7 Klise Paling Menyebalkan dalam Video Game yang Sebaiknya Segera Dihentikan

Klise Video Game
Sumber: Pinterest

Terlepas dari sulitnya proses kreatif mencipta video game, developer harus sadar bahwa ada beberapa elemen atau aspek khusus dalam video game yang terlampau sering digunakan sehingga berujung menjadi sebuah klise yang membosankan.

Baca Juga

Developer video game senantiasa menghadirkan sensasi dan pengalaman tak terlupakan bagi para pemain game mereka dengan melibatkan daya kreativitas dan inovasi terbaik yang bisa mereka suguhkan. Mereka selalu memastikan agar setiap jengkal langkah, setiap senjata yang tersedia, dan setiap musuh yang dihadapi oleh gamer dalam game besutan mereka sudah dirancang semaksimal mungkin dan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Akan tetapi, pernahkah kamu mengalami semacam perasaan déjà vu ketika memainkan suatu game? Perasaan yang menggelayut seolah kamu sudah pernah atau bahkan sering menemukan hal dalam game tersebut yang sama dengan yang ada dalam suatu game yang pernah kamu mainkan di masa lalu? Santai, kalau kamu sering merasakannya, itu bukan berarti kamu mesti memeriksakan diri ke dokter psikiater terdekat kok.


Meski belum pernah merasakan beratnya menjadi pencipta game, tapi kita tentu mengerti bahwasanya mustahil untuk menciptakan sesuatu yang semua aspek dan elemennya benar-benar baru dan belum pernah dilakukan oleh kreator video game yang lain.

Hanya saja, ada beberapa teknik dan aspek tertentu yang rasanya terlalu repetitif hingga menjadi semacam klise yang menjemukan. Seperti ketujuh klise di bawah ini yang kami yakin betul, kamu pasti sering sekali menemukannya pada hampir setiap judul game yang pernah kamu mainkan.

1

Barel merah yang jadi penyelamat amunisi

Klise Video Game
Kadang, bahagia itu sederhana. Seperti menemukan sebuah barel merah dekat segerombolan zombie.

Barel yang meledak menjadi salah satu klise yang digunakan oleh para developer dalam sejarah video game, mulai dari yang bergenre adventure hingga survival-horror.

Kami akui, memang seru menyaksikan kumpulan bandit atau zombie terpental berhamburan oleh ledakan dari sebuah barel. Hal ini juga berdampak pada suasana permainan yang semakin seru dan meriah. Dengan adanya barel ini, developer juga secara tidak langsung memberi kita kesempatan untuk menghemat persediaan peluru yang kita punya. Itupun jika tembakan kita tak meleset.

Shinji Mikami Adalah Legenda, 6 Game ini Buktinya

Meski tak seterkenal Hideo Kojima, namun bagi fans survival horror, Shinji Mikami adalah yang terbaik dan paling berjasa di industri video game.
Baca Juga

Hanya saja, rasanya sulit dinalar melihat barel yang diletakkan begitu saja di markas musuh seolah benda tersebut telah mereka persiapkan untuk mempermudah kita menghabisi mereka semua.

Dan melihat perkembangan game saat ini, sepertinya tren ini belum akan hilang dalam waktu dekat. Biar begitu, tak apalah. Toh, kita pun tak keberatan dengan klise yang satu ini.

2

Menyelamatkan ratu, atau wanita cantik, atau, ehm, wanita seksi

Klise Video Game
Tebak, mana yang namanya Zelda?

Sudah sejak dulu Link memulai kampanye menyelematkan sang ratu, Zelda, dalam petualangannya. Atau game legendaris seperti Mario sekalipun yang beraksi mempertaruhkan nyawa hanya untuk menyelamatkan si Ratu Peach. Skenario ini cukup populer dan rupanya banyak diadopsi oleh para pengembang game lain.

Bukannya ingin bersikap seksis, tapi memangnya tak ada sosok lain yang lebih pantas disandera atau diculik oleh penjahat atau monster selain seorang wanita muda? Bagaimana dengan sosok pangeran atau cobalah dengan hal lebih sederhana, seperti saudara laki-lakinya mungkin? Atau culik saja seorang kakek tua tanpa alasan khusus dan tunggu hingga cucunya, yang seorang ahli bela diri, menghajar semua anak buah sang musuh utama dan menjemputnya. Yup, Jackie Chan Stunt Master.

Percayalah, itu jauh lebih baik ketimbang harus menyelematkan seorang putri presiden Amerika Serikat yang sepanjang perjalanan bertingkah sangat menyebalkan dan merepotkan.


Klise yang paling sering kamu temukan mungkin ada di halaman selanjutnya!

1
2
3

SHARE
Previous articleSecret of Mana Remake Akan Hadir di PS4, PS Vita, dan PC Lho!
Next articleSebelum Laga Mayweather vs McGregor, Kenali Dulu Dua Petarung Ini!

Penggemar game survival-horror, keranjingan gadget, suka sepak bola. Penggemar berat Real Madrid, tapi Barcelona juga suka koq, beneran.