Waduh, Your Name Terkena Tuduhan Plagiat?

Waduh, tiba-tiba ada video di YouTube yang berkata bahwa Your Name melakukan plagiarisme! Apa sih yang katanya diplagiat?

Waduh, Your Name Terkena Tuduhan Plagiat?

Waduh, Your Name Terkena Tuduhan Plagiat?

Sebuah akun YouTube melayangkan tuduhan plagiarisme terhadap Your Name lewat sebuah video berdurasi kurang dari satu menit!

Entah bagaimana, tiba-tiba sebuah saluran YouTube bernama "Ms.Rachel" mengunggah video berdurasi 43 detik yang melontarkan sebuah tuduhan plagiarisme terhadap film anime besutan Makoto Shinkai, Your Name.

[duniaku_baca_juga]

Waduh, Your Name Terkena Tuduhan Plagiat?

Video tuduhan plagiarisme tersebut dimulai dengan adegan klimaks saat Mitsuha berlari dari gunung menuju desa tempat ia tinggal. Di sebelah kanan adalah adegan dari Your Name, sementara di bagian kiri adalah adegan dari anime yang berjudul Nijiiro Hotaru yang rilis 4 tahun sebelum Your Name, yaitu pada tahun 2012.

Waduh, Your Name Terkena Tuduhan Plagiat?

Tapi ternyata tuduhan plagiarismenya tidak berhenti sampai di situ saja. Video yang diunggah Ms. Rachel berlanjut hingga adegan berikutnya saat Mitsuha telah tiba di desanya. Lagi, adegan tersebut dibandingkan dengan Nijiiro Hotaru.

[read_more link="https://www.duniaku.net/2017/07/26/3-episode-pertama-isekai-shokudo-makan/" title="Impresi Awal: 3 Episode Pertama “Isekai Shokudo”!"]

Di bagian bawah tiap adegan juga dituliskan siapa yang bertanggung jawab terhadap key animation dari adegan masing-masing.

Video tuduhan plagiarisme oleh Ms. Rachel tidak hanya membandingkan Your Name dengan Nijiiro Hotaru. Pada sekitar detik ke-26, video di sebelah kiri berubah dari Nijiiro Hotaru menjadi The Girl Who Leapt Through Time karya sutradara Mamoru Hosoda.

Waduh, Your Name Terkena Tuduhan Plagiat?

Salah satu adegan yang dituduh sebagai sebuah tindakan plagiat adalah adegan saat Mitsuha tersandung dan jatuh terguling-guling. Meski begitu, untuk yang satu ini penulis rasa agak berlebihan sih.

Banyak komentar di video YouTubenya yang setuju dengan apa yang ditampilkan oleh Ms. Rachel. Beberapa translasi (yang diberikan oleh SoraNews24) adalah sebagai berikut:

"Tadinya kupikir 'ah tidak mungkin,' tapi ternyata benar-benar sama."

"Your Name jelas-jelas meniru adegan tersebut."

"Aku tidak akan bilang Your Name meniru adegan tersebut, tapi jelas mereka mengimitasi."

Meski banyak yang setuju dengan pandangan Ms. Rachel, ternyata ada satu orang yang tidak setuju bahwa apa yang dilakukan oleh Your Name digolongkan sebagai plagiarisme. Dan orang tersebut adalah Konosuke Uda, sutradara dari Nijiiro Hotaru sendiri.

[embed]https://twitter.com/tanusuke45/status/890229147158552576[/embed]

Adapun translasi dari cuitannya adalah:

"Saat aku nonton Your Name di bioskop, aku seperti 'Loh itu kan...?' tapi itu hanya pendapat pribadiku saja. Jika seorang sutradara membuat perubahan yang cukup, maka bagi saya itu orisinil. Bukan sesuatu yang bisa semudah itu dibilang plagiat."

Nah, bagaimana menurut kalian tentang tuduhan plagiarisme yang menyerang Your Name ini? Kalau kalian ingin tahu videonya, kalian bisa melihatnya di bawah ini:

[youtube_embed id="fRfa9TRIt3Q"]

Sumber: SoraNews24, target="_blank" >YouTube | Diedit oleh Snow


Pameran komunitas game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017. Info >>> http://www.gameprime.asia/pameran

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU