7 Komik Buatan Lokal yang Wajib Kamu Ketahui!

komik buatan lokal rekomendasi

Selamat hari kemerdekaan! Di hari kemerdekaan ini, yuk kita lebih mengenal karya-karya lokal, termasuk komik buatan lokal ini!

Tanggal 17 Agustus 2017 ini, Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-72. Di hari yang bersejarah ini, tentunya akan lebih baik jika kita mengenal lebih dekat karya-karya lokal. Nah, kali ini kita akan membahas komik buatan lokal.

Baca Juga

Meskipun komik di Indonesia tidaklah sepopuler manga di Jepang, tetapi bukan berarti yang berminat kepada komik Indonesia sedikit. Sampai saat ini, sudah cukup banyak komik buatan kreator lokal yang muncul dan memiliki kualitas yang tidak kalah atau mungkin bahkan lebih daripada manga/komik luar negeri. Nah, kira-kira komik buatan lokal apa saja ya? Berikut ini adalah 7 komik buatan lokal yang wajib kamu ketahui!

1

TAWUR

komik tawur reon comics c suryo laksono

Kreator: C. Suryo Laksono | Publisher: ReON Comics

TAWUR bercerita tentang Budi yang mengikuti program rahasia pemerintah bernama TAWUR, di mana setiap sekolah akan bertanding (tawur) satu sama lain untuk mendapatkan SOS (Subsidi Operasional Sekolah).

Ya, premis utama dalam komik ini adalah tentang tawuran antar sekolah. Bukannya mempromosikan kekerasan, tetapi tawuran dalam TAWUR dikemas dengan sangat baik, kocak, dan seru ala-ala manga shounen buatan Jepang. Menariknya lagi, setiap karakter juga memiliki kekuatan super yang unik sehingga membuat tawuran menjadi lebih bernuansa fantasi daripada kehidupan sehari-hari yang normal.

TAWUR kini sudah diterbitkan sebanyak 2 volume. Kamu bisa membaca review-nya melalui link ini: volume 1 | volume 2

2

Vandaria Saga: Red Deimos

komik buatan lokal red deimos

Kreator: Ami Raditya, Fachrul R.U.N | Publisher: CIAYO Comics

Sekelompok prajurit ditugaskan untuk memburu Velius Redfang, sang bangsawan gila pembunuh anggota keluarga Redfang. Pencarian ini berakhir dengan pembantaian berdarah hingga menyisakan satu orang…

Vandaria Saga: Red Deimos merupakan sebuah webcomic yang menjadi bagian dari seri Vandaria SagaRed Deimos sendiri memiliki cerita yang cukup unik dan universe zaman medieval dengan unsur fantasi yang cukup kompleks dan menggeletik untuk kita telusuri lebih dalam.

Vandaria Saga: Red Deimos sudah rilis sebanyak 3 episode. Kamu bisa membacanya secara online melalui link ini atau pembahasannya di sini: Episode 1 | Episode 2 | Episode 3

3

Grey & Jingga

Vanilla Sprinkle Grey & Jingga thumbs

Kreator: Sweta Kartika | Publisher: Koloni

Grey & Jingga berkisah tentang lika-liku romansa kampus antara Grey dan Jingga, dua teman masa kecil yang sempat kehilangan kontak dan akhirnya bertemu kembali dalam satu kampus yang sama. Grey adalah seorang mahasiswa jurusan seni musik sementara Jingga adalah mahasiswi jurusan Sastra Indonesia. Keduanya sama-sama menaruh hati, tetapi kesulitan dalam menyatakan perasaan mereka. Selain Grey dan Jingga, komik ini juga menceritakan kisah romansa teman-teman sekitarnya.

Bisa dibilang, Grey & Jingga adalah sebuah komik romance khas remaja Indonesia dengan bumbu-bumbu pop di dalamnya. Akan tetapi, berbeda dengan komik romance lain yang berasa sinetron, Grey & Jingga mampu mengemas kisah romance tanpa terasa klise. Komik ini juga memiliki pemikiran-pemikiran mendalam tentang cinta yang terasa ringan dan tanpa terasa menggurui pembaca.

Eits, masih ada komik buatan lokal yang wajib kamu ketahui lainnya, lho! Cek halaman 2!

1
2

SHARE
Previous articleA Taxi Driver Pecahkan Rekor Perfilman Korea Tahun 2017
Next articleTerdapat Adegan Ciuman, Kartun Shaun The Sheep Mendapat Teguran KPI
Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.