Pembahasan Dragon Ball Super 102: Mahou Shoujo Melawan Petarung Ki

Dragon Ball Super 102

Dragon Ball Super 102 memperlihatkan skenario yang sebelum ini mungkin hanya ada di fan fiction: mahou shoujo melawan pengguna ilmu Ki!

Baca Juga

Untuk yang belum nonton Dragon Ball Super 102, pembahasan di bawah ini mungkin akan terasa sebagai spoiler. Jadi dianjurkan untuk menyaksikan dulu episodenya sebelum membaca ulasannya.

Kalau kamu memang sudah menonton dan ingin tahu apa kamu ketinggalan detail menarik, atau memang tak keberatan dengan bocoran, silakan lanjutkan baca di bawah ini.

SPOILER ALERT!!!

1

Para Mahou Shoujo Unjuk Gigi

Untuk yang belum tahu, mahou shoujo adalah genre yang mencakup judul-judul seperti Sailor Moon, Wedding PeachPreCure, dan anime sejenisnya. Di situ penonton diperlihatkan gadis-gadis ajaib dengan kemampuan transformasi, yang berkewajiban untuk melawan monster-monster baru setiap pekan.

Pembahasan Dragon Ball Super 101: Pertarungan Goku Vs Jiren Batal

Sudah menanti duel Jiren dan Goku, yang sempat dibangun di episode 100? Kalau begitu kamu harus kecewa, karena kali ini Goku dan sekutu-sekutunya harus menghadapi lawan tangguh lain dulu: 5 anggota Pride Troopers!
Baca Juga

Dragon Ball Super juga memiliki kelompok seperti itu. Mereka terdiri dari Brianne, Sanka Ku, dan Suu Roas, para petarung Universe 2. Sayangnya… ya… kecuali Sanka Ku penampilan mereka setelah transformasi justru jadi lebih terlihat konyol ketimbang imut atau cantik.

Tapi dari segi kekuatan, mereka bertiga memang terlihat lumayan. Brianne sempat mengeliminasi satu petarung (meski sebenarnya itu karena serangannya meleset) dan bertarung seimbang dengan Vegeta wujud Super Saiyan. Suu Roas sempat merepotkan Goku, yang belum bertransformasi. Sementara itu Sanka Ku dengan kecepatannya berhasil membuat Android 17 terlihat kewalahan.

Ya, hanya “terlihat” kewalahan. Meski preview episode ini menunjukkan kalau para mahou shoujo akan mendapat sorotan, nyatanya ada satu petarung Universe 7 yang mencuri perhatian dengan aksi-aksi kerennya.

2

Pertunjukan Kekuatan Android 17

Kamu mungkin pernah bertanya-tanya kalau sedang menonton acara seperti Sailor Moon: apakah proses transformasi seorang mahou shoujo, yang kadang bisa tergolong cukup lama, bisa diganggu?

Kalau di acara mahou shoujo sih musuh-musuh para gadis ajaib biasanya sabar menanti. Di Dragon Ball Super 102 ini, ajaibnya, para petarung pun terdiam menunggu Brianne dan kawan-kawan selesai berubah. Atau lebih tepatnya: semua petarung kecuali Android 17.

Para Android memang selalu diperlihatkan pragmatis. (Masih ingat bagaimana Android 18 mengeliminasi Cocotte di episode 101 kemarin?). Kali ini pun demikian. Android 17 sampai ditegur oleh Goku dan Toppo karena tidak menghormati Brianne.

Aksi kocak ini bukan satu-satunya pertunjukan kemampuan Android 17 di Dragon Ball Super 102.

Android 17 termasuk karakter yang penulis perhitungkan akan pamer kekuatan di Tournament of Power sebelum tereliminasi. Pasalnya, mengesampingkan Dragon Ball GT, tokoh yang satu ini memang belum sempat unjuk gigi lagi.

Kali ini yang menjadi korbannya adalah Sanka Ku. Sanka Ku awalnya terlihat merepotkan Android 17 dengan kecepatan supernya. Android 17 mampu menghindari semua serangan Sanka Ku, namun pakaiannya mulai terobek-robek. Ia juga tak diperlihatkan mampu membalas menyerang. Padahal Sanka Ku memiliki stamina yang luar biasa tinggi, jadi kalau Android 17 kelelahan, dia pasti akan ambruk.

Masalahnya begini: Android 17 tidak mungkin kelelahan. Di episode-episode sebelumnya dia sendiri sudah mengatakan kalau para Android memiliki stamina tak terbatas. Momen lemah Android 17 hanya dia manfaatkan untuk menjebak Sanka Ku.

Sanka Ku sempat selamat dari jebakan Android 17 berkat bantuan Vikal, petarung Universe 2 yang memiliki sayap. Ia bahkan dapat menyerang balik dan menjatuhkan Android 17.

Namun saat Android 18 menawarkan bantuan, 17 mengungkap kenapa dia menahan diri: kemampuan hewan liar Sanka Ku mengingatkannya pada hewan-hewan yang ia tangani. Ingat, Android 17 adalah penjaga satwa. Bahkan masih ada ban ranger di lengannya.

Saat ia menyadari sudah menahan diri, dia bertarung dengan lebih cepat dan brutal. Dia mementalkan Vikal keluar sampai mendarat di tribun Universe 2. Lalu dia juga bisa mengalahkan Sanka Ku dengan teknik yang belum pernah ia perlihatkan sebelumnya.

Dragon Ball Super 102

Lalu terakhir ya ada gambar ini. Tampaknya Brianne akan bertarung habis-habisan dengan Android 17.


Lalu, bagaimana perkembangan statistik eliminasi Dragon Ball Super setelah episode 102 ini? Kamu bisa lihat lanjutannya di halaman dua!

1
2

SHARE
Previous articleKing’s Ploy, Kombinasi Puzzle dan Catur yang Unik dan Adiktif!
Next article6 Premis Unik dan Absurd di Anime yang Pasti Bikin Kamu Geleng-Geleng Kepala
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.