Sebetulnya Bagaimana Goku Menyelamatkan Master Roshi di Dragon Ball Super 105?

goku menyelamatkan master roshi

Bagaimana sebetulnya Goku menyelamatkan Master Roshi di Dragon Ball Super 105? Akakah aksi ini justru merugikan dan melemahkan Goku?

Baca Juga

Yang sudah nonton Dragon Ball Super 105 mungkin tahu: Master Roshi sempat gugur di arena.

Pembahasan Dragon Ball Super 105: Pengorbanan Dramatis Master Roshi

Master Roshi mengerahkan seluruh kemampuannya di Dragon Ball Super 105. Masalahnya... apakah tubuh tuanya mampu bertahan? Ataukah ia justru akan gugur?
Baca Juga

Si Petapa Kura-Kura ini sempat meninggal karena kelelahan. Penyebabnya adalah dia menggunakan dua jurus berbahaya: Mafuba, yang lalu dilanjutkan lagi dengan Kamehameha pamungkas. Kamehameha Roshi sendiri bisa cukup kuat untuk mengeliminasi Ganos karena ia mengerahkan sisa energi kehidupannya.


Goku yang khawatir langsung mencoba menyelamatkan gurunya. Goku sempat menggunakan energi Ki untuk memacu kembali detak jantung Roshi, namun tekniknya itu gagal membuat efek berarti.

Lalu tiba-tiba Goku melakukan sesuatu.

Pertama-tama, energi Ki yang ada di tangan Goku berubah warna menjadi biru. Lalu Goku dan Roshi diselimuti oleh cahaya berwarna sama.

Setelah cahaya ini pudar, terungkap suksesnya Goku menyelamatkan Master Roshi. Sang Petapa Kura-Kura dapat kembali hidup, meski tak diketahui apakah ia masih punya cukup tenaga untuk beraksi seperti di episode ini lagi.

Timbullah pertanyaan: bagaimana Goku menyelamatkan Master Roshi?

Yang paling jelas sih: tampaknya Goku menyalurkan energinya ke tubuh Master Roshi. Soalnya setelah cahaya biru memudar, Goku kembali ke wujud biasa, bukan lagi Super Saiyan Blue. Karena penyembuhan ini dilakukan dengan energi Goku sendiri, maka Zen-Oh juga tidak akan melarangnya.

Dengan begini, Super Saiyan Blue pun terungkap memiliki peran sebagai healer juga. Mengingat Kacang Senzu tidak diperbolehkan digunakan, Goku bisa jadi support yang bagus untuk timnya.

Masalahnya: benarkah tidak ada konsekuensi bagi Goku melakukan ini? Goku menyimpan energinya agar dia bisa bertahan cukup lama di turnamen. Terutama karena petarung tangguh seperti Caulifla, Kale, Cabba, Hit, Frost, Jiren, dan Toppo masih ada di arena bersamanya. Itu sebabnya dia sangat berhati-hati mengeluarkan wujud Super Saiyan Blue, yang menguras energi.

Demi menyelamatkan Roshi, Goku tampaknya menguras cukup banyak energinya. Sekarang sih efeknya belum terlihat. Dia tidak tampak lemas saat Roshi sudah kembali bangkit. Namun kalau energinya memang sudah terkuras, bisa gawat akibatnya saat ia beradu jotos dengan Jiren.

Apakah menyelamatkan Master Roshi memberi konsekuensi negatif kepada Goku? Kita nantikan saja jawabannya di episode pekan depan.


SHARE
Previous articleDadah, Ex-Aid! Ini Dia, Pembahasan Episode Terakhir Kamen Rider Ex-Aid!
Next articleMulai dari Cyber sampai Ghost Godzilla, Inilah Contoh Bentuk Lain Godzilla!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.