5 Alasan Kenapa Main Bareng Teman Lebih Asik! Apakah Kamu Setuju?

Kamu tahu apa yang lebih asyik dari main game? Jawabannya adalah main game bareng teman-teman! Simak 5 alasan main game bareng teman itu lebih seru di sini!

5 Alasan Kenapa Main Bareng Teman Lebih Asik! Apakah Kamu Setuju?

5 Alasan Kenapa Main Bareng Teman Lebih Asik! Apakah Kamu Setuju?

Main game itu memang sangat menyenangkan. Apalagi di jaman sekarang ini, dari bapak-bapak, ibu-ibu, sampai anak-anak, semuanya bermain game. Namun kamu tahu apa yang lebih asyik dari bermain game? Main game bareng teman-teman!

[duniaku_baca_juga]

Bermain game dari malam sampai pagi di kamar seorang diri itu memang harus diakui juga sebenarnya menyenangkan. Namun, selain jadi terlalu banyak mengumpat karena frustrasi, main game sendirian seringkali juga membuat kita para gamer jadi terlalu asing dengan dunia di sekitar kita.

Di zaman sekarang, main game bersama teman juga sebenarnya bisa dilakukan secara online namun hal tersebut tidak dapat mengalahkan pengalaman yang bisa kita rasakan saat bisa berkumpul bersama kawan bermain bareng.

Kenapa kami bisa bilang demikian? Mari kita bahas bersama 5 alasan kenapa bermain game bersama kawan itu lebih asyik.

[page_break no="1" title="Lebih Mudah Berkomunikasi dan Membangun Chemistry"]

5 Alasan Kenapa Main Bareng Teman Lebih Asik! Apakah Kamu Setuju?

Kalau kamu biasa bermain game-game multiplayer, kamu pasti tahu kunci dari setiap kemenangan itu ada di komunikasi tim.

Jika kamu berkumpul bersama teman-teman, kamu bisa jauh lebih mudah berkomunikasi. Kamu tidak perlu mengetik, yang sebenarnya jadi bisa buang waktu dan kesempatan di game-game bertempo cepat (seperti MOBA dan FPS), karena kamu bisa langsung berbicara ke kawan di sebelah kamu.

Memang, di jaman sekarang, sudah banyak sekali game-game yang menawarkan fitur voice chat. Ada juga aplikasi dan program pihak ketiga yang menawarkan fungsi ini.

Namun berkomunikasi lewat voice chat tetap tidak bisa mengalahkan komunikasi langsung yang bisa dilakukan saat kamu berkumpul bersama.

[read_more id="312527"]

Selain kendala teknis yang mungkin terjadi di voice chat, komunikasi langsung bisa menegaskan siapa pengambil keputusan di setiap pertandingan. Jujur saja, kami juga kadang pusing saat mendengarkan semua pemain berbicara lewat voice chat. Selain tidak nyaman di telinga, informasinya juga bisa jadi tidak tersampaikan.

Komunikasi yang lebih baik berarti memberikan peluang menang yang lebih besar. Selain itu, bisa jadi ketika kamu main bareng akan ada kawan yang tiba-tiba curcol (curhat colongan) yang selain melancarkan komunikasi, juga membangun chemistry yang lebih solid.

Pertemuan langsung tatap muka akan membangun chemistry antar pemain jadi lebih solid. Kenapa? Kemungkinan besar, kamu pasti akan ngobrol dulu sebelum dan sesudah pertandingan. Waktu ngobrol inilah yang membangun chemistry yang nantinya juga akan sangat berguna saat bertanding. Itu sebabnya banyak tim gamer profesional biasanya hidup satu atap.

[page_break no="2" title="Aktivitas Sosial Paling Ideal Buat Gamer"]

5 Alasan Kenapa Main Bareng Teman Lebih Asik! Apakah Kamu Setuju? Sumber: theverge.com[/caption]

Kami itu gamer. Jadi, kami tahu gamer itu tidak jarang socially akward saat bertemu orang-orang baru. Namun game mempersatukan kita semua. Gamer sejati tidak memandang ras, agama, ataupun paham politik yang berbeda.

Kita bisa bermain dan berkawan dengan siapapun yang sama-sama suka bermain game. Toh faktanya, gamer juga manusia yang pasti butuh kawan, butuh bersosialisasi.

Kita bisa menghilangkan rasa kesepian karena menjomlo selama bertahun-tahun dengan punya banyak kawan.

[read_more id="291751"]

Kalau kamu masih mencari teman seperjuangan, kamu bisa mulai mencarinya di jejaring sosial ataupun situs-situs online yang menjadi tempat berkumpulnya para gamer.

Lenovo, yang baru-baru ini mengenalkan brand gaming-nya, Legion, juga membuka sebuah komunitas untuk para gamer di legionlenovo.com/id yang ditujukan untuk membuat semacam database atas saran dan masukan dari para gamer. Bagi gamer yang beruntung, mereka juga akan mendapatkan Steam Wallet sebesar Rp300.000 lho.

Silakan ke situs tersebut atau komunitas lainnya jika kamu masih kesepian… Barangkali kamu malah bisa bertemu jodoh yang sesama gamer di sana.

5 Alasan Kenapa Main Bareng Teman Lebih Asik! Apakah Kamu Setuju? Sumber: revivaltv.id[/caption]

Satu hal yang pasti, komunitas gamer online seperti komunitas Legion tadi, memudahkan kamu bertemu dengan sesama gamer yang punya passion besar bermain game.

Sehingga, kamu tak perlu lagi mengurung diri di kamar bermain seorang diri. Kamu jadi punya kawan-kawan yang sama-sama maniak bermain game.

[page_break no="3" title="Melatih dan Mengasah Skill Jadi Lebih Mudah"]

5 Alasan Kenapa Main Bareng Teman Lebih Asik! Apakah Kamu Setuju?

Meski komunikasi dan chemistry tim itu sangat penting, skill individu tentu juga tak bisa dikompromikan jika kamu ingin serius memenangkan kompetisi. Namun, kami tahu betul mengasah skill individu itu tidak semudah yang dibayangkan.

Hal ini sebenarnya juga tidak harus selalu tentang game-game multiplayer kompetitif tapi juga bisa soal game-game single player dengan atau tanpa fitur Co-Op, seperti Dark Souls.

Game inilah yang tadi kami maksud bisa buat kamu frustrasi dan mengumpat semalam suntuk. Kalau kamu bermain bersama teman, misalnya pun bermain sendiri-sendiri, kawan kamu bisa menunjukkan triknya ke kamu. Dengan melihat trik tersebut, kamu tak perlu lagi frustasi melawan boss-boss menyebalkan.

Kalaupun sama-sama noob, setidaknya kamu punya kawan frustrasi bersama…

Kamu yang mentok dengan teka-teki atau tidak tahu lagi harus jalan kemana juga bisa dengan cepat bertanya ke kawan.

Sayangnya, satu hal yang mungkin harus kamu pertimbangkan adalah game-game PC single player biasanya beratnya minta ampun. Kamu tidak mungkin bawa desktop full tower kamu ke rumah teman karena jadinya malah sakit punggung.

Karena itu, solusinya adalah laptop gaming yang powerful, seperti Lenovo Legion Y520 dan Legion Y720 yang dibekali dengan hardware papan atas seperti prosesor Intel® Core™ i7 Processor dan memori sampai 32GB. Cek di tautan yang kami masukkan di 2 seri laptop tadi untuk melihat spesifikasi detailnya.

5 Alasan Kenapa Main Bareng Teman Lebih Asik! Apakah Kamu Setuju?

Itu tadi hanya contoh saja. Satu hal yang pasti, mesin gaming portable, alias laptop zaman sekarang itu sudah bisa menyamai performa desktop. Pastikan saja, laptop yang kamu pilih memang mumpuni untuk game-game AAA yang berat-berat, seperti 2 contoh seri yang kami sebutkan dari Lenovo Legion tadi.

Kalau kamu fanatik dengan desktop, kamu juga bisa cari desktop imut-imut tapi galak seperti Lenovo Y720 Cube yang dibekali dengan kartu grafis AMD Radeon RX 480 8GB dan mampu mendukung resolusi sampai dengan 4K. Meski desktop, Legion Y720 Cube ringan digendong kemanapun kamu mau.

[page_break no="4" title="Offline Multiplayer"]

5 Alasan Kenapa Main Bareng Teman Lebih Asik! Apakah Kamu Setuju? Castle Crashers[/caption]

Koneksi internet kamu seperti supir angkot yang tidak bisa diprediksi kapan berhenti dan kapan jalan? Nyatanya, koneksi internet di Indonesia itu memang masih jauh dari sempurna.

Karena itu, dari pada kamu darah tinggi karena koneksi kamu lag, kamu tetap bisa bermain bersama teman dengan game-game yang mendukung offline multiplayer.

Offline multiplayer itu apa? Offline multiplayer ini biasanya dikenal di game-game console, yakni ketika kamu bisa bermain lebih dari satu pemain dengan menggunakan 2 stik atau lebih di satu layar.

Game PC sebenarnya banyak juga yang menawarkan mode offline multiplayer, seperti Castle Crashers, Gauntlet, Trine, dll. Namun, biasanya hal ini terkendala dengan jumlah controller-nya.

Kamu harus membeli 4 stik jika ingin bermain berempat dan memiliki PC dengan sisa 4 USB port. Solusi lainnya adalah mencari mesin gaming (desktop atau laptop) yang punya integrated receiver Xbox One wireless controller yang mendukung sampai dengan 4 controller, misalnya seperti Lenovo Legion Y720 ataupun Legion Y720 Cube.

Setidaknya dengan mesin gaming seperti itu, meski tetap harus beli 4 stik, kamu tidak perlu menyediakan 4 port USB ataupun duduk berdesak-desakkan seperti saat bermain dengan controller berkabel.

[page_break no="5" title="Ngobrol Hardware Lebih Asik"]

5 Alasan Kenapa Main Bareng Teman Lebih Asik! Apakah Kamu Setuju?

Biasanya, PC gamer itu juga geek ataupun nerd yang juga suka cari tahu soal hardware PC. Pengetahuan hardware ini sebenarnya juga penting jika kamu ingin memastikan game-game yang kamu mainkan lancar dan tidak goyang patah-patah.

Memang, ada banyak informasi soal hardware yang bisa kamu dapatkan di dunia maya. Namun dengan bermain game bersama plus, lebih ideal lagi, membawa perangkat masing-masing, kamu bisa langsung mencoba berbagai setting in-game dan berbagai teknologi canggih lainnya yang bisa langsung kamu coba manfaatnya.

Misalnya, sekeren apa sih resolusi Ultra HD (3840 X 2160 pixel) yang digunakan di layar Legion Y720? Apa bedanya resolusi tersebut dengan resolusi Full HD (1920x1080) saat di dalam game? Apakah kamu tahu sekencang apa sih port Thunderbolt, yang juga ada di Lenovo Legion Y720 itu?

Kalau kamu punya kawan yang laptopnya dilengkapi dengan teknologi-teknologi canggih tadi ataupun yang lainnya, kamu bisa langsung coba dan rasakan langsung perbedaannya.

[page_break no="" title="Penutup"]

Akhirnya, kami sangat percaya bahwa semuanya jadi lebih asyik saat dilakukan bersama kawan. Selain bisa tambah jago, dan meningkatkan peluang menang, pengalaman bermain kita juga bisa lebih kaya saat bermain bersama kawan.

Jadi, kenapa kamu masih bermain seorang diri? Coba ke toko-toko Lenovo terdekat dan beli Lenovo Legion Y720 dan Y720 Cube sekarang! (eh salah… Malah jadi iklan lagi wkwkwkwkw). Ajak teman-teman kamu bermain bersama sekarang.

[read_more id="320653"]

Diedit oleh Arya W. Wibowo

5 Alasan Kenapa Main Bareng Teman Lebih Asik! Apakah Kamu Setuju?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU