Mungkinkah Pemenang Tournament of Power Bukan Universe 7?

Mungkinkah pemenang Tournament of Power di Dragon Ball Super bukan Universe 7? Kalau iya, kira-kira siapa yang akan juara?

Baca Juga

Untuk yang belum tahu, Universe 7 adalah semestanya Goku dan kawan-kawan. Walau dibilang sebagai salah satu semesta dengan mortal level rendah, Goku, Gohan, dan para petarung lain masih menjadi yang paling aktif mengeliminasi petarung lain sekarang. Bahkan sudah ada dua semesta yang petarung terakhirnya dieliminasi oleh Universe 7.

Namanya juga semesta jagoan, kemungkinan besar pemenang Tournament of Power jelas adalah Universe 7. Tapi bagaimana bila tidak?

Pembahasan Dragon Ball Super 103: Gohan Memusnahkan Satu Semesta!

Di Dragon Ball Super 103, giliran Gohan yang diberi kesempatan beraksi. Tidak tanggung-tanggung, satu semesta musnah di tangannya!
Baca Juga

Dengan format battle royal, kemungkinan liar seperti itu bisa saja terjadi. Namun harus dipertimbangkan juga kalau Universe 7 akan musnah bila seluruh petarung mereka kalah. Jadi Universe yang menang pastinya akan berbaik hati untuk menggunakan Super Dragon Ball untuk mengembalikan mereka, agar kisah Dragon Ball Super tidak tamat begitu saja.

Berdasarkan pertimbangan itu, sejauh ini ada dua semesta yang keluar sebagai kandidat pemenang Tournament of Power, selain Universe 7 sendiri. Tak hanya kuat, para petarung yang tersisa sepertinya memiliki nurani untuk memulihkan semesta yang hancur.

1

Universe 6


Universe 6 memiliki hubungan unik dengan Universe 7. Petarung Universe 6 sudah mengeliminasi satu petarung Universe 7 (Frost terhadap Krillin). Tapi di sisi lain, ada juga petarung Universe 7 yang telah mengeliminasi petarung Universe 6. (Gohan terhadap Botamo). Dewa Kehancuran Universe 7, Beerus, juga tak memiliki hubungan baik dengan Champa dari Universe 6.

Meski begitu, hubungan petarung Universe 6 dan 7 tak sepenuhnya buruk. Caulifla tampaknya menaruh respek pada Goku, terutama setelah ia dan Kale dibiarkan pergi. Lalu di preview, Hit dan Goku akan berpasangan menghadapi duo musuh di episode Dragon Ball Super 104.

Hit, Kale, dan Caulifla sejauh ini tampaknya akan menjadi petarung Universe 6 yang paling mungkin bertahan hingga akhir. Kalau itu yang terjadi, Caulifla mungkin akan menggunakan Super Dragon Ball yang ia peroleh untuk memulihkan Universe 7, karena ia ingin bertarung melawan Goku lagi.

Hal sebaliknya juga mungkin terjadi kalau Universe 7 yang menang. Terutama bila yang memperoleh Super Dragon Ball adalah Goku. Kalau ia hanya bisa meminta satu semesta dipulihkan dengan Super Dragon Ball, maka pilihan yang paling jelas sejauh ini adalah antara Universe 6 (yang diisi Cabba, Caulifla, Kale, dan Hit) atau Universe 11.

2

Universe 11

Jadi, katanya sih Universe 11 itu memiliki mortal level tertinggi kelima dari semua semesta. Kualitas makhluk fana di semesta ini adalah yang paling puncak dari semua semesta yang wajib ikut Tournament of Power.

Sejauh ini, amukan Kale dan aksi petarung Universe 7 telah membuat para Pride Troopers dari Universe 11 kehilangan banyak anggota. Tapi tidak seperti Universe lain, mereka masih terasa sebagai ancaman. Penyebabnya adalah keberadaan Toppo dan terutama Jiren.

Sejauh ini, Jiren tampak disajikan sebagai petarung terkuat di Tournament of Power. Dia sudah membuktikannya dengan meng-K.O. Kale yang sedang berserk dengan sangat mudah.

Apa yang terjadi kalau memang Universe 11 keluar sebagai pemenang Tournament of Power?

Pada dasarnya, Universe 11 adalah semesta keadilan. Pride Troopers tampaknya terdiri dari kumpulan superhero yang, bila tidak wajib bertarung demi semesta, akan menangani kejahatan. Salah satu anggota mereka, Kahseral, bahkan menyempatkan diri menolong kucing meski turnamen sudah dekat.

Jiren sejauh ini memang tampak dingin dan serius. Tapi mengingat dia adalah anggota Pride Troopers, penulis tak akan kaget bila pada akhirnya keinginan Jiren kalau dia menang adalah memulihkan semesta-semesta yang hancur.

Sejauh ini, duel Jiren dan Goku sudah dibangun perlahan. Bila benar pertarungan terakhir Tournament of Power adalah Jiren dan Goku, mungkin Jiren akan memberi prioritas agar Universe 7 dipulihkan.

Itu kalau Universe 11 menang, tentunya.


Bagaimana dengan Universe lain? Universe 2 tampaknya tidak akan berminat memulihkan semesta yang musnah, Universe 3 sedang terdesak, dan Universe 4 dibangun sebagai semesta yang Dewa Kehancurannya saja licik. Jadi dari semua semesta yang tersisa, juara yang mungkin keluar datang dari Universe 6, 7, dan 11.

Nah, menurutmu gimana? Akankah Universe 7 menang? Ataukah ada semesta lain yang bisa mengungguli mereka? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar!

 


SHARE
Previous articleReview Game of Thrones Season 7 Episode 5 – Eastwatch
Next articleBagaimana Kalau Luffy Menjadi Angkatan Laut? Ini Pembahasannya!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.