Review Dunkirk: Bukan Sekedar Film Perang, Nolan Menyajikan Masterpiece

Dunkirk resmi tayang di berbagai bioskop Indonesia mulai minggu lalu. Seperti apa filmnya? Simak review Dunkirk versi Duniaku.net berikut ini.

Sinopsis

Review Dunkirk

Dunkirk adalah sebuah kota pelabuhan di Utara Perancis. Filmnya sendiri menceritakan tentang evakuasi dari pasukan Aliansi menuju Inggris agar mereka bisa aman kejaran prajurit Jerman di Perang Dunia II.

Terdapat 400 ribu prajurit yang terjebak di Dunkirk dan mengharapkan bantuan terutama dari Inggris. Walaupun prajurit Aliansi yang berada di sana banyak yang dari Perancis, Belanda, maupun Belgia, namun dalam filmnya sendiri hanya memfokuskan pada prajurit-prajurit Inggris (termasuk Harry Styles).

Dalam kondisi dikepung Jerman dari berbagai arah, para prajurit hanya memiliki waktu beberapa hari saja sebelum ditangkap oleh prajurit Jerman.

Film Dunkirk tidak memfokuskan pada darah-darah dan pembunuhan sadis yang dilakukan seperti film perang terkenal lainnya Saving Private Ryan. Jadi aman untuk ditonton oleh anak-anak di atas 13 tahun.

Sebelum Nonton, Ketahui Dulu 6 Fakta Mengejutkan dari Film Dunkirk Berikut Ini!

Sudah penasaran menyaksikan karya terbaru Chirstopher Nolan, Dunkirk? Nah sebelum nonton di bioskop, ketahui dulu 6 fakta film Dunkirk berikut ini.
Baca Juga

The Mole (Pantai)

Image result for dunkirk film mole

Mole sendiri dalam film ini adalah pantai. Nolan ingin memfokuskan pada tiga aspek yaitu darat, laut dan udara. Darat sendiri diwakili oleh adegan-adegan yang terjadi di sekitar pantai Dunkirk.

Film Dunkirk diawali seperti mimpi. Tidak tahu tentang apa dan sedang berada dimana para prajurit Inggris yang sedang berlari dari kejaran prajurit-prajurit Jerman. Tidak jelas identitas mereka siapa.

Kondisi sudah menginjak bulan ke-9 Perang Dunia II dimana prajurit Jerman sudah menguasai Perancis dan memaksa 400 ribu prajurit Perancis dan Inggris di sebuah pantai Kota Dunkirk Perancis.

Prajurit Jerman mengetahui akan hal ini dan dari pesawat, mereka mengeluarkan kertas berisi pesan bahwa mereka sudah dikepung dan meminta agar menyerahkan diri jika tidak ingin dibunuh.

Sebelum mengetahui siapa prajurit Inggris yang sedang berlari, mereka keburu tewas ditembak. Hanya satu yang selamat dan ia bernama Tommy yang kabur dan menemui pasukan Inggris lainnya di pinggir pantai Dunkirk.

Image result for dunkirk harry styles

Di pantai, ratusan ribu prajurit mengantri untuk dijemput menggunakan kapal-kapal Ingris yang tak kunjung datang. Sekalinya datang, pesawat tempur Jerman membombardir dari atas dan menenggelamkan kapal tersebut. Ironis sekali padahal tanah Inggris terlihat dari pinggir pantai Dunkirk.

Tommy yang berusaha semaksimal mungkin akan menyelip di kapal bertemu dengan dua prajurit lainnya bernama Gibson dan Alex (harry Styles). Alex sendiri merupakan salah satu prajurit yang paling percaya diri ketimbang Tommy dan Gibson (setidaknya mencoba terlihat percaya diri di kondisi menegangkan). Tidak banyak dialog yang terjadi di antara mereka bertiga. Mereka hanya punya satu tujuan yaitu pulang ke rumah mereka masing-masing di Inggris.

Berbgai cara dilakukan oleh ketiga prajurit ini. Salah satunya adalah ketika belum bertemu dengan Alex, Tommy dan Gibson menyamar menjadi tim medis dan menandu pasukan yang cedera ke dalam kapal evakuasi. Namun gagal karena kapal tersebut dibombardir oleh pesawat tempur Jerman. Akhirnya mereka berpindah ke kapal yang ironisnya ditembakkan torpedo oleh kapal selam Jerman.

Baca Juga

Lalu bagaimana kelanjutan kisah Tommy, Gibson, dan Alex dalam kabur dari gempuran tentara Jerman? Simak halaman kedua dari review Dunkirk! Saya akan menceritakan mengenai apa yang terjadi di Laut dan Udara!

1
2
3
REVIEW OVERVIEW
Skor Film
95 %

SHARE
Previous articleMencicipi Keseruan Area Board Game BEKRAF Game Prime 2017
Next articleInilah 5 Karakter Tengkorak Paling Populer di Sejarah Animanga
I play games, but when i lose I blame it on the lag.