Wah, Manga Naruto Hampir Mendapat Reboot Setelah Tamat?

Tahukah kamu kalau alih-alih dilanjutkan Boruto, manga Naruto hampir mendapat reboot setelah tamat? Apa dasar dari keputusan ini?

Baca Juga

Untuk yang belum tahu, reboot berarti adalah membuang semua kontinuitas dan plot cerita yang sudah ada untuk memulai kisah dari awal. Film Hollywood sering melakukan ini. Spider-Man saja sudah mendapat reboot dua kali, pertama lewat The Amazing Spider-Man kedua lewat Spider-Man: Homecoming.

Yang paling mengejutkan adalah Masashi Kishimoto mengakui manga Naruto hampir mendapat reboot setelah tamat.

Pembahasan Boruto Episode 18: Hari Bangkitnya Byakugan Himawari

Boruto episode 18 memperlihatkan kilas balik hari Byakugan Himawari bangkit untuk pertama kali. Kalau saja dia sudah lebih dewasa sedikit, Himawari memang mungkin bisa menjadi petarung sekuat Neji dulu!
Baca Juga

Pengungkapan ini datang dari wawancara Weekly Shonen Jump dengan Kishimoto dan ilustrator Mikio Ikemoto yang menggarap manga Boruto. Versi terjemahannya penulis simak dari Comicbook.com.

Situasinya begini: setelah manga Naruto tamat, Shueisha menanyakan kepada Kishimoto apakah dia berminat melanjutkan judul legendaris ini. Namun Kishimoto sudah melakukan semua yang dia inginkan dengan seri Naruto, jadi ia tidak mau.

Ikemoto lalu menyampaikan kalau saat Naruto sudah hampir berakhir, dia membicarakan betapa kerennya kalau manga ini mendapat reboot dan digambar oleh ilustrator baru seperti komik Amerika.

Ikemoto mengharapkan diberi kesempatan reboot karena dengan begitu ia tak akan terjebak dalam kontinuitas yang sudah dibangun Kishimoto. Ia bisa bebas melakukan apapun tanpa bisa diprotes oleh fan.

Ia terlibat dalam diskusi panjang yang mencapai enam bulan hingga satu tahun. Namun saat akhirnya Ikemoto mendapat cerita yang harus ia gambar, yang ia dapatkan ya plot Boruto, bukannya reboot Naruto.

 

Setelah melihat hasil dari Boruto manga maupun anime, penulis juga merasa kalau reboot bukan keputusan yang tepat. Pertama: sejak awal, ilustrator yang ditunjuk untuk mengurus kelanjutan Naruto ini ternyata memang Ikemoto.

Art dari ilustrator yang satu ini masih sering dikritik sampai sekarang, terutama keputusannya membuat celana Sarada jadi luar biasa pendek. Kalau dia mengerjakan kisah Naruto dari awal dengan gambar begini, fan pasti akan membanding-bandingkan dan tak menyukainya.

Hal lain yang juga kadang terjadi di reboot adalah kejadian dan karakterisasi yang berbeda jauh sekali dari aslinya. Kalau ada yang seperti ini di reboot manga Naruto, pasti fan Naruto sedunia akan marah.

Tapi bagaimana pendapatmu? Apakah seharusnya Naruto mendapat reboot, ataukah melanjutkan dengan petualangan Boruto adalah keputusan yang lebih tepat? Sampaikan di kolom komentar!

Sumber: Comicbook.com

 


SHARE
Previous articleCloud dan Sephiroth Kembali, Tapi Bukan di Final Fantasy?
Next articleTohru Fujisawa Menjelaskan Seperti Apa Proses Pembuatan Great Teacher Onizuka!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.