoran Zeff, Luffy pun bekerja sementara di sana. Selama bekerja, Luffy pun melakukan hal yang sama seperti Oda! Haha.

baratie one piece di dunia nyata

Pada suatu ketika, Eiichiro Oda pernah mengalami kecelakaan saat mengantarkan makanan bersama rekannya. Dia mematahkan hidungnya dan harus dirawat di rumah sakit seharian—padahal saat itu menjelang tiga hari sebelum deadline untuk manga Wanted! miliknya! Bagi kamu yang belum tahu, Wanted! adalah manga oneshot pertama Oda saat memulai debutnya sebagai seorang mangaka. Manga ini sendiri sudah dirilis di Indonesia.

Setelah mengerjakan One Piece sendiri, Eiichiro Oda sama sekali tidak sempat berkunjung ke Baratie selama bertahun-tahun. Tentu saja, hal ini bisa dimaklumi mengingat jadwal kerjanya yang benar-benar gila. Pada penutup manga ini sendiri, Tasaki berpesan kepada Oda untuk berkunjung jika ada waktu karena Tasaki akan pensiun dalam kurun waktu lima tahun lagi.


Wah, ternyata banyak sekali cerita menarik dari restoran yang satu ini ya? Penulis sendiri tidak menyangka kalau apa yang dilakukan Luffy saat bekerja sementara di Baratie sama seperti yang Oda lakukan ketika bekerja di sana. Haha.

Sekarang, setelah tahu kalau Baratie ada di dunia nyata, apakah kamu ingin berkunjung ke sana? Kamu bisa mengetahui letaknya melalui Google Maps, lho!

Sumber: ShonenJumpPlus


Pameran komunitas Game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017. Info >>> http://www.gameprime.asia/pameran


SHARE
Previous article4 Tip Pro Evolution Soccer dari Ady Qwa, yang Membuatnya Menjadi Pemain Pro Terbaik di Indonesia!
Next articleDaftar 8 Pasangan Berondong Paling Romantis di Dunia Anime
Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.