Gempar! Akan Ada Aksi Lari Gaya Naruto di Comic Frontier 9!

Naruto Run
Sumber: Dokumen Pribadi

Ninja-ninja ini datang jauh dari lima desa Ninja untuk meramaikan festival pop culture yang ada di dunia. Kali ini giliran Indonesia yang akan didatangi mereka! Apa yang akan dilakukan para ninja di acara Comic Frontier?

Baca Juga
Naruto Run Ninja Slayer
Sumber: Official Ninja Slayer Trailer

Ninja adalah salah satu simbol dari kebudayaan Jepang. Mereka adalah orang-orang yang terlatih untuk mengendap dan membunuh secara diam-diam, seringkali diceritakan dalam berbagai medium sebagai pembunuh bayaran, mata-mata maupun pengawal seperti Samurai. Ninja sendiri adalah sebutan orang awam untuk Shinobi, sebutan orang Jepang secara spesifik untuk merujuk Ninja.

Naruto Ninja Kakurangers
Sumber: RangerWiki

Tren Ninja sendiri sempat masuk Indonesia, dan menjadi hits berkat masuknya media kreatif yang memasukkan unsur Ninja ke dalamnya. Contohnya cerita-cerita silat lokal maupun Tionghoa yang melibatkan Ninja dalam ceritanya seperti Wiro Sableng dan Long Hu Men. Contoh lainnya juga adalah masuknya beberapa Tokusatsu seperti Jiraiya dan Kakuranger, yang lebih dikenal sebagai Ninja Ranger di Indonesia.


Naruto Shounen Jump
Sumber: Saiyan Island

Namun tren Shinobi-an ini meledak setelah munculnya Naruto, manga karangan Masashi Kishimoto yang dibuat pada Tahun 1996. Kisah Uzumaki Naruto dan perjalanannya untuk mengarungi Jalan Ninja yang penuh rintangan demi tujuannya menjadi Hokage adalah salah satu kisah yang paling sukses dan populer di kalangan penggemar budaya pop Jepang.

Seri yang diterbitkan di Shonen Jump, diangkat menjadi anime, dan mendapat sekuel yang diteruskan Boruto ini mendapatkan banyak apresiasi di luar negeri, termasuk Indonesia. Meski Naruto sudah lama berakhir, demam Shinobi Konohagkure ini masih melanda orang-orang yang menggemari kebudayaan Jepang. Bahkan, orang awam sekarang kerap mengasosiasikan citra Ninja dengan seri Naruto saking populernya seri yang satu ini.

Naruto Battle Stadium D.O.N
Sumber: hardcoregaming101

Seperti One Piece dan Dragon Ball yang sama-sama judul besar di majalah komik Shounen Jump, Naruto adalah salah satu lini depan di dunia manga dan menjadi gerbang orang-orang untuk mengenal budaya pop Jepang.


Lah? Mana berita Aksi Ninja di Comic Frontier? Simak di halaman selanjutnya! Jadi jangan pergi dan klik halaman 2!

1
2

SHARE
Previous articleAnime Dragon Ball Super dan One Piece akan Dapatkan 1 Jam Episode Spesial!
Next articleTahu Nggak, Kenapa One Piece Nggak Tamat-Tamat?

Kontributor yang menekuni dan menikmati bidang media dan karya kreatif. Minat utama adalah Mecha, Media, dan Meme.