Square Enix Tidak Berencana Merilis Sekuel Final Fantasy XV

sekuel Final Fantasy XV

Square Enix kembali gencar megenalkan Final Fantasy XV untuk mobile dan PC. Namun mereka juga menegaskan tidak akan membuat sekuel Final Fantasy XV.

Hajime Tabata: “Final Fantasy XV PC Tidak Akan Memakan 170 GB”

Hajime Tabata mengkonfirmasikan bahwa Final Fantasy XV PC tidak akan menghabiskan kapasitas memori hingga 170 GB. Wah, untunglah!
Baca Juga

Minggu ini, Square Enix memperlihatkan banyak sekali perluasan dunia dari Final Fantasy XV di Gamescom 2017. Mulai dari Final Fantasy XV Mobile (Pocket Edition) dan juga Final Fantasy XV: Windows Edition sudah dipastikan akan segera dirilis. Namun ada satu hal penting yang juga diumumkan oleh pengembang, bahwa mereka tidak akan mengerjakan sekuel Final Fantasy XV.

Hajime Tabata sang sutradara pun angkat bicara soal sekuel Final Fantasy XV ini. Menurutnya, “Jika kamu membuat sebuah sekuel penuh untuk memperluas IP atau seri (game), maka akan bagus jika dilakukan dengan beberapa cara tertentu.” Ia juga menambahkan, “Hal negatifnya adalah ada suatu periode yang sangat besar di mana kamu tidak merilis apapun. Pada periode itu, kamu membuat seseorang berpindah, sehingga ketertarikan mereka pada suatu franchise sedikit berkurang.”

sekuel Final Fantasy XV


Jadi bagi kamu yang mengharapkan suatu sekuel Final Fantasy XV secara penuh (dirilis dalam satu Blu-Ray penuh), maka hal itu tidak akan pernah terjadi. Namun untuk memperluas dunia Final Fantasy XV, pihak pengembang masih mengerjakan beberapa game yang masih memiliki lore, cerita dan dunia yang sama.

Hingga saat ini beberapa cerita pendek yang sudah mereka kerjakan dengan baik adalah banyaknya DLC berupa epiosode yang lebih fokus pada teman-teman Noctis. Selain itu ada juga ekspansi dalam permainan multiplayer yaitu fitur “Comrade” yang memungkinkan pemain untuk membuat avatar mereka sendiri dan bermain secara multiplayer online.

sekuel Final Fantasy XV

Tabata juga memberikan bocoran apa yang mereka fokus kerjakan untuk memperkenalkan Final Fantasy XV lebih luas lagi kepada penggemarnya. Ia mengatakan, “Apa yang kami sedang coba lakukan adalah memberi gambaran apa yang terjadi selama 10 tahun, tepatnya di akhir permainan.”

Dari pernyataan itu, kita yang sudah menamatkan game ini tentu paham betul bahwa ada suatu “Plot Hole” di chapter terakhir Final Fantasy XV. Diceritakan bahwa Noctis melakukan perpindahan waktu selama 10 tahun untuk menghadapi musuh bebuyutannya. Hal itulah yang membuat seri game RPG kelima belas ini dinilai kurang memuaskan oleh banyak penggemar setia Final Fantasy.

sekuel Final Fantasy XV

Tabata juga menambahkan, “Jika kamu mencoba untuk memberikan suatu sekuel berskala besar secara tradisional, kami akan mengalami kesulitan. Namun seluruh pekerjaan kami (untuk game ini) akan terus melanjutkan hubungan baik dengan para penggemar.”

SPOILER ALERT!!!

Inti pernyataan Tabata itu ada benarnya. Kedua tokoh utama yang menjadi kunci utama permainan ini, Noctis dan Luna, keduanya telah tewas. Tidak ada cerita lain yang bisa ditambahkan lagi untuk melengkapi ending tersebut. Tabata juga sudah mengumumkan bahwa tidak akan ada sekuel Final Fantasy XV sejak September 2013 lalu.

Diedit oleh Fachrul Razi


SHARE
Previous articleInilah 6 Film Tentang Bayi yang Lebih Layak Tonton Dibanding Film Rafathar
Next articleSerial TV-nya Belum Tayang, Infini-T Force Sudah Menyiapkan Film Bioskopnya?
Pembaca Omega-Zigma di zaman pembahasan DOTA. Tertarik dalam dunia game, mencoba mencari guide game Online sebelum main. Suka mencoba character build sendiri, hingga pernah mengikuti event Dragonica Online dan berhasil menang. Saat ini bekerja di Zigma-Omega karena referensi dari teman kuliah. Selain bekerja saat ini sibuk dengan kuliah juga.