Ternyata 5 Anime Ini Berhasil Meramalkan Apa yang Terjadi di Masa Depan

Sengaja atau kebetulan, inilah lima anime yang berhasil meramalkan masa depan. Kok bisa ya?

Baca Juga

Serial kartun Amerika, The Simpsons, dikenal sebagai salah satu acara yang sering jitu memprediksi masa depan. Contohnya saja saat serial yang mulai mengudara sejak tahun 1998 tersebut meramalkan jika Donald Trump akan menjadi Presiden Amerika.

Nah tapi, bukan The Simpsons saja loh yang bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan. Beberapa anime juga mampu melakukan hal serupa. Seperti deretan anime yang berhasil meramalkan masa depan berikut ini.

1

Akira- Olimpiade Tokyo 2020

Anime yang Berhasil Meramalkan Masa Depan


Seperti sudah kita ketahui, Jepang akan menjadi negara penyelenggara ajang olahraga terbesar Olimpiade 2020. Ini untuk kali kedua Jepang terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade. Sebelumnya, negeri Sakura sukses sebagai penyelenggara Olimpiade 1964.

Jepang pun tampak serius menyambut perhelatan olahraga terbesar, Olimapiede Tokyo 2020. Meski masih menyisakan tiga tahun lagi, pemerintah Jepang telah mempersiapkan sebuah pembukaan yang istimewa. Yup Olimpiade Tokyo 2020 rencananya bakal dibuka oleh parade anime.

Tapi tahukah kamu jika anime Akira sudah memprediksi Jepang bakal menjadi tuan rumah Olimpiade 2020. Dalam sebuah scene, terpampang papan yang menujukkan jika Tokyo merupakan tuan rumah Olimpiade.

Yah, mari kita berharap ini bukan pertanda Tokyo akan diledakkan oleh kekuatan Akira atau Tetsuo saat Olimpiade dimulai nanti. Bisa gawat kalau begitu.

Akira merupakan anime karya Katsuhiro Otomo yang cukup melegenda karena menjadi pioner anime sci-fi di era selanjutnya.

2

Dennou Coil - Augmented Reality

Anime yang berhasil meramalkan masa depan selanjutnya adalah Dennou Coil. Anime yang dirilis tahun 2007 ini mengisahkan tentang dunia masa depan di mana semua orang, terutama anak-anak, sudah terlalu terbiasa menggunakan kacamata-cyber (cyberglasses) yang menghubungkan mereka langsung ke dunia maya. Lewat kacamata ajaib tersebut, mereka mampu melihat dunia yang tak terlihat oleh mata biasa.

Familier dengan hal tersebut? Ya bisa dibilang kacamata tersebut adalah Google Glass dengan menggambungkan konsep teknologi augmented reality yang dalam beberapa tahun terakhir cukup berkembang.

Nah Google Glass sendiri baru resmi meluncur di pasaran pada tahun 2013. Apakah sang pencipta Google Glass terinspirasi dari anime Dennou Coil?

3

Tokyo Magnitude 8.0 - Gempa Fukushima

Tokyo Magnitude 8.0 adalah sebuah anime yang berlatar tentang prediksi bencana alam gempa bumi yang akan menimpa Tokyo dengan kekuatan luar biasa. Kisah di dalam anime tersebut melibatkan kakak adik Mirai dan Yuuki yang berusaha menyelamatkan diri dari reruntuhan gedung akibat gempa dahsyat.

Tragedi gempa luar biasa ini ternyata benar saja terjadi di dunia nyata. Tepatnya pada tahun 2011 di daerah Fukushima. Gempa tersebut berkekuatan 9 skala richter dan menimbulkan ombak setinggi 10 meter. Dahsyatnya gempa Fukushia juga diperparah dengan hancurnya tiga reaktor tenaga nuklir sehingga mengakibatkan radiasi ke wilayah sekitar.

4

Megazone 23 - Virtual Idols

Megazone 23 adalah OVA yang dirilis pada tahun 1985. Anime garapan sutradara Noboru Ishiguro ini berlatar pada awal abad ke-24 dan manusia mulai hijrah dari bumi karena kehancuran yang tak dapat diperbaiki.

Plot cerita sendiri berpusat pada Eve, idola J-pop virtual yang menjadi obsesi masyarakat. Mungkin kala itu, kehadrian Eve sebagai idol J-pop virtual cukup konyol. Siapa yang mau menyembah-nyembah idola maya? Terlebih suara mereka juga merupakan buatan program komputer?

Namun kehadiran teknologi bernama Vocaloid, istilah virtual idols pun bukan hal aneh pada zaman modern. Vocaloid sendiri adalah software yang yang dapat menghasilkan suara yang sangat mirip dengan manusia, yang diproduksi oleh Yamaha Corporation.

5

Pokemon - Pokemon Go

Sudah jelas anime yang berhasil meramalkan masa depan adalah Pokemon. Waktu kecil mungkin kita tak bisa membayangkan bisa menjelma menjadi Ash dan kawan-kawan untuk berburu pokemon.

Namun lewat tangan dingin John Hanke sang pencipta Pokemon Go, berburu pokemon di dunia nyata bukanlah angan-angan masa kecil lagi.

Pokemon Legendaris Pokemon Go Akhirnya Rilis, Begini Cara Menangkapnya!

Akhirnya, Pokemon legendaris bisa ditangkap di dalam game Pokemon GO. Penasaran Pokemon apa saja dan bagaimana cara menangkap pokemon legendaris ini?
Baca Juga

Mana lagi anime yang berhasil meramalkan masa depan menurutmu?

Diedit oleh Fachrul Razi


SHARE
Previous articleKarena Kebanyakan Kerja, Kekuatan Naruto Melemah?
Next articleResmi! Emma Stone Dinobatkan Sebagai Aktris dengan Pendapatan Tertinggi di Tahun 2017
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca