Bagaimana Jadinya Jika Saitama adalah Seorang Jenius?

Apakah Saitama akan sekuat seperti yang kita kenal saat ini? Ataukah dia akan menjadi seseorang yang benar-benar berbeda?

Bagaimana Jadinya Jika Saitama adalah Seorang Jenius?

Bagaimana Jadinya Jika Saitama adalah Seorang Jenius?

Bagaimana jika Saitama adalah seorang jenius? Apakah Saitama akan sekuat seperti yang kita kenal saat ini? Ataukah dia akan menjadi seseorang yang benar-benar berbeda?

Jika kamu menonton One Punch Man, pastinya kamu sudah kenal dengan Saitama. Karakter yang menjadi hero for fun ini dikenal sebagai karakter yang sangat kuat dan bisa membunuh musuh-musuhnya dengan satu tinju (walaupun ada juga beberapa karakter yang selamat dari pukulan pertama Saitama). Meskipun kuat, tetapi Saitama ini memiliki satu kelemahan: dia bodoh!

[duniaku_baca_juga]

Ya, Saitama bukan seorang jenius. Dia hanyalah orang biasa yang tidak punya kemampuan khusus—kecuali kemampuan fisiknya yang luar biasa itu tentunya. Dia juga bukan orang yang cepat dan tanggap dalam memproses situasi dan keadaan sekitar. Kebanyakan, musuh-musuh kuat yang dia kalahkan, dia temui secara tidak sengaja. Nah, bagaimana jadinya jika Saitama adalah seorang jenius?

[read_more id="238704"]

Dia Tidak Akan Sekuat Sekarang

Dari pertanyaan yang dilontarkan di atas, mungkin hal pertama yang terlintas dalam benakmu adalah jika Saitama jenius, maka dia akan bisa mengalahkan para monster yang mengamuk dengan efektif sehingga meminimalisir kerusakan. Tentu saja, ini dengan asumsi bahwa dia memiliki kekuatannya. Akan tetapi, jika karakter botak ini adalah seorang jenius, mungkin yang terjadi malah sebaliknya. Kenapa?

Dalam sebuah teori sumber kekuatan milik Saitama (yang menurut saya 99% cukup masuk akal), disebutkan bahwa dunia One Punch Man adalah dunia yang bisa mewujudkan segala bentuk keinginan dan ambisi manusia. Nah, dalam manga sendiri, kita pernah melihat bahwa Saitama seringkali terdesak sehingga dia “memaksa” dirinya untuk melampaui batasan-batasan dalam dirinya. Dia sangat berambisi untuk menjadi kuat sehingga mampu mengalahkan musuhnya hanya dengan satu pukulan!

Bagaimana Jadinya Jika Saitama adalah Seorang Jenius? Jika Saitama adalah seorang jenius, dia tidak mungkin babak belur seperti ini![/caption]

Yang dimaksud jenius di sini ada dua: jenius fisik dan jenius otak—dan Saitama tidak memiliki keduanya. Kalau saja dia jenius fisik, dia bakalan bisa mengalahkan musuh-musuhnya saat dia belum botak dengan mudah. Pun jika jenius otak, dia akan menggunakan kecerdasannya untuk mengalahkan musuh tanpa harus babak belur.

Jika dia memiliki dua tipe jenius tersebut, dia tidak akan berpikir atau berambisi untuk menjadi seorang pahlawan yang mampu mengalahkan musuh hanya dengan satu pukulan. Dengan kata lain, dia tidak akan sekuat sekarang.

[read_more id="237360"]

Nah, itu adalah jawaban jika Saitama adalah seorang jenius dari segi fisik atau otak. Meskipun tidak sekuat sekarang, tetapi belum berarti dia menjadi seorang yang lemah. Seperti apakah jadinya?

Lanjut ke halaman 2!

Jenius Otak

Bagaimana Jadinya Jika Saitama adalah Seorang Jenius? Child Emperor, S-Class Hero ke-5[/caption]

Jenius otak atau benar-benar cerdas dan kreatif. Jika saja Saitama memiliki hal ini, dia tidak akan berpikiran untuk melakukan latihan yang benar-benar berat: 100x push up, 100x sit up, 100x squat dan berlari 10km setiap hari selama tiga tahun. Dia bakalan “berbelok” ke bidang lain. Apakah itu?

Dia akan bergerak dalam bidang pengetahuan! Apa lagi? Terdengar klise, tetapi ini adalah salah satu kemungkinan yang bakalan terjadi jika dia adalah seorang jenius dari segi otak. Karakter utama dalam One-Punch Man ini akan menggunakan kecerdasannya untuk menciptakan sesuatu: entah itu berupa armor, senjata, atau peralatan-peralatan canggih lainnya.

Jika Saitama adalah seorang jenius dari segi otak, mungkin dia saat ini akan menjadi seperti Child Emperor atau mungkin malah bakalan mengubah tubuhnya menjadi cyborg seperti Genos. Oh, dan mungkin judul seri ini bukan lagi One Punch Man, tetapi One Brain Man. Haha!

[read_more id="237823"]

Jenius Fisik

Bagaimana Jadinya Jika Saitama adalah Seorang Jenius? Sonic termasuk salah satu manusia yang jenius dalam segi fisik, tetapi kalau dari segi otak tidak. Haha...[/caption]

Jenius fisik, dengan kata lain memiliki kemampuan fisik di atas rata-rata—atau bahkan super. Jika Saitama adalah seorang jenius dalam segi fisik, kemungkinan besar dia tidak akan hanya berlatih dengan cara yang dia gunakan sekarang, karena… psst, latihan 100x push, 100x sit up, dan 100x squat, serta berlari 10km setiap hari hanya akan membuatmu sekuat tentara marinir, lho!

Karena Saitama jenius, kemungkinan besar dia bakalan memilih jenis latihan fisik lainnya yang lebih efektif atau bahkan lebih berat lagi. Meskipun lebih berat, tetapi hal ini juga tidak akan membuatnya sekuat seperti sekarang. Hal ini dikarenakan orang yang jenius bisa dengan mudah mempelajari segala macam teknik dengan relatif lebih mudah.

Orang jenius juga cenderung lebih mudah berpuas diri setelah berhasil mendapatkan sesuatu—hal itu terlihat dalam diri Suiryu atau Sonic. Ya, Suiryu dan Sonic bisa dikatakan adalah jenius dalam pertarungan fisik. Orang jenius yang mudah berpuas diri cenderung bakalan membuat “batasan” kepada diri mereka sehingga mereka tidak dapat berkembang lebih jauh. Sementara seperti yang sudah saya sebutkan di halaman sebelumnya, Saitama menjadi sekuat sekarang karena dia merasa terdesak dan memaksa dirinya melampaui seluruh batasan tubuhnya.

Bagaimana Jadinya Jika Saitama adalah Seorang Jenius? Suiryu ini sebenarnya kuat, sayangnya monster-monster yang dia lawan jauh lebih kuat![/caption]

 

Contoh lainnya misalnya adalah Garou. Dia begitu berambisi untuk menjadi kuat dan dikalahkan berkali-kali dalam prosesnya tersebut. Karena terdesak, dia pun terus menerus memaksa dirinya untuk menjadi kuat sehingga Garou sampai pada tingkat “Awakened”.

Bagaimana Jadinya Jika Saitama adalah Seorang Jenius? Awakened form dari Garou. Sampai saat tulisan ini dibuat, wujud ini hanya muncul di versi web comic original One Punch Man.[/caption]

Dalam Awakened Garou, dia menjadi sosok monster yang memiliki disaster levelGod. Di titik ini, dia bisa mengalahkan semua hero S-Class. Sayangnya karena terlalu sombong, dia pun mulai memberikan batasan pada dirinya dan dia terlalu sombong sehingga begitu bertemu dengan Saitama yang jauh lebih kuat, kesombongannya itu pun hancur lebur. Dia berhenti berevolusi dan dikalahkan oleh Saitama.

Jika Saitama adalah seorang jenius, mungkin itulah yang akan terjadi pada dirinya. Dia bisa berakhir seperti Suiryu, Sonic, Garou atau mungkin Bang. Tetapi bahkan Bang yang kuat seperti itupun hanya menduduki peringkat #3 sebagai hero kelas S. Mungkin Saitama menjadi hero nomor 1 seperti Blast yang sosoknya mirip dengannya tetapi belum diketahui kekuatannya hingga saat ini.

[duniaku_adsense]

Itulah tadi beberapa kemungkinan yang mungkin terjadi jika Saitama adalah seorang jenius. Menurutmu sendiri bagaimana? Suarakan pendapatmu di kolom komentar ya!

Oh, dan jangan lupa, kamu juga bisa request untuk artikel What If untuk minggu depan di kolom komentar, lho! Tidak hanya One Punch Man, tetapi juga bisa dari serial animanga lain seperti Naruto, One Piece, atau Dragon Ball. Request yang menarik akan kami tampung! Feel free to request! ;)

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU