4 Alasan Mengapa PS1 Lebih Memorable Dibandingkan Console Next Gen

Playstation merupakan sebuah mesin permainan ciptaan Sony yang eksistensinya masih ada saat ini. Hal ini sangat wajar karena Playstation, dari pertama hingga keempat, adalah salah satu console paling populer dalam berbagai era. 

Baca Juga

Playstation sendiri pertama kali diciptakan oleh Sony di tahun 1990 dan perlahan-lahan popularitasnya meningkat seiring dengan perkembangan zaman. Hingga saat ini Playstation telah memasuki tahap Playstation 4 di mana mesin yang digunakan sangat bertenaga dan mampu menciptakan grafis yang sangat memukau.

Tetapi meski demikian, Playstation 4 dianggap kurang memorable daripada pendahulunya yakni Playstation 1 atau PSX. Penulis menuliskan hal itu dari sudut pandang penulis sebagai seorang gamer.

Penulis sendiri telah mencoba seluruh Playstation mulai dari Playstation 1 hingga Playstation 4. Nah, sekarang apa aja sih yang membuat PS1 lebih memorable daripada console next gen?

1

Genre Permainan yang Lebih Beragam


Kalian yang pernah merasakan era PS1 tentu saja mengetahui bahwa PS1 memiliki banyak sekali genre permainan. Salah satunya adalah permainan yang sangat memorable seperti Bishi Bashi Special.

Entah berjenis apakah permainan ini, yang jelas bisa membuat kita ketagihan hingga berjam-jam bahkan bisa membuat controller PS1 yang kita miliki rusak. Lalu bila melirik permainan lain ada juga Road Rash.

Road Rash merupakan permainan petualangan multiplayer yang sangat seru karena kegilaannya dalam menyuguhkan sebuah balapan. Lalu ada lagi Pepsiman yang bisa membuat kita setengah gila karena dikejar kaleng pepsi raksaksa sambil arah controller kita terbalik-balik.

Bila ingin melihat permainan fighting bisa melirik Bloody Roar yang membuat kita berdecak kagum karena perubahan hewan para petarungnya. Bila dijelaskan mungkin tidak akan selesai dalam satu malam sobat, hahaha.

Risiko dari semakin meningkatnya kecanggihan teknologi console adalah semakin mahal pula ongkos pengembangan. Karenanya, penerbit-penerbit besar jadi lebih sering main aman. Kamu akan lebih jarang melihat pengembang game bereksperimen seperti di era Playstation 1.

Setidaknya sekarang kamu bisa memainkan game indie juga di PS4, sehingga kamu yang haus game unik tidak sepenuhnya tanpa solusi.

2

Puzzle di PS1 Membuat Gila!

Mengapa PS1 lebih memorable dibandingkan konsol next gen tentu saja karena level kesulitan puzzle di dalamnya.

Menjengkelkan, memorable, dan bikin ketagihan, bisa dibilang puzzle digame  PS1 lebih rumit dibandingkan konsol next gen seperti PS3 atau PS4. Penulis masih sangat ingat ketika kesulitan dalam memecahkan puzzle di permainan Tomba 2 atau Final Fantasy IX.

Bila sudah kesulitan, hal yang paling sering dilakukan adalah bergumam, “Ah ini game susah banget sih.”

Tak jarang, ketika sudah kesulitan, ternyata kita mampu memecahkan puzzle karena ketidak sengajaan! Hal itu yang masih sangat melekat di otak penulis hingga saat ini. Bahkan bila sukses memecahkan puzzle, kita bisa langsung lompat-lompat kegirangan.

Berbeda halnya dengan console next gen. Kita tidak harus susah-susah memecahkan puzzle karena dimanjakan dengan berbagai petunjuk dan juga kita hanya harus mencapai poin A dari titik B. Kalaupun kamu kesulitan, kamu hanya tinggal mencari petunjuknya di internet.

Ya, faktor lain yang membuat puzzle di era lampau lebih sulit dipecahkan adalah minimnya sarana untuk mencari solusinya. Bahkan komputer yang punya Telkomnet Instan untuk menjelajah Gamefaqs saja rasanya sulit ditemukan.


Lanjutan pembahasan ini bisa kamu temukan di halaman kedua!

1
2

SHARE
Previous articleMenganalisis Dua Tindakan yang Membuat Umur Luffy Berkurang
Next articleInilah 10 Fakta Menarik Buah Iblis One Piece yang Perlu Kalian Ketahui!