Wawancara Spesial: Tips Pinky Lu Xun Menghadapi Fans Cosplay yang Menyebalkan

wawancara

Dalam setiap event cosplay, hampir bisa dipastikan kita akan menjumpai fan dengan tingkah yang menyebalkan. Bagaimana cara mengatasi fan dengan elegan? Ikuti wawancara spesial Duniaku.net dengan Pinky Lu Xun berikut ini!

Baca Juga

Pada hari Senin tanggal 18 Juli 2017, Duniaku.net diberi kesempatan untuk mewawancarai Pinky Lu Xun, seorang cosplayer asli Indonesia yang sekarang bermukim di Australia. Cosplayer cantik ini akan membagikan tips-tips tentang menghadapi fan cosplay yang menyebalkan.

Buat kamu yang masih ragu ber-cosplay karena takut diserang fan cosplay yang menyebalkan, simak wawancara Duniaku.net dengan Pinky Lu Xun di bawah ini.

Q: Pertama, bisakah Kak Pinky bercerita tentang perjalanan karir di dunia cosplay?

Pinky Lu Xun : Dulu saya memulai cosplay karena tidak sengaja menemukan foto cosplayer waktu lagi nyari walkthrough game di internet. Sejak saat itu saya tertarik untuk ikut ber-cosplay dan untuk saat ini saya lebih tertarik dengan proses costume making-nya. Karena seru sekali, bagaimana kita menggunakan kreatifitas kita untuk mewujudkan kostum dari dunia game ke dunia real. 

Q : Selama ber-cosplay, Kak Pinky sering bertemu dengan berbagai macam fan dengan tingkah laku yang beragam. Apa saja tipe fan cosplay yang pernah dijumpai Mbak Pinky?

Pinky Lu Xun : Selama ini sih menurut saya, fans-fans cosplayer yang saya temui masih tergolong baik-baik saja. Kalaupun ada satu dua yang aneh, menurut saya itu masih wajar, karena yang namanya fans. Nggak hanya di cosplay, di semua bidang juga pasti ada fans yang baik dan ada juga fans yang aneh-aneh.

Q : Pernahkah Mbak Pinky menjumpai fans tingkahnya yang tergolong “menyeramkan” di dunia maya?

Pinky Lu Xun : Ada, kebanyakan yang agak delusional.

Q : Bagaimana cara menghadapi orang seperti itu?

Pinky Lu Xun :Biasanya sih saya konfrontasi langsung kalau dirasa sudah mengganggu sekali

Q : Itu jika terjadi di dunia maya, lalu bagaimana menangani fans yang melakukan tindak pelecehan di dunia nyata seperti saat event?

Pinky Lu Xun : Selama saya ke event cosplay, untungnya cuma pernah sekali terjadi tindak pelecehan. Saya laporkan yang bersangkutan ke pihak EO-nya.

Q : Adakalanya seorang fans cosplay bisa menjadi “public enemy” bagi para cosplayer yang risih dengan perilakunya. Pernahkah Kak Pinky mengalami kejadian seperti itu?

Pinky Lu Xun : Tentunya pernah, seperti yang saya sebutkan diatas, kebanyakan yang delusional, karena mereka tidak bisa membedakan real world dengan delusi mereka, jadi sering mengarang cerita yang aneh-aneh tentang cosplayer yang kebetulan mereka suka.

Q : Perlukah membuat langkah hukum dalam menghadapi fans cosplay yang bertindak di luar batas?

Pinky Lu Xun : Ada seorang teman saya yang sempat menempuh langkah hukum karena ada seorang fans delusional yang memfitnah dia. Saya rasa itu langkah yang bagus dan memberi efek jera pada pelaku.

Q : Adakah tips khusus supaya tetap bisa bertahan di dunia cosplay meski sering “diserang” oleh oknum fans?

Pinky Lu Xun : Kalau untuk saya, karena kecintaan saya dibidang costume making. Jadi saya tetap bertahan disini karena bagi saya, kepuasan yang saya dapat setelah menghasilkan suatu karya itu adalah kepuasan pribadi untuk diri sendiri, saya tidak perduli apakah karya saya akan disukai atau dibenci, selama saya tidak merugikan orang lain.

Q: Adakah pesan dari Kak Pinky buat para fans dan cosplayer di seluruh Indonesia?

Pinky Lu Xun: Keep fun and healthy! Both psychically and mentally and enjoy cosplay! 

Eits, buat para pembaca setia Duniaku.net terutama fansnya Pinky Lu Xun, ada bonus spesial buat kamu, loh! Check these out!

 

Diedit oleh Fachrul Razi


SHARE
Previous articleCatat Tanggalnya! BIJAC no Tanjoiwai 10 Akan Diselenggarakan Agustus Ini!
Next articleInilah para Pemenang BEKRAF Game Prime Awards 2017!
Mahasiswa Sastra Indonesia yang menyukai konten aksi yang mendebarkan. Paling sering bermain GTA San Andreas dan menulis apa yang terlintas di kepala. Lokasi hotspot adalah habitatnya. Instagram : https://www.instagram.com/guntommo/ Twitter : https://twitter.com/guntomo212