Inilah Tips Rahasia dari Indomie tentang Marketing Game! (Bagian 3)

tips marketing game

Tips marketing game yang ketiga dari Indomie ini membahas mengenai sisi harga. Bagaimana penerapannya di game yang kita buat?

Sudah mantap tentang bagian bungkus dan kemudahan akses ke produk kita melalui pemanfaatan ZMOT, sekarang kita lanjut melangkah ke pembahasan harga. Kita pasti tahu kalau harga Indomie cukup terjangkau. Menurut IDNTimes.com, Indomie mampu menembus pasar Nigeria yang sedang dilanda krisis ekonomi dan bertahan dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga

Perbandingan Harga Indomie

Dibawah ini merupakan perbandingan harga Indomie dengan mie instan lokal di negara Singapura dengan merk Prima Taste (sebelah kiri) dan Malaysia dengan merk Mamee Chef (sebelah kanan).

tips marketing game

Cukup mencengangkan ya? Harga 30 bungkus Indomie hampir sama dengan 4 bungkus mie Prima Taste. Tapi memang mie Prima Taste adalah mie instan yang paling berat dibandingkan dua mie lainnya. Jadi wajar saja kalau harganya pun lebih “nendang” daripada sebungkus Indomie yang kita cintai ini.

However, people don’t buy smartphones to play games. – Venture Beat

Beralih dari perbandingan mie instan, semua developer khususnya mobile mungkin sensitif dengan ukuran aplikasi. Menurut Venture Beat, kebanyakan orang yang membeli handphone untuk memenuhi kebutuhan utamanya ketimbang membeli hanya untuk bermain games. Sehingga semakin kecil ukuran aplikasi kita, maka semakin besar peluang game kita akan di-download.

Inilah Tips Rahasia dari Indomie tentang Marketing Game! (Bagian 1)

Ternyata, salah satu brand makanan terlaris di dunia ini punya tips rahasia untuk para developer game lho! Apa ya kira-kira?
Baca Juga

Bayangkan siapa yang rela menghapus momen berharga seperti foto keluarga atau sahabat dari smartphone-nya demi men-download game kita? Belum lagi kalau pasar yang kita tuju adalah negara yang koneksi internetnya tidak stabil. Sikap empati seperti inilah yang harus kita bangun, bukan hanya mementingkan produk semata tapi tidak memikirkan kenyamanan user. Ayo lihat lagi cara Indomie merangkul pasar Nigeria, salah satu faktornya adalah harganya terjangkau untuk pasar Nigeria.

Lantas Bagaimana Cara Mengecilkannya?

DET Solve the Mystery

Ketika kami mengembangkan game puzzle Tebak Gambar maupun game misteri DET:Solve The Mystery kami mengkompresi gambar soal dan asset lainnya menggunakan TinyPNG, kemudian hasilnya kami kompres lagi menggunakan ZIP. Ini adalah cara alternatif kalau kamu mengembangkan game menggunakan native SDK seperti Java atau di Swift.

Buat kamu developer game Unity, menurut info dari Founder Amagine Interactive, kamu bisa merampingkan berbagai ukuran asset dengan cara yang tertera pada link berikut ini. Disamping itu untuk kamu yang mengembangkan menggunakan Cocos2D-x, Founder Educastudio game edukasi anak ini juga berbagi tipsnya disini. Tujuannya sama, untuk mengurangi ukuran aplikasi.

sumber : Art Logic Games – Monster Saga Reborn

Masih belum ramping juga? Siapkan cloud storage sebagai media penyimpanan asset game-mu untuk diunduh secara bertahap dari game yang sudah di-download user melalui toko aplikasi. Mungkinkan juga plan B jika user sedang berada di area yang tidak ada internet, setidaknya mereka dapat bermain dengan minimal asset.

Inilah Tips Rahasia dari Indomie tentang Marketing Game! (Bagian 2)

Bukan hanya bungkus, ternyata ada tips rahasia lain dari Indomie untuk marketing game. Apa ya? Simak di dalam!
Baca Juga

Demikian pembahasan mengenai harga Indomie yang bisa kita terapkan ke dalam proses development game untuk menghasilkan game yang ringan. Semoga dengan beberapa cara diatas kita dapat merampingkan ukuran game yang akan dipasarkan dan kalau kamu punya tips lainnya silahkan berbagi ya di kolom komentar.

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari