Review Patapon Remastered: Bagus, tapi Terkesan Terlalu Seadanya

review patapon remastered

Game ini menyajikan gameplay asik, adiktif, dan fun dari versi aslinya. Sayang, konten gamenya sendiri terasa sangat minim. Lebih lengkapnya, baca saja pembahasan Patapon Remastered ini!

Apa Sih Patapon Itu?

Baca Juga

Patapon adalah salah satu judul andalan di PSP dulu. Gamenya sendiri bisa dibilang adalah… rhythm epic action?

Pembaca review Patapon Remastered ini mungkin sudah paham dengan genre rhythm game. Game-game sejenis Osu! atau Project Diva ini biasanya mengharuskan kamu menekan tombol tertentu di saat yang tepat, mengikuti irama musiknya.

Pada dasarnya, Patapon juga adalah rhythm game. Kamu harus menabuh genderang dengan irama yang pas agar pasukanmu bergerak. Tapi bukan sekedar mengikuti instruksi di layar, di sini kamu justru harus menggunakan irama musik untuk membawa pasukanmu berburu dan bertempur!


Tentu, model rhythm di sini bukan seperti osu! atau Project Diva di mana layar dipenuhi oleh tombol yang harus kamu tekan. Layar di game ini hanya memperlihatkan pasukanmu, latar tempat pertempuran, serta monster atau pasukan musuh yang harus kamu hadapi.

Kamu harus membunyikan perintah musik yang pas agar pasukan Patapon bertindak. Misalnya kotak-kotak-kotak-lingkaran (Pata-Pata-Pata-Pon) agar mereka maju. Bunyikan dengan momen yang salah, maka pasukan Pataponmu akan kebingungan. Tapi kalau kamu bisa terus merangkai perintah dengan benar, maka pasukanmu akan masuk ke Fever Mode, di mana mereka menjadi lebih kuat.

Bahkan, bila kamu bisa menyesuaikan timing musik dengan pas, bisa jadi pasukanmu akan masuk ke Fever Mode dengan cepat. Musuh-musuhmu pun bisa takluk dengan lebih mudah.

Unik? Memang. Dari pertama rilis sampai sekarang, gameplay Patapon memang terasa tak ada duanya. Apalagi didukung dengan visual yang sederhana tapi memikat dan musik yang catchy banget.

Di awal-awal, kamu mungkin akan bingung bagaimana memainkannya. Namun setelah kamu menguasai kendali dasar Patapon, dijamin kamu bisa ketagihan dan sulit untuk berhenti.

Di Patapon Remastered ini, petualangan pertama para Patapon disajikan dengan visual dan musik berkualitas HD. (Kecuali cutscene, yang terlihat pecah-pecah). Kontrolnya juga masih terasa responsif, sehingga permainan tidak terganggu.

Hal yang harus diwaspadai dari Patapon Remastered ini kurang lebih sama dengan pendahulunya: kalau kamu tidak bisa menguasai Fever Mode, kamu akan kesulitan menghadapi beberapa levelnya. Tingkat kesulitan game ini memang lumayan. Setelah pembukaan yang mudah, kamu bisa dibuat kaget dengan peningkatan kesulitan mendadak.

Tapi kalau kamu bisa memahami cara bermainnya, maka tantangan-tantangan itu pun akan terasa fun untuk diselesaikan. Apalagi satu levelnya hanya memerlukan beberapa menit untuk dimainkan. Antara kamu sukses menyelesaikan levelnya, atau kamu dibabat habis. Itulah alasan dulu Patapon begitu menyenangkan untuk dimainkan di PSP.

Minim Konten Ekstra

Pada dasarnya, Patapon Remastered masih menyajikan semua kelebihan dari Patapon asli dulu. Yang menjadi masalah utama bagi penulis adalah game yang satu ini kurang memiliki konten ekstra.

Mungkin ini efek penulis baru saja dimanjakan oleh game Remastered yang kaya konten, yakni Crash Bandicoot N. Sane Trilogy. Sebagai pemain lama yang kembali ke dunia Patapon, penulis mengira akan memperoleh tambahan konten. Mungkin unit baru? Petualangan baru? Misi baru? Mode baru?

Nyatanya, penulis tidak menemukan hal-hal seperti itu. Bisa dibilang, Patapon Remastered hanya Patapon asli dengan kemasan HD.

Mengingat Patapon sendiri adalah game yang luar biasa, itu bukan hal yang buruk memang. Tapi tetap saja, jujur penulis berharap game ini memiliki muatan ekstra. Veteran Patapon yang kembali memainkan game ini juga mungkin akan merasakan kekecewaan ini.

Kesimpulan

Untuk kesimpulan dari review Patapon Remastered ini… sisi positifnya: game ini masih sama fun, unik, dan adiktifnya seperti dulu. Sekarang, pengalaman mainmu pun ditingkatkan dengan kualitas suara dan visual HD. Meski begitu, untuk ukuran game-game Remastered, Patapon terasa kurang memberi konten ekstra.

Tetap saja, game ini cocok untuk pemain Patapon lama yang ingin kembali menabuh genderang untuk menggerakkan para Patapon. Pemain baru juga bisa tersihir dengan gameplay simpel-simpel adiktif dari judul ini.

 

REVIEW OVERVIEW
Skor Game
80 %

SHARE
Previous articleIrithel Menyusul Karrie Menjadi Hero Marksman Mobile Legends yang Terbaru!
Next articleUntuk Fan Batman, Inilah Daftar 5 Robin yang Wajib Kamu Ketahui!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.