Mengenal Wangphing dan Robba-san, Sang Perampok Hati

Wangphing Robba-san
Robba-san courtesy of Wangphing

Kali ini, kontributor Duniaku.net berkesempatan untuk mengulas seorang pekarya yang berhasil merampok perhatian para geek animanga dengan kisah cinta seorang rampok dan penjaga kasir minimarket.

Baca Juga

Kantai Collection: Fandom yang Penuh Dedikasi

Ada banyak judul yang digemari oleh para geek animanga, dan tak sedikit kegemaran tersebut berbuah menjadi fanworks atau karya-karya yang dibuat oleh fans tersebut, baik itu berupa gambar, komik, cerita, musik, bahkan video. Munculnya karya-karya buatan fans adalah salah satu bentuk apresiasi mereka terhadap judul yang mereka senangi sekaligus bukti bahwa judul tersebut menarik.


Salah satu fandom yang memiliki banyak fanworks adalah Kantai Collection, sebuah browser game ber-genre strategi buatan Kadokawa Games dan Diomedea/DMM yang mengajak kita untuk jadi seorang Laksamana dan melawan teror laut dalam dengan bantuan para Kanmusu, personifikasi dari kapal perang dalam bentuk gadis-gadis cantik.

Kantai Collection Start Screen
Start Screen Kantai Collection, sumber: Know Your Meme

Sekitar paruh akhir tahun 2013 ke 2014, game yang kerap disingkat menjadi Kancolle ini mulai naik ke permukaan dan menjadi tren di kalangan fans animanga dan otaku karena desain kanmusu dan gameplay yang menarik kala itu. 2014 menjadi puncak bersinarnya fandom Kancolle bersamaan dengan hype yang dibangun oleh adaptasi anime Kantai Collection.

 

Kantai Collection Kaga Dora-teitoku Cover
Salah satu contoh fanwork Kantai Collection. Sumber: Wangphing

Meski sekarang gaungnya mulai redam akibat munculnya Fate/Grand Order dan Granblue Fantasy, Kantai Collection masih tetap memiliki fanbase yang penuh dedikasi dan tetap mengeluarkan karya-karya yang terinspirasi dari game ini.

Salah satu karya yang mencuri perhatian fandom Kancolle waktu itu adalah komik Kashima dan Robber-san buatan seorang doujinka dengan nama pena Wangphing. Komik ini berawal dari sebuah panel yang menceritakan Kashima, salah satu Kanmusu dalam Kantai Collection yang bekerja sebagai seorang kasir minimarket, yang kemudian dirampok.

Kantai Collection Kashima and Robba-san
Komik strip kecil yang mengawali kisah cinta romantis antara Kashima dan Robba-san. Sumber: Wangphing

Perampokan itu mendadak berubah menjadi momen yang emosional, dan pertemuan keduanya mengubah hidup mereka sebuah kisah romansa yang unik. Kisah Kashima dan Robber-san ini sudah dibukukan dalam dua seri dan sempat muncul di perhelatan komik Indonesia, Comic Frontier.

Kantai Collection Kashima and Robba-san
Sumber: Wangphing

Kisah Kashima dan Robber-san menuai respon yang sangat positif karena ceritanya begitu hangat dan menyentuh hati. Dan sampai sekarang kisah tersebut masih berlanjut.


Loh? Cuma segini? Tentu saja tidak! Klik halaman selanjutnya untuk melihat hasil wawancara langsung Kontributor Duniaku.net dengan Wangphing!

1
2

SHARE
Previous articleSuperman dan Naruto Berpose Bareng di Ilustrasi Jorge Jimenez Ini
Next articleMengapa Film Horror Banyak Menampilkan Sosok Hantu Wanita?
Kontributor yang menekuni dan menikmati bidang media dan karya kreatif. Minat utama adalah Mecha, Media, dan Meme.