Inilah Perbedaan Ukuran Godzilla dari Masa ke Masa! Mana yang Paling Besar?

Antara Godzilla Monsterverse (2014) dan Shin Godzilla (2016), kira-kira siapa ya yang paling besar?

4

Zilla (1998) - 90 Meter

Ukuran Godzilla

Zilla adalah monster dari film Godzilla pertama yang dibuat orisinal oleh Amerika. Namanya adalah Zilla, bukan Godzilla. Pihak Toho sendiri selaku pemilik Godzilla yang mengambil kata “God” dari Godzilla. Mungkin karena film dan Zilla di sini sangat buruk, sehingga Toho tidak ingin menghancurkan citra dari Godzilla.

Tinggi Zilla memiliki beberapa perbedaan, atau bisa dibilang sedikit tidak konsisten. Di film aslinya pada tahun 1998, Zilla memiliki tinggi sekitar 70 meter. Namun di film Godzilla: Final Wars tahun 2004, dia hanya memiliki sedikit perbedaan tinggi dengan Godzilla (100 meter) yang mengindikasikan bahwa Zilla memiliki tinggi 90 meter di Final Wars.

Zilla sebenarnya bukanlah “Godzilla” yang gagal. Toho sendiri masih mengakui monster ini dengan dimasukannya dia ke dalam film Godzilla: Final Wars. Ya meskipun kemunculannya tidak sampai 2 menit dan dapat dikalahkan dengan mudah oleh Godzilla. Toho sendiri menganggap bahwa Zilla adalah mahluk atau monster yang berbeda dengan Godzilla.

5

Godzilla (1999) - 55 Meter

Ukuran Godzilla

Memasuki era Millennium, bukannya bertambah tinggi, Godzilla justru semakin mengecil. Godzilla pada era ini mulai menggabungkan antara kostum dan CGI. Sebelumnya, (terutama era Heisei awal) Godzilla hanya menggunakan kostum dan animatronik atau robot.

Di film tahun 1999, 2000, 2002 dan 2003, Godzilla hanya memiliki tinggi yaitu 55 meter. Tentu ukuran ini sangat kecil jika dibandingkan dengan era Heisei dan juga Godzilla di Final Wars (2004) yang mencapai tinggi 100 meter.

Uniknya, di film Godzilla: Giant Monster All Out Attack pada tahun 2001, tinggi Godzilla mendapatkan tambahan sebanyak 5 meter, menjadi 60 meter. Film kedua dari Godzilla 2000 sebenarnya akan dibuat oleh rumah produksi Amerika, namun karena satu dan lain hal, akhirnya Toho yang kembali memproduksinya.


Puncaknya! Antara Godzilla tahun 2014 milik Legendary, dan Shin Godzilla di tahun 2016, siapakah yang paling besar? Cek halaman selanjutnya!

TENTANG PENULIS
Dimas Slebor

Panggilannya Dim, bukan Mas. Penggemar cerita-cerita Slice of Life, tapi juga suka robot-robotan. Suka review mainan di YouTube-nya. Lagi asik mengumpulkan mainan dengan uang pinjaman.