Bukan Karena Ada Setannya, Inilah 5 Alasan Kenapa Film Horor Itu Nyeremin

Sudah sewajarnya jika film horor itu seram. Tapi sebenarnya apa sih yang membuat film horor itu jadi nyeremin? Bukan karena setannya loh, tapi karena lima hal ini.

1

Suara

Baca Juga

Alasan kenapa film horor itu seram adalah suara. Bayangkan, adegan membuka pintu saja bisa menjadi sesuatu yang mengerikan andai dibarengi dengan backsound yang pas. Mungkin bisa dibilang, backsound adalah 80% alasan yang membuat film horor menjadi menyeramkan.

Backsound atau disebut scoring film biasanya menggunakan suara yang mengagetkan, keras, dan misterius.

Sebenarnya bukan hanya di film horor saja, film-film bergenre thriller juga memanfaatkan scoring film untuk meningkatkan intesitas ketegangan bagi penonton. Lihat saja video YouTube di atas, yang membandingkan film menggunakan scoring film dan tanpa scoring film.

2

Rumah

alasan film horor seram


Entah sudah menjadi sebuah SOP atau bukan, hampir dalam setiap film horor Hollywood berlatar di sebuah rumah super luas dengan banyak kamar dan ruangan kosong. Jangan lupakan juga ruang bawah tanah yang kerap menjadi gimmick saat kejar-kejaran melawan sang iblis. Ditambah lagi rumah berhektar-hektar itu biasanya cuma diisi oleh kurang dari empat orang.

Perhatikan beberapa film seperti Annabelle, Cojuring, Insidious, sampai Paranormal Activity, semuanya punya latar rumah luas yang diisi oleh beberapa orang saja.

Tentu dengan keadaan seperti itu, suasana pun semakin mencekam dan penonton bakal dibuat tegang lebih lama.

3

Suasana Gelap

Namanya juga film horor, suasana di sepanjang film pun dibuat gelap. Malah meskipun itu siang bolong, tetap saja sang sutradara bakal membuat teknik sinematografi dengan efek cahaya remang-remang.

Dengan suasana yang gelap, penonton sudah tersugesti untuk siap-siap melihat kemunculan sosok yang mengerikan. Ya, meskipun film-film Hollywood jarang langsung memunculkan wujud sang setan secara berani.

4

Sok Berani

Alasan film horor seram selanjutnya adalah hadirnya sosok karakter sok berani yang sebenarnya penakut. Bukannya kabur ketika melihat kemunculan makhluk halus, karakter tipe ini malah penasaran dan mendatangi keberadaan si hantu. Bagaimana gak membuat penonton deg-degan coba?

Mungkin kamu pun pernah dibuat gemas atau minimal bergumam dalam hati, “Ngapain sih setannya disamperin!”. Tapi ya namanya juga film horor, kalau enggak ada karakter tipe ini, filmnya pasti bakal garing.

5

Kisah Nyata

Nah satu lagi faktor yang membuat film horor makin seram adalah adanya pemberitahuan kalau film tersebut diangkat dari kisah nyata. Apalagi kalau setelah film selesai, pihak film menyertakan foto-foto asli dari beberapa adegan yang ditampilkan di dalam film. Pasti makin bikin kamu bergidik.

Review Annabelle: Creation – Film Home Alone dengan Nuansa Horor

Annabelle: Creation menjadi sajian menarik bagi kamu yang dikecewakan oleh film pertamanya. Penasaran seperti apa filmnya? simak review Annabelle: Creation
Baca Juga

Nah menurut kamu, apalagi alasan film horor seram? Jangan sungkan untuk berkomentar ya!

Diedit oleh Fachrul Razi


SHARE
Previous articleReview Emoji Movie: Film Animasi Terburuk 2017?
Next articleReview Game of Thrones Season 7 Episode 5 – Eastwatch

Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca