Deretan Kebohongan yang Terjadi dalam Reality Show di Indonesia

Banyak kebohongan reality show di Indonesia yang mungkin luput dari perhatianmu. Nah apa sajakah cerita di balik proses produksi acara reality show?

Secara harfiah, reality show adalah genre acara televisi yang menampilkan adegan yang benar-benar berlangsung tanpa skenario, dengan pemain yang umumnya khalayak umum biasa, bukan pemeran.

Acara seperti ini memang cukup digemari di Indonesia. Pasalnya, dalam reality show, penonton ditawarkan suatu hal yang begitu dekat dengan problematika hidup sehari-hari. Mulai dari masalah cinta-cintaan sampai kesulitaan keuangan. Tak aneh jika pihak televisi tak segan mengeksplorasi orang-orang miskin yang punya kesulitan hidup untuk dijadikan objek menarik dalam sebuah reality show.

Namun kebanyakan, apa yang dihadirkan dalam sebuah reality show tak sama dengan apa yang dilihat oleh penonton televisi. Meski disebut realty show, namun acara-acara tersebut sebenarnya sudah diseting dengan skenario cerita yang dipersiapkan.

Kebohongan reality show di Indonesia mungkin belum banyak diketahui oleh penonton. Contohnya seperti berikut ini.

1

Pemain yang Dibayar

Apa kamu pernah mengira jika para pemain yang hadir dalam sebuah reality show tampil dengan suka rela? Kalau kamu berpikiran seperti itu, maka buang jauh-jauh anggapan tersebut. Pasalnya, semua orang yang terlibat dalam proses produksi sebuah relity show bakal mendapat bayaran sesuai perannya masing-masing.

2

Casting Pemain

Bukti nyata jika setiap pemain yang tampil dalam sebuah reality show itu dibayar adalah beredarnya pesan singkat mengenai syarat untuk bisa jadi pemain di sebuah reality show. Di situ tertera apa-apa saja syarat yang diperlukan, dan berapa bayaran yang akan didapat si pemain per episode.

Salah satu contohnya adalah reality show Take Him Out. Setiap pemain yang tampil akan mendapatkan bayaran Rp750 ribu per episode. Angka tersebut akan melonjak menjadi 2 juta jika mereka mendapat pasangan.

3

Ada Skenario yang Dibuat

Kebohongan Reality Show di Indonesia

Kebohongan reality show di Indonesia lainnya adalah adanya skeniro yang telah dibuat jauh-jauh hari. Sulit rasanya mendapatkan sebuah adegan yang dramatis dan menguras air mata tanpa adanya dialog yang telah direncanakan secara matang. Ya mungkin kamu pun pernah ikut larut dalam kesedihan yang ternyata dibuat-buat oleh acara reality show.

Sejatinya, reality show adalah sebuah acara berdasarkan kisah nyata yang dapat menginspirasi penontonnya. Tapi faktanya, kebanyakan reality show di Indonesia menyajikan sadiwara.

Demi mendongkrak rating televisi, semua pun bisa dilakukan. Termasuk menggaet para pemain pemula untuk memerankan berbagai kisah rekayasa yang diolah seakan-akan nyata. Penonton pun tertipu, dan larut dalam kesedihan. Ya penipuan publik yang luar biasa.

Intip Serunya Behind The Scene Syuting Wiro Sableng 212

Video terkait syuting Wiro Sableng 212 di hari perdana pun sempat diabadikan oleh rumah produksi Lifelike Pictures dan diunggah di YouTube
Baca Juga

Semoga penoton televisi Indonesia bisa lebih cerdas memilih mana acara yang memberikan nilai edukasi tinggi, dan mana yang hanya menjadi tontonan kurang mendidik.

Diedit oleh Fachrul Razi