Wah, Gadis Anime Sekarang Bisa Diciptakan Oleh AI!

gadis anime

Bagi mereka yang menyukai anime, akan ada masa di mana mereka ingin membuat gadis anime mereka sendiri. Dan sekarang, ada AI yang bisa membantu hal tersebut.

Baca Juga

Baru-baru ini, muncul sebuah website baru bernama make.girls.moe. Website tersebut merupakan buah tangan Yanghua Jin dan Jiakai Zhang. Yang mendasari mereka untuk membuat website “pencipta” gadis anime ini adalah sebuah jurnal dari mereka sendiri yang membahas tentang pembuatan gadis anime oleh sebuah kecerdasan buatan.

Jurnal yang dibagikan di gelaran Comiket ke-92 beberapa hari lalu membahas tentang penggunaan Generative Adversarial Network (GAN), sebuah algoritma kecerdasan buatan yang biasanya dikembangkan untuk facial recognition. Mereka menggunakan algoritma tersebut dan melatihnya dengan wajah-wajah gadis anime.

Dalam aplikasinya, pelatihan untuk kecerdasan buatan ini adalah dengan memperkenalkan beberapa gambar gadis-gadis yang muncul di game-game visual novel. Mereka memilih gaya gambar tahun 2005 ke atas, karena menurut mereka gaya gambar dari tahun 2003 sudah terlihat “lawas dan tua.”

Tujuan mereka membuat situs dan jurnal ini sebenarnya cukup sederhana. Mengutip langsung dari mereka, ini alasannya:

Kita semua suka karakter-karakter anime, dan seringkali tergoda membuat karakter kita sendiri. Tapi, butuh upaya yang luar biasa untuk berlatih menggambar, tapi sebelumnya kita harus bisa mendesainnya terlebih dahulu.

Untuk menjembatani hal ini, kami menciptakan sebuah cara untuk membuat desain karakter anime tanpa perlu kemampuan profesional.

 

Penulis sendiri sudah mencoba menggunakan situs ini dan membuat gadis yang bisa dibilang cukup lucu. Parameter yang dipilih hanya warna rambut: hijau, sementara parameter lainnya acak.

Ada beberapa parameter, yaitu warna rambut, gayanya, dan warna mata. Tiga parameter tersebut memiliki banyak opsi, sehingga pada websitenya sendiri diberikan drop down untuk memilih opsi yang cocok dengan selera kalian.

Yang menarik adalah jika kita memasukkan parameter yang sama, maka AI akan mengeluarkan gambar gadis anime yang berbeda. Hal ini dikarenakan ada banyak dataset yang dimiliki oleh AI ini terkait setiap tag yang ada di dalam situsnya.

Meski begitu, aplikasi web ini tentu tidak sempurna. Salah satu masalah yang para penciptanya paparkan adalah resolusi gambar yang masih tergolong kecil (128×128 piksel). Tapi, munculnya situs ini diharapkan bisa membantu mereka yang kesulitan mendesain karakter anime mereka sendiri.

Jika kalian tertarik membaca jurnal lengkap tentang situs ini, dapat dibaca pada tautan berikut.

Diedit oleh Fachrul Razi


SHARE
Previous articleIni Tips dari Andika Kangen Band untuk Meluluhkan Hati Wanita. Dijamin Ampuh!
Next articleTrailer Beyond Skyline: Iko Uwais dan Mad Dog Melawan Alien di Candi Prambanan!

Penulis. Menghabiskan sebagian besar waktunya membaca dan menulis hanya karena hal tersebut asyik. Bisa dihubungi lewat twitter di twitter.com/radityadji. Sering juga foto-foto dan diunggah ke instagram di instagram.com/radityadji.

Harusnya, bisa diajak ngobrol kok.