Tahu Gak? Ternyata Ada Isu Diskriminasi di Balik Komik Wonder Woman!

Professor Marston & the Wonder Women ungkap kontroversi di balik komik Wonder Woman

Mungkin kita telah menonton film Wonder Woman yang tayang beberapa waktu lalu. Film ini mengundang perhatian karena selain sukses di Box Office, akhirnya keberadaan film superhero perempuan seperti Wonder Woman bisa diterima masyarakat. Namun tahukah kamu, komik Wonder Woman itu lahir dengan penuh kontroversi?

Baca Juga

Semua kontroversi kelahiran komik Wonder Woman coba diungkap melalui film Professor Marston & the Wonder Women.

Professor Marston & the Wonder Women merupakan film biography menceritakan lebih jelas tentang kehidupan tak biasa yang dialami oleh Dr. William Marston, seorang psikolog Universitas Harvard. Dia ini adalah orang yang membantu menciptakan perangkat pendeteksi kebohongan modern yang ada saat ini. Ia juga adalah pencipta karakter Wonder Woman pada tahun 1941.


Marston sendiri memiliki hubungan cinta segitiga antara dirinya dengan sang istri Elizabeth, seorang psikolog, dan Olive Byrne, seorang mantan mahasiswi yang menjadi seorang akademisi. Hubungan mereka ini menjadi kunci terciptanya tokoh komik Wonder Woman.

Marston meninggal karena kanker kulit pada tahun 1947, namun Elizabeth dan Olive tetap membesarkan anak-anak dari Marston dengan bersama-sama. Film ini berkisar pada bagaimana Marston menghadapi kontroversi seputar penciptaan Wonder Woman.

Hal ini dikarenakan sosok superhero perempuan pada masa itu merupakan hal yang tidak lazim. Belum lagi karakter Wonder Woman memiliki simbol-simbol eksploitasi pada perempuan, juga dominasi perempuan terhadap laki-laki yang tidak wajar pada masa itu.

Selain ketertarikan dengan psikologi wanita, William Marston juga terlibat dalam kehidupan seksual yang ekstrem. Hal itu juga menjadi alasan mengapa salah satu senjata Wonder Woman adalah tali laso ( lasso of truth ).

Perlu diketahui bahwa film ini bukanlah film superhero, dan film ini juga memiliki rating R-rated yang ditujukan untuk dewasa. Tentunya dikarenakan beberapa adegan yang tidak pantas untuk disaksikan penonton di bawah umur.

Professor Marston & the Wonder Women dijadwalkan tayang pada 13 Oktober 217 Film ini disutradarai dan penulis skenario oleh Angela Robinson, pemain utama Luke Evans, Rebecca Hall, Bella Heathcote, diproduksi oleh Boxspring Entertainment, Topple Productions.

Diedit oleh Fachrul Razi


SHARE
Previous articleDynasty Warriors 9: Mengenal Visualisasi Karakter dan Konsep Secret Weapon
Next articleTernyata Penyelamat Jepang dari Serangan Godzilla adalah… Hello Kitty!

Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari.

Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.