5 Anime Ini Keren, tapi Pantas Diberi Predikat Anime dengan Ending Terburuk!

Anime Ending Terburuk
Bersiaplah untuk … T E R C E N G A N G

Tak ada yang lebih memuakkan ketimbang harus menerima fakta bahwa anime pujaan kita gagal menghadirkan ending yang memuaskan. Inilah 5 anime dengan ending terburuk!

Baca Juga

Ending atau penutup kisah dari sebuah anime merupakan salah satu bagian paling sakral dalam sebuah karya. Diperlukan gagasan terbaik dan paling matang untuk menciptakan suatu ending yang berkesan di hati para penonton.

Jika dianggap sepele, suatu judul anime yang berisi belasan hingga puluhan episode yang telah berhasil memuaskan hasrat para penikmatnya selama itu bisa berakhir hambar, mudah dilupakan, serta dibanjiri kicau-kicau negatif sepanjang masa. Maka dari itu orang-orang di balik pembuatan anime senantiasa mengerahkan daya pikir ekstra untuk menyajikan “klimaks” yang sesuai dengan ekspektasi para pemirsa.

Sayangnya tak semua kreator berpikiran mulia seperti itu.

Tak sedikit dari mereka yang tampaknya kurang piawai dalam mengeksekusi ending terbaik bagi animenya sendiri. Entah sengaja atau tidak, mereka menyisipkan berbagai unsur yang tak perlu atau tak penting dalam akhir kisah animenya. Beberapa di antara mereka bahkan seperti telah terkuras habis daya kreativitasnya dan kehilangan arah seiring dengan semakin dekatnya mereka ke pengujung akhir karyanya.

Sebagai penonton apalagi yang gratisan, kita tentu maklum dengan terlibatnya ragam faktor eksternal maupun internal yang menyebabkan “tragedi” ini bisa terjadi. Barangkali faktor minimya biaya yang membuat mereka terpaksa memangkas jumlah karyawan atau ketidakpastian dari pihak stasiun televisi yang sudi menayangkan kompilasi episode musim berikutnya dari karya mereka.

Akan tetapi, apa jadinya jika bencana ini ikut menyerang sebuah anime yang ditonton oleh jutaan pasang mata dengan basis penggemar yang tak terhitung jumlahnya di seluruh dunia? yang memiliki dana yang nyaris tak terbatas berkat larisnya hak siar anime mereka? atau bahkan manganya jauh sebelum karya tersebut dijewantahkan ke dalam format digital? Pastinya di situ kita merasa semakin muak.


Kendati mendapat banyak protes dari para pemirsa, adalah sebuah fakta bahwa ending tak jelas seperti ini mempunyai pasarnya sendiri. Kamu mungkin saja tidak akan mengerti apapun setelah menonton ending yang ngawur tersebut. Mungkin juga setelahnya kamu bakal makin giat berdiskusi dengan sesama fans, menontonnya kembali, menelaah tiap-tiap poin didalamnya, dan malah makin kebingungan dibuatnya, atau kamu cukup beruntung dan menemukan makna-makna simbolis yang terkandung dalam karya tersebut.

Cukup basa-basinya dan mari langsung saja kita simak lima anime dengan ending terburuk:

1

Fullmetal Alchemist (2003-2004)

Anime Ending Terburuk

Bukan, ini bukan tentang Fullmetal Alchemist Brotherhood rilisan tahun 2011 yang fenomenal itu. Ini adalah tentang seri orisinalnya yang bercabang sesaat setelah Maes Hughes terbunuh. Para homunculus yang ada dalam seri ini berbeda dari manganya, di mana Sloth adalah mayat ibu Edward dan Alphonse sendiri, dan Envy adalah mayat guru mereka yang berubah menjadi homunculus. Dan meski punya 51 episode untuk menguraikan kisah yang epik ini, ending Fullmetal Alchemist dinilai sangat mengecewakan para penggemarnya.

Suka Ama Goku? Kupas Tuntas Yuk Dragon Ball Episode 100!

Di Dragon Ball Super 100, Kale sekali lagi membangkitkan wujud Legendary Super Saiyan! Bagaimana para petarung semesta lain menanggapi perubahan ini?
Baca Juga

Di akhir cerita, Ed mengorbankan nyawanya sendiri untuk menjadi Philosopher’s Stone demi menyelamatkan adiknya yang sekarat, di mana dia dilemparkan ke dunia kita tanpa alkimia dan sedang dilanda Perang Dunia 2 dan hidup bersama adik dan ayahnya versi dunia kita untuk selamanya. Bingung, kan? Oh, ngomong-ngomong supaya ending ini jadi semakin ngawur, Alphonse dunia alkimia juga hilang ingatan.

Movienya menceritakan perjuangan Ed di Jerman dan gerbang antar dunia terbuka kembali, dan Alphonse memutuskan masuk ke dunia ini dan hidup bersama Ed, meninggalkan Winry sendirian. Tak ada Fullmetal ataupun Alchemist dalam ending itu.

2

Macross Frontier (2008)

Anime Ending Terburuk

Seri perang robot raksasa yang ditunggangi pemuda tampan memang lebih didominasi oleh Gundam. Namun seri Macross tak patah arang. Dirilislah Macross Frontier dengan visual memukau, robor-robot gagah, dan sang pilot sebagai tokoh utama yang tampak lebih mirip sebagai model majalah wanita.

Dengan cerita yang berkutat di seputaran perang angkasa dengan para alien monster serta romansa sang tokoh utama Alto Saotome dengan dua heroine, Sheryll Nome dan Ranka Lee, seri ini sukses menggaet perhatian penonton terutama berkat cinta segitiga mereka. Namun, setelah seri usai dan dua movie dikeluarkan, Macross Frontier masih nihil dalam menyajikan ending yang memuaskan para fans.

Ranka Lee yang berperan sebagai perwakilan para alien dan Sheryl Nome yang memiliki kemampuan berkomunikasi dengan alien melalui nyanyiannya terlihat berduet dengan Alto di dalam robot raksasa yang ditungganginya sembari menghancurkan semua yang menghalangi jalannya di akhir movie kedua.

Setelah mereka sampai di monster alien raksasa penyebab semua kekacauan di movie, Alto jelas menolak Ranka dan saat akan menghadap Sheryl mengalami kecelakaan sembari Sheryl pingsan karena menghabiskan sisa kekuatannya. Hal selanjutnya yang kita tahu adalah Ranka yang duduk di sebelah Sheryl yang tidur dalam tabung es Cryogenic, dan Alto dianggap meninggal dalam tugas. Tamat.

Fans yang murka menyesalkan banyaknya pertanyaan dalam seri Macross Frontier yang tak terjawab dan movie kedua hanya menegaskan bahwa Alto menolak Ranka.

3

School Days (2007)

Anime Ending Terburuk

Saat pertama menontonnya, kamu tak akan pernah menyangka bagaimana alur dari anime bernuansa romantis ini. Makoto Ito kedapatan menyukai Kotonoha oleh Sekai teman sekelasnya saat dia menjadikan gadis itu wallpaper ponselnya. Tak hanya mendukung, Sekai juga malah membantu mencomblangkan mereka berdua hingga akhirnya mereka berpacaran.

Sayang Makoto bukanlah gambaran pacar teladan, dan mulai berselingkuh dengan Sekai yang juga memendam perasaan padanya. Dengan perasaan bersalah namun senang, Sekai menerimanya.


Masalah mulai muncul saat Sekai mengaku mengandung anak Makoto. Makoto yang kebingungan memutuskan untuk kembali pada Kotonoha yang mulai gila karena ditinggalkan olehnya. Sekai yang marah karena Makoto “selingkuh” pada Kotonoha kalap dan menusuk-nusuk Makoto dengan pisau, membunuhnya. Kotonoha yang mengetahui itu memotong kepala Makoto dan memberinya pada Sekai sebelum membunuhnya juga.

Anime ini berakhir dengan Kotonoha yang sudah gila mengelus-elus potongan kepala Makoto sambil tersenyum di atas kapal layar menatap matahari terbit. Adegan ini sangat brutal hingga harus diundur beberapa minggu karena bertepatan dengan kecelakaan kapal layar di Jepang.

7 Karakter Anime Cantik yang Ternyata Luar Biasa Rakus

7 karakter anime ini cantik dan memiliki tubuh bagus. Jadi siapa sangka kalau ternyata mereka punya selera makan yang sangat besar?
Baca Juga

Kamu tak akan menyangka anime apa yang bercokol di posisi 4 dan 5. Klik langsung untuk mencari tahu!

1
2

SHARE
Previous articleDaftar 7 Karakter Penetral Terkuat dalam Anime!
Next articleAda Alasan Bagus Kenapa Game Memancing Final Fantasy XV “Monster of the Deep” Dibuat!
Penggemar game survival-horror, keranjingan gadget, suka sepak bola. Penggemar berat Real Madrid, tapi Barcelona juga suka koq, beneran.