Bagaimana Kalau Luffy Menjadi Angkatan Laut? Ini Pembahasannya!

Monkey D. Garp selalu menginginkan Luffy menjadi Angkatan Laut. Apa yang terjadi kalau keinginannya itu terwujud? Yang jelas, kisah One Piece akan beda!

Baca Juga

Artikel What If kali ini akan membahas kemungkinan menarik: bagaimana situasi dunia One Piece kalau Luffy menjadi Angkatan Laut?

Pembahasan One Piece 874: Nami Mencuri Satu Senjata Big Mom!

Ada banyak momen heboh di One Piece 874. Salah satunya? Nami mencuri satu senjata Big Mom! Senjata mana yang berhasil ia rebut?
Baca Juga

Fan One Piece pasti sudah tahu apa yang terjadi di cerita aslinya. Garp menginginkan cucunya menjadi Angkatan Laut, namun dia justru meninggalkan Luffy di Desa Foosha, di mana Luffy malah bertemu Shanks dan menetapkan diri akan jadi bajak laut. Lalu Garp memindahkan Luffy untuk diasuh oleh Dadan, namun di sana Luffy justru bertemu Sabo dan Ace dan memantapkan niatnya.

Saat akhirnya Luffy dewasa, sudah terlambat bagi Garp untuk mengubah tekad cucunya. Namun bagaimana bila situasinya berbeda?

1

Luffy Akan Jadi Sangat Berbeda

Shanks


Kalau dipikir-pikir, segala sesuatu yang kita ketahui tentang Luffy sekarang itu berakar ke satu orang: Shanks.

Topi jerami? Shanks memberikannya ke Luffy. Gomu Gomu no Mi? Buah itu diambil Luffy dari barang bawaan kelompok Shanks. Sifat bajak laut yang bebas dan bersenang-senang? Luffy terinspirasi dari kelompok Shanks.

Kalau ada realita di mana Luffy menjadi Angkatan Laut, maka Luffy pasti tidak bertemu dengan Shanks. Bisa jadi Garp mengawasi cucunya dengan lebih hati-hati dan langsung melatihnya sendiri. Atau Garp justru meminta Luffy dibimbing oleh rekannya yang ia hormati, seperti Aokiji atau Smoker.

Bila kemungkinan ini terjadi, maka Luffy tidak menggunakan topi jerami maupun memiliki kemampuan Gomu Gomu no Mi. Sifatnya kurang lebih masih sama, tapi ia akan seperti Coby, yang memfokuskan semangatnya untuk mencapai keadilan. Bahkan entah apakah Luffy masih ingin mencari One Piece.

Alih-alih berkelahi menggunakan karunia dari Gomu Gomu no Mi, gaya bertarung Luffy juga kemungkinan akan lebih mendekati petarung CP9. Coby dan Helmeppo bisa mengunakan sebagian teknik Rokushiki begitu mereka dilatih. Kalau Luffy jadi Angkatan Laut, bisa jadi ia akan menguasai teknik ini dengan sangat baik, mengingat bakat bertarungnya yang luar biasa.

Sedangkan untuk Haki, Luffy sudah memiliki bakat Haoshoku Haki sejak awal. Kali ini yang akan melatihnya adalah Garp sendiri.

2

Seluruh Kru Topi Jerami Bisa Bernasib Buruk

Fakta Zoro One Piece

Nah, kita misalkan saja kejadian di poin pertama tadi mempengaruhi masa lalu Luffy. Jalur petualangan Luffy pun jadi berbeda sekali. Dia antara akan bertugas di Loguetown bersama Smoker atau ikut Garp jalan-jalan, seperti Coby dan Helmeppo. Ia mungkin akan melewati East Blue sepenuhnya.

Jadi, rekan-rekan yang Luffy dapatkan saat ia menjadi bajak laut pun akan bernasib malang.

-Zoro mati kelaparan di markas Kapten Morgan.

-Nami harus tetap mengabdi ke Arlong. Lalu saat Arlong mengaku dirinya membohongi Nami, tidak ada Luffy yang bisa menolong Gen dan warga desa Nami. Nami bisa jadi akan kehilangan Gen, Nojiko, dan seluruh penduduk Desa Cocoyasi. Lalu entah apa yang akan terjadi ke Nami.

-Usopp, Kaya, dan penduduk Desa Syrup akan dibantai Kapten Kuro. Kuro lalu membunuhi anak buahnya sendiri untuk menutupi jejak.

-Sanji kemungkinan besar tak akan bisa menghadapi serbuan Don Krieg ke Baratie.

-Bahkan Coby saja kemungkinan tetap akan berstatus sebagai anak buah Alvida, dan Helmeppo tetap akan menjadi putra Kapten Morgan yang menyebalkan di markas ayahnya.

Topi Jerami

Sebagai gantinya, rekan Luffy pun beralih menjadi Tashigi (bila ia ditugaskan di bawah Smoker), atau anggota Angkatan Laut lain.


Hal menarik apalagi yang kira-kira terjadi kalau Luffy menjadi Angkatan Laut? Baca lanjutan pembahasannya di halaman kedua!

1
2

SHARE
Previous articleMungkinkah Pemenang Tournament of Power Bukan Universe 7?
Next articleSetelah Annabelle: Creation, Inilah Deretan Film yang Segera Hadir dalam Conjuring Universe

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.