Habibie Festival 2017, Seminggu Penuh Pestanya Para Pelaku Teknologi!

Habibie Festival 2017

Pekan kedua Agustus 2017 kemarin menjadi pekan yang menyenangkan bagi para pelaku dan juga penggemar teknologi. Bagaimana tidak, selama seminggu penuh mulai tanggal 7 hingga 13 Agustus 2017 kemarin digelar pameran teknologi terbesar di Indonesia, Habibie Festival 2017.

Baca Juga

Acara ini bukan hanya menjadi ajang temu antar pelaku teknologi di Indonesia, akan tetapi ada banyak juga materi edukasi. Hal itulah yang menyebabkan pameran ini dikunjungi oleh berbagai kalangan, mulai dari pelaku teknologi, pemerintah, hingga mahasiswa dan siswa. Selama seminggu penuh, mereka menikmati berbagai konten teknologi yang disajikan, baik yang digital seperti game, VR, AR dan animasi, hingga yang fisik seperti 3D painting dan kendaraan perang.

Acara yang digelar di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta ini dibuka langsung oleh mantan Presiden ketiga RI, BJ Habibie. Selain BJ Habibie, dalam pembukaan tampak pula beberapa pihak yang mendukung terlaksananya acara seperti Ilham Akbar Habibie (Pendiri dan Ketua Gerakan Berkarya!Indonesia), Triawan Munaf (Kepala BEKRAF), Hari Sungkari (Deputi Infrastruktur BEKRAF) dan Abraham Mose (Direktur Utama PT PINDAD).

Habibie Festival 2017

Tahun ini Habibie Festival 2017 mengangkat tema “Technology and Innovation for People”—Lihat, Sentuh, dan Rasakan Teknologi Terbaru untuk Masa Depan yang Lebih Baik. “Kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh sumber daya yang dimilikinya. Terutama, sumber daya manusia yang terbaharukan,” ungkap BJ Habibie saat membuka acara. “Ada banyak kreativitas dalam festival ini. Saya sangat berterima kasih atas inisiatif BEKRAF untuk bersinergi dengan Habibie Festival 2017,” lanjutnya.

Diramaikan Beragam Teknologi Baru, Baik Digital Maupun Fisik

Habibie Festival 2017
Mobile Planetarium dari Ilmuwan Muda Indonesia

Habibie Festival 2017 tak ubahnya menjadi “arena bermain” bagi penggemar teknologi, karena banyak teknologi baru yang dihadirkan selama satu minggu penuh acara. Beberapa yang menarik adalah Mobile Planetarium yang dibawa Ilmuwan Muda Indonesia serta beberapa aplikasi dan game VR yang dibawa beberapa perusahaan seperti ShintaVR dan Octagon Studio.

Habibie Festival 2017


Bukan hanya digital, akan tetapi Habibie Festival 2017 juga menjadi lahan showoff bagi teknologi dalam bentuk fisik, seperti pesawat terbang CN-250 yang merupakan karya dari BJ Habibie sendiri; serta beberapa kendaraan tempur yang dibuat oleh PT. PINDAD seperti tank Komodo dan Badak. Beberapa kali penulis melihat area outdoor yang memamerkan pesawat ini selalu ramai oleh pelajar dan mahasiswa meskipun cuacanya cukup terik.

Habibie Festival 2017

Dari industri game pun tidak ketinggalan. Salah satunya adalah Agate Studio yang memamerkan inovasi VR mereka.

Talkshow dan Workshop untuk Menambah Pengetahuan

Habibie Festival 2017

Selain menikmati hasil karya inovasi teknologi anak bangsa, Habibie Festival 2017 juga mengajak para pengunjung untuk menimba ilmu lewat berbagai talkshow dan workshop yang digelar seminggu penuh. Talkshow dan workshop yang digelar pun bisa mengakomodasi semua rentang usia pengunjung. Beberapa diantaranya:

  • Workshop Clevio: Menyulap PR menjadi Games dengan Excel
  • Workshop Axioo: AR dan VR
  • BINUS: Talkshow #yourfuturejob “Main Game Nggak ada Masa Depan?”
  • Scratch JR (Membuat Games Tablet dalam 2 Jam)
  • Lomba Cipta Game “Habibie Game Festival- Indonesian Inventor”/Clevio

Dan masih banyak lagi!

Dengan tidak mematok harga tiket masuk ke pengunjung alias gratis, puluhan ribu orang pun memadati acara yang digelar jam 10.00 hingga jam 19.00 setiap harinya ini. Tentunya diharapkan dengan semakin banyaknya acara seperti ini bisa membuat masyarakat tahu seperti apa capaian inovasi di bidang teknologi Indonesia, serta bersama-sama memajukannya untuk bisa bersaing di kancah global.

Habibie Festival 2017

“Kita wajib membudayakan teknologi sebagai sesuatu yang dapat membantu kehidupan menuju kualitas yang lebih baik,” ungkap Ilham Habibie saat membuka acara. “Sesuai tema tahun ini, BEKRAF Habibie Festival 2017 bukan sekadar ajang pamer produk, tetapi tempat bagi masyarakat luas untuk merasakan dan mengalami sendiri capaian teknologi di Indonesia,” lanjutnya.

Rasakan Serunya Belajar IPTEK di BEKRAF Habibie Festival 2017!

Kamu tertarik belajar IPTEK dan inovasi terbaru? Kamu wajib datang ke acara BEKRAF Habibie Festival 2017!
Baca Juga

Sampai jumpa di Habibie Festival 2018 tahun depan!

Edited by Febrianto Nur Anwari